Senin, 05 Desember 2022





 .. " Latar Ubin , Arah Parkiran Menyiksa " ..
 untuk kesekian kali saya merasa 
" dijengkelkan " lagi oleh hadirnya cafe ataupun 
restoran yang berada di lembah lembah meskipun 
panoramanya cantik . apa pasal ?
 yaitu sempitnya akses menuju kelokasinya yang 
bahkan jalanan semakin menciut ketika mendekati
 lokasinya plus terbatasnya lahan parkir
 sehingga mobil yang sudah terlanjur nanjak
harus mundur dijalanan yang menurun dan sempit 
saat parkiran ternyata sudah penuh ! 

belum lagi kalau berpapasan , butuh
pompa adrenalin! nama restoran  yang " berdosa "
 pada banyak orang ini adalah 
Latar Ubin . 
naa .. meski saya bukan new comer menyopiri 
gerobag, tetap saja jengkel karena seolah pengelola 
cafe tidak antisipatif pada 
membludaknya kastamer atau  pada musim hujan , 
atau pada berpapasannya gerobag dijalan sempit
 dan atau pada lahan parkir yang sempit dengan
 jumlah gerobag yang over capasity !
 membludak ? 
iya , karena " penyakit kronis kastamer " adalah
 seperti laron laron yang berebut mendekati lampu !
apa itu ? yaitu kemunculan cafe baru yang selalu 
disertai dengan berlimpahnya rasa 
ingin tahu kastamer sampai bejubel dan rela 
mengantri berjam jam! demi apa ? 
demi bisa menjadi orang nomor satu yang 
menginfokannya di sosmed  atau di grup grup WA nya !


 jika nanti rasa penasaran pada cafe yang baru
 sudah terjawab , biasanya kastamer terus mencari 
lagi yang baru baru lainnya dan yang lama 
mulai ditinggalkan jika merasa kurang pas
 atau kurang cucok entah diapanya .
 maka sayapun terkena virus penasaran ini
setelah dua kali ( ! ) batal ke Latar Ubin gara gara
 hujan dan yang kedua adanya pembangunan jalan desa .
 dan dalam hitungan yang ketiga inilah cuaca
 kebetulan cerah dan saya harus tidak boleh 
gagal lagi hehehe .. 
berlokasi di Jalan Terusan Bejo , Sisir , Kec. Batu , 
Jatim , restoran ini memang " nylempit " ! 
melihat padatnya parkiran , pak parkirnya bertanya 
" apa sudah pesan tempat , ini full ! " . 
saya berpikir cepat " pesan tempat , apaan ? kok 
seperti dihotel bintang tujuh saja ? " . segitunyakah ? 

maka sayapun tidak mudah " terprovokasi " apalagi
"  perjuangan " melewati sempitnya jalan 
 plus saat berpapasan yang butuh adrenalin , maka
 saya nekad masuk saja kearah cafe yang harus 
melewati jalan setapak dekat persawahan dan kebun . 
 akhirnya saya menemu sebuah area dengan 
bangunan utamanya terbuat dari bambu dan sirap
 yang artistik dan bergaya ala Bali . 
panoramanya lumayan cantik dengan sungai
disebelah bawah yang bisa dipakai untuk 
wisata arung jeram . 
beberapa gubug dan tenda diarea outdoor 
memberikan pilihan buat mereka yang suka 
ber angin angin meskipun bisa saja sedikit panas .
 ruangan dibangunan utama memang dipadati 
pengunjung , saya langsung menuju kasir dan
 melihat kedalam daftar menunya meskipun belum tau
 akan duduk dimana . 

ternyata tidak ada aturan pemesanan tempat 
dan saya langsung dilayani ditengah padatnya 
antrian . main course ada beragam sego / nasi ,
 nasi kulit , nasi cumi , nasi ayam laos ,
 nasi segoro dll . 
yang butuh camilan ada 
kentang goreng , cireng rujak , donat mank menik , 
brokoli kress dll . minuman juga ada pilihan
 antara kopi tubruk , teh , wedhang rempah dll . 
range harga mulai 10K hingga 25K adalah cukup
 murah untuk sebuah family gathering 
ataupun berdua saja dengan doi atau 
reuni kecil dengan teman . 

saya nikmati menu yang ada dimeja saya setelah
 saya dibantu pramusaji untuk mendapatkan meja
 yang kosong diujung ruangan bambu . 
serut timun pilihan saya terasa sangat segar 
dan klop dengan menu pilihan saya . 
( plus mbungkus pulang nasi sate dan yogurt leci )
 puas jeprat jepret , saya melangkah pulang melewati
 jalan setapak dengan view yang cantik
 kearah parkiran disebelah bawah . 

saya sempat menegur pak parkir yang memberikan
 informasi tidak benar tentang pemesanan tempat . 
saya juga akan tambahkan disini jam buka 
Latar Ubin yang ternyata berbeda beda
 setiap harinya yaitu :
Senin s/d Kamis jam 12.00 - 21.00
Jumat 14 .00 - 22.00
Sabtu 11.00 - 22.00
Minggu 12.00 - 22.00
( paling aman ,  sebaiknya memilih datang sesudah
jam 12 kecuali hari Jumat ) .

 untuk LHAR
 ( Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ) skala 1-10 
saya berikan 7 untuk Latar Ubin kecuali untuk 
akses jalannya saya hanya bisa berikan 5 ! 
( bayangkan kalau tiba tiba hujan , melewati
 jalan sempit dan berpapasan yang pastinya licin ! )
 naa ..  penasaran ? yukkk ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 05.12.22 )
keterangan foto :
01 . petunjuk arah ke restoran
02 . menikmati atmosfer
03 . ala Bali 
04 . panorama dibawah , dekat sungai 
05 . ruang utama , padat .. 
***
06 . arah petunjuk ke dua
07 . jalan setapak ke restoran ( 01 )
08 . jalan setapak ke restoran ( 02 )
***
09 . view dikejauhan bawah 
***
10 . jembatan bambu 
***
11 . sudut lain
***
12 . nasi sate yang yummyy ..
***
13 . serut timun yang segar
***
14 . sego ayam sambel bawang , hmm ...
***

Tidak ada komentar: