Sabtu, 24 Desember 2022

 
 
 .. " Dari Cangar Ke Gimbo , 
Lanjut ke Rest Area Tunggangan dan
 Berakhir di Desa Kuliner " ..
kali  ini saya melalukan blusukan terbalik , 
yaitu " jablas " ke Cangar dan saat pulangnya 
barulah saya " blusak blusuk " hehehe .. 
ternyata asyik juga sebab selama perjalanan ke 
Cangar saya hanya perlu mencatat tempat tempat 
baru yang unik . dan dalam perjalanan pulangnya
 barulah saya benar benar turun dan masuk 
ketempat tempat yang ada dalam 
 catatan saya tadi .
hampir setahun tidak ke Cangar , ternyata 
sudah ada perubahan disana sini .
 naa .. ini hasil blusukannya ya :
 
 
" WARKOP LENYAP , 
GANTI PABRIK STRAWBERRY ? "
( 01 ) 
sebuah warkop yang saya cari diarea 
Raya Sumber Brantas , Bumiaji , Batu , ternyata 
sudah lenyap berganti dengan sebuah lahan luas
 yang sudah mulai diratakan .
 " wah .. sudah ngga ada warkopnya , ini mau
 dibuat pabrik strawberry , jadi semua bangunan 
yang lama sudah ngga boleh lagi disini .. "
 kata seorang bapak disitu . oo gitu .. wow , semoga
 saja pabrik ini nanti tidak " merusak " pemandangan 
dan kehijauan disitu dengan bangunan 
betonnya yang serem .. 
 
 
" KEDAI KOPI TAMAN GIMBO "
( 02 ) 
 dititik yang sama saya membaca petunjuk arah ke
 warkop lain berjuluk 
Kedai Kopi Taman  Gimbo / KKTG yang hanya 
berjarak sekitar 400 meter dari situ .
 sayapun mampir dan menemukan sebuah warkop
 dengan beberapa gazebo disitu . warkop sederhana ini 
punya view yang juga lumayan cantik dan sayapun
 langsung memesan kopi dan camilan dulu
 sebelum jeprat jepret . nama menunya unik unik .
 
 
 
saya memesan Kopi Kletuk Jahe , JaGuWo dan 
Tahu Crispy ( saat itu masih sekitar jam 11
dan lapar memang belum nge gas hehehe .. )
jeprat jepret kelantai atasnya , saya menampak 
pemandangan indah yang " dinodai " 
oleh bekas pabrik jamur yang sudah ditinggalkan dan
 nampak seperti bangunan2 horor serta 
merusak keindahan sekitarnya ! 
saya sesalkan bahwa pemkot / pemkab Batu tidak
 berupaya untuk menengur pengelolanya agar
 bangunan2 yang sudah tidak difungsikan dapat 
diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk 
 lingkungannya atau kalau perlu dirobohkan ! 
 
 
sebagaimana kehadiran pabrik strawberry dll yang
 bakal memadati area Cangar yg cantik ini ,
 sungguh sangat mencemaskan jika kelak akan 
seperti Puncak yang sudah corengmoreng 
karena perijinan yang terlalu dilonggarkan ! 
saya nikmati beberapa puluh menit di Gimbo 
sebelum akhirnya saya lanjut kearah bawah menuju
 Desa Kuliner yang tadi sudah ada 
dalam catatan saya . 
 
 
semoga pemkot / pemkab Batu dapat mengantisipasi 
munculnya beton beton yang mengerikan di Batu 
dan sekitarnya dan tidak hanya euphoria 
dengan banyaknya investor membangun pabrik dll ..
 miris ... 
akhirnya saya tinggalkan KKTG dengan sebuah 
harapan dibalik kekhawatiran bahwa kelak area ini 
semoga masih tetap memiliki  kehijauan yang 
bisa dinikmati dan bukan bangunan 
beton beton yang mengerikan ..

 
" REST AREA TUNGGANGAN "
( 03 )
turun beberapa km dari Kedai Kopi Taman Gimbo ,
 saya menemukan Rest Area Tunggangan yang 
sekian tahun lewat sudah pernah 
saya kunjungi .
 tetapi saat ini sudah " beranak pinak " dengan 
banyaknya gazebo dan fasilitas macam macam yang
 membuat para pengunjungnya benar benar bisa 
beristirahat dengan nyaman  ditengah perjalanannya . 
 
jam masih menunjuk 11.45 , saya tidak berniat 
makan siang disitu karena dalam catatan saya ada 
Dusun Kuliner yang akan saya kunjungi untuk 
makan siang nanti . 
jadi saya hanya turun untuk sholat duhur di 
musholanya yang lumayan ruangannya untuk 
sekitar 10-12 jamaah . 
 
 
usai sholat saya hanya jeprat jepret disekitarnya dan 
saya melihat kenyamanan pengunjung di gazebo gazebo
 yang ada , karena selain pemandangannya yang
 memang cantik juga menu menu restonya yang 
saya baca cukup komplit . 
sayangnya saya harus segera meninggalkan 
Rest Area Tunggangan ini kearah bawah menuju 
Desa Kuliner !
 
 
Desa Kuliner Sumber Brantas Batu ,
Negeri Atas Awan
( 04 )
arah petunjuk Desa Kuliner berada disebelah 
kanan jalan .
terbilang masih sangat gres dan baru saja
 diresmikan yang juga dibuktikan dengan 
deretan bunga bunga ucapan 
disepanjang jalan masuknya , sayapun mengikuti 
kearah bawah yang cukup lebar dan berhenti 
disebuah lahan parkir yang juga 
tidak terlalu sempit ! 
 
 
melewati kawasan kebun apel dan atau jeruk ( ? ) 
serta beberapa bangunan bermodel joglo yang 
tampak berdiri ditengah tengah dan diatas 
kebun buah ini , adalah sebuah pemandangan yang
 mendinginkan hati . 
masuk menuju sebuah bangunan tempat 
pembelian tiket masuk , sayapun berfikir 
kok pakai tiket ya ? " hehehe ..
 petugasnya menjelaskan : 
" iya bu , ini masih gratis , Januari nanti baru
 dikenakan tiket . 5000 rupiah untuk yang 
bersedia nge like di IG kami dan 10 ribu untuk
 yang tidak dapat ngelike .. " .. o gituuu .. 
 
 
 
saya lihat ada 3 bangunan joglo disebelah atas ,
 ada bangunan bernama Panderman , 
Kawi dan G.Biru . 
saya diperlihatkan daftar menu oleh petugas
 yang memberikan tiket masuk berupa gelang
 ditangan saya sambil menjelaskan bahwa 
" sementara ini yang sudah siap dengan menunya
 adalah Panderman dan Kawi " .. ok mbak ! 
 
 
 
dibeberapa papan petunjuk arah disitu tertulis 
menu menu dari masing masing bangunan joglo al :
 A ) Soto , Nasi Goreng , Bakmi , Sego Sambel , 
B ) Apel  Manalagi , Rome Beauty , Green Smith , 
C ) Bakso , Jagung Bakar , Roti Bakar ,
 D ) Omah Dolanan , Oleh Oleh , 
Tangkap Ikan , Ayunan . 
 
 
gerimis datang dan sayapun menunggu pesanan
 sambil jeprat jepret  . pengunjung siang itu 
lumayan meskipun tempat ini baru dibuka . 
bersama sama saya siang itu ada sekitar 20  orang . 
soto ayam seger , teh manis dan 
pisang goreng ori akhirnya muncul dan saya 
betul betul menikmati atmosfernya yang nyaman . 
sebuah pilihan healing yang sejuk , murah dan 
rasa menunya lumayan ! untuk LHAR 
( Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ) skala 
1-10 saya berikan 7 untuk Desa Kuliner ! 
 
 
naaa ... buat yang ingin bertukar suasana , 
dan senyampang dalam liburan akhir tahun , 
silahkan mencoba ke Desa Kuliner 
Sumber Brantas Bumiaji Batu , 
temukan jalan masuk kekiri dan segera akan 
terlihat beberapa banguna joglo ditengah
kebun buah . 
jangan lewatkan kalau sedang kearah Cangar ! 
yukk ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 24.12.22 )
keterangan foto : 
01 .  view arah cangar ( 01 )
02 . view arah cangar ( 02 ) 
***
03 . bakal pabrik strawberry
04 . tanah untuk pabrik sudah mulai diratakan
***
05 . petunjuk arah warkop Gimbo
06 . bekas pabrik jamur
07 . gazebo gazebo
***
08 . tahu crispy
09 . saya menikmati atmosfer
***
10 . bekas pabrik jamur yang merusak panorama
11 . masjid 
***
12 . jembatan kecil di Gimbo
13 . order here
14 . gimbo bersaksi 
15 . " bar "
***
16 . mushola di tunggangan
17 . papan nama rest area
***
18 . didepan rest area : infinity ..
19 . sholat jangan ditinggalkan .. !
***
20 . saya dilatar belakangi gazebo rest area
21 . panorama ..
***
22 . ditengah kebun
24 . omah tiket
***
25 . gelang tiket , terbalik
26 . simpang jalan
***
27 . dibelakang saya , joglo joglo
28 . jalan naik
***
29 . menu dipapan
30 . dapur sibuk
31 . joglo panderman
***
32 . papan daftar menu
33 . papan daftar menu
***
34 . saya menikmati atmosfer
35 . menu lengkap saya 
*** 
 

Tidak ada komentar: