Minggu, 09 Januari 2022

 
 

 
 
 .. "  MARKIMBOT , Edukasi Lewat Botok  " ..
ngobrol dengan bpk Ahmad , 
pengelola kedai berjuluk Markimbot yang
 masih gres di kawasan Ijen Nirwana Malang
 ini asyik karena saya mendapat 
sesuatu yang baru tentang usaha yang
 sedang digelutinya . 
kira kira seperti ini obrolan kami 
siang kemarin :
 
 ( s / saya ) : kok Markimbot , itu apa ya ?
( p . Ahmad / A ) : o .. ( tertawa )  itu singkatan , Mari Kita Makan Botok ..
(  s ) : oalaaa ... tiwas saya kira nama
 dari tempat atau makanan asing ..
 lha kok berani beraninya bapak 
hanya menyuguhkan satu macam menu saja
dan itupun " hanya " satu macam botok ! 
apa sih  alasan memilih Botok Ikan Patin 
sebagai andalannya ?
( A ) : naa itu memang disengaja sebagai
 sebuah edukasi pada pengunjungnya
 bahwa " ini lho jangan lupa kalau kita ini pernah punya dan masih ada hingga kini
 yang namanya menu botok itu " !
 
 
( s ) : oo .. gitu ya .. itu bagus ,
 tapi bagaimana kalau seseorang sudah
 terlanjur masuk dan duduk dan
 berharap ada pilihan menu selain 
botok ikan patin mungkin ada botok botok lain atau menu lainnya diluar perbotokan ? 
( A ) : ya itu resikonya .. 
kalau ternyata dia ngga suka atau 
ngga cocok ya ngga papa , 
bisa batal makan disini nggapapa ..
( s ) : waduh segitunya ya pak .. 
betul2 ini idealis ya .. omong2 apa sih
sebetulnya  background bapak  ini ?
 juga asal dari mana ?
 
 
( A ) : ( tertawa ) .. hehehe .. ya gimana ya memang sepertinya idealis banget ya .. 
 memang nantinya akan ada 
botok botok lain tapi masih nanti kalau masyarakat sudah makin kenal 
dengan yang patin ini .. oya saya dari Bali , Balitar ... hehehe ..dan saya memang pernah bekerja di Hotel Marriott di FB nya ..
( s ) : o pantes .... tapi maaf ya pak , 
saya merasa sedikit kurang nyaman disini
 karena jujur saja rasanya saya 
makan kok " ditonton " karyawan bapak 
yang semuanya  berdiri dan berderet melihat kearah meja meja tamu ..
 
 
( A ) : ( tertawa lagi ) .. o ya maaf .. 
mohon maklum ya bahwa anak anak itu masih culun culun dan belum berpengalaman menghadapi tamu tamu jadi mereka 
masih suka " menonton " , tapi nanti 
akan saya beri arahan , 
maaf lho .. 
******
 
naa .. itu tadi sedikit petikan obrolan kami tentang kedai anyar yang saya temukan
 di kawasan Ijen Nirwana Malang . 
tentu saya tertarik untuk menjajal nya karena kehadiran kedai ini sedikit mencolok
 dijalan masuk arah perumahan
 Ijen Nirwana yang di Jalan Bareng .
 
 
dan tentu saja saya juga " kecelik " ketika disodorkan daftar menunya yang hanya 
tertulis simpel disitu :
Botok Patin , Peyek Kacang Hijau , 
Tahu Goreng , Krupuk , Nasi Putih .
dideretan minuman tertulis :
 Teh , Jeruk , Kopi Tubruk , Kopi Susu , Kopi Rempah , Air Putih .
jangan berharap yang macam macam dan
 juga tak perlu kecewa karena kedai
 Markimbot ini memang punya misi khusus dan bukan misi sembarangan seperti 
kedai kedai lainnya yang berharap pengunjung berjubel karena deretan dari puluhan
 menu menunya ! 

 
terserah pendapat pembaca tetapi sebagaimana penjelasan pak Ahmad diatas bahwa 

kalaupun tidak suka dan membatalkan diri
 untuk duduk dan untuk makan ya
 tidak masalah hehehe .. 
atau ada pilihan lainnya yaitu nyamil nyamil
 saja tahu goreng atau peyek atau
 ngopi ngopi saja disitu untuk cangkrukan !
 no problem !
 se umur umur memang baru sekarang saya nemu yang ajaib seperti ini tetapi 
saya suka dengan idealisme dibelakang nya 
yang semoga saja akan menginspirasi
 para pelaku bisnis kuliner lainnya yang memang saat ini semakin ke " bule bule an " dan
 mulai banyak melupakan masakan
 dan jajanan tradisional kita yang  sangat kaya ragam dan rasayanya !
 beberapa diantaranya bahkan sudah diakui secara internasional sebagai 
trademark nya Indonesia misal 
Nasi Goreng dan Rendang .
 
  jujur saja sayapun suka miris kalau blusukan
 ke cafe cafe yang dikelola milenial sebab
 di daftar menunya hampir hampir
 tak ada bahasa Indonesia karena dipenuhi dengan nama nama asing yang 
bahkan saya sendiri tidak pernah 
mendengarnya .. 
Malang sudah dibanjiri cafe cafe 
bernafas Italy , Swedia , India , Turki ,
 Amerika , Jepang , Korea , dll dll sehingga
 bocah balitapun lebih hafal burger
 atau pizza daripada soto , rawon , dll 
yang dijaman saya kecil dulu soto , rawon , dll
itu menjadi favorit kalau diajak ke
 warung warung atau restaurant .. 
kemarin siang  saya betul betul nikmati 
sedapnya botok ikan patin yang 
lumayan pedas , juga ada tahu mini dan
 peyek kacang hijau serta kopi susu
 dan jeruk panas . 
 
 
satu2nya yang tidak saya pesan yang tersisa dalam daftar menunya adalah 
krupuk , kopi tubruk , kopi rempah , teh 
dan air putih ! kecewakah saya ?
 sungguh tidak , justru salut dengan 
idealisme yang ada meskipun 
tahu itu beresiko ! 
 
 Markimbot , semoga tetap teguh dalam 
prinsip ditengah persaingan yang 
ketat dan tekanan pandemi yang 
semakin tidak jelas ujungnya ...
bravo Markimbot !
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 09 .01.22 )
keterangan foto : 
01 . Markimbot tampak depan
02 . botok ikan patin andalannya !
03 . bapak Ahmad 
04 . daftar menu yang " singkat " 
05 . atmosfer Markimbot
06 . pramusaji
07 . satusatunya menu
08 . tampak samping
09 . disini tak ada barista baristaan
10 . botok ikan patin dan tahu mini
11 . lahan parkir agak terbatas
12 . peyek kacang hijau

Tidak ada komentar: