Sabtu, 29 Januari 2022












 
.. " Dari Pecel , Box Container Hostel ,
Hingga Nomaden Coffee " ..
kebiasaan jalan pagi mengitari daerah lingkungan rumah
 hingga berbatas 3RW yang lain , 
agaknya selama pandemi harus sedikit dikurangi 
apalagi setelah isu Omicron merebak yang justru ada
 disekitar RW saya . tetapi kemarin dulu saya
 kembali kangen menyusuri " route " nya 
dan kembali menapaki jalan kampung , jembatan , sungai , 
sawah hingga masuk ke gerbang kampus UMM
dari sebelah belakang. 





terbukti bahwa ternyata selama saya " absen " menyusuri
 route ini , sudah banyak perubahan terjadi
 setahun ini . ada bangunan bangunan baru 
mulai kos kosan , cafe dll yang dahulunya adalah 
tanah kosong atau warung warung yang rupanya
 sudah berganti pemilik . 
juga  ada beberapa yang " mangkrak " alias mandeg 
 pembangunannya terkena krisis pandemi .
 jeprat jepret sepanjang jalan menandakan bahwa 
saya cukup lama tidak menyadari adanya 
perubahan2 disekitar saya sendiri .
 melewati route belakang UMM bukan hal mudah 
karena ketiadaan ruang pejalan kaki sehingga jarak
 saya dengan lalin hanya sekitar 10cm dan dikiri saya
 sepanjang jalan adalah persawahan ataupun
 kebun kebun dan perumahan yang menjorok masuk .


 
 memasuki kampus UMM dari gerbang belakang , 
saya dibuat surprise dengan rampungnya 
" My Dormy Hostel UMM " yang berkonsep
 industrialis minimalis .
sayangnya saya tidak sempat bertemu dengan salesnya
 yang menurut resepsionisnya bisa menunjukkan 
pada saya ruang ruang yang ada disitu . 
hostel ini sudah tentu menarik karena bagi mahasiswa
 atau keluarganya atau traveler atau backpacker
 yang menginginkan menginap disitu pastilah nyaman .
 bukan saja rate nya yang cukup murah ,
juga fasilitasnya yang lumayan lengkap
 dan atmosfer disitu yang relatif tenang dan sejuk 
dengan banyaknya kehijauan dan pepohonan .
 
 
 
 
ada tempat untuk nge Gym juga . ada Mini Library ,
 WiFi , AC , Hot Shower , Smart TV dll . 
sangat cocok untuk yang sedang WfH karena 
ketenangan dan kesejukan lingkungannya pasti 
disitu bisa lebih fokus !
 sayangnya belum bisa menjajal cafenya karena saat 
saya disitu  masih agak kepagian .
selanjutnya  saya berjalan kearah jembatan cantik 
bergaya minimalis modern disitu karena ingin 
menikmati suara air sungainya yang begitu deras ! 
 rencana sarapan pecel dirumah berubah total 
menjadi sarapan diatas jembatan sambil diiringi 
suara air sungai  ....  fantastic hehehe ...!
percayalah bahwa hal hal yang diluar rencana seringkali 
malah lebih berhasil !
 
 
 
kampus memang masih terlihat sepi , mungkin belum
 dimulainya perkuliahan . botol mineral yang selalu saya
 bawa didalam ransel menutup sendok terakhir
 nasi pecel saya yang yummyyy ... 
puas menikmati simfoni air , selanjutnya  jalan pagi saya 
 lanjutkan berkeliling kampus UMM yang memang
 ber lembah lembah dan dilewati sungai yang cukup
 lebar dan deras serta curam sehingga
 kampus ini lebih mirip daerah wisata daripada
 tempat menimba ilmu karena alamnya yang cantik . 
disitu saya juga melihat dari dekat pembangunan
 jembatan penghubung antara Raya Tlogomas 
dengan jalan raya belakang kampus UMM 
dan sudah 80% selesai . 
 
 
 
 
ini sebuah terobosan yang positif mengingat selama ini 
kita harus memutar cukup jauh untuk ke jalan raya 
dibelakang UMM dan 
jembatan penghubung ini terletak persis disisi
 komplek " Begawan , Premium Student Apartement " 
 yang ada disitu . 
tidak perlu heran jika saat ini anak anak sekolah atau
 kuliahpun sudah lazim tinggal di apartemen semacam
 Begawan ini yang angsurannya 25juta per bulan !
( tentu jangan bertanya pada saya berapa
 uang kirimannya per bulan untuk anak anak nya ini
 kecuali rasa syukur bahwa anak anak saya dulu 
belum mengalami jaman apartemen sehingga 
cukup kos saja
 yang itupun berdekatan dengan kampusnya
 supaya bisa berhemat transpotasi dll .. 
jaman berubah .. )
 

 jalan pagi saya  akhirnya sampai di Apartemen Begawan 
 untuk melihat lihat seberapa banyak perubahan
 yang ada sejak yang terakhir sekitar setahun
 yang lalu saya kesana . 
beberapa cafe sudah beroperasi penuh , 
ada Labore , ada Nomaden dll . Indomaret disitu juga 
buka sejak jam 6 pagi . dan hitung hitung sebagai 
" penutup nasi pecel " tadi , saya ingin cangkruk sejenak
 sambil menikmati Avogato dan sejenis Oreo Shake
 di Nomaden Coffee yang ada diteras Begawan .
 suasana apartemen yang ( masih ) tenang , 
membuat saya merasa kerasan ber lama lama disitu . 
dan akhirnya hanya dengan menyeberang jalan
 dan berjalan setelahnya sekitar dua menit , 
saya sampai kembali dirumah ..
 sebuah refreshing yang menurut saya penting terutama
 disaat covid masih terus bermutasi ,
 agar badan terjaga staminanya dan tidak " nglentruk " !
 
 
naa .. siapa lain kali yang mau join jalan sehat
 melewati sungai dan persawahan serta
 lembah lembah ini ? jangan khawatir ,
 diujungnya kita bisa istirahat cangkruk dan ngopi
bersama  hehehe .. yukk !
(  Writing & Photos : Titiek Hariati , 28 .01.22 )
keterangan foto : 
01 . My Dormy Hostel UMM 
bergaya industrialis
02 . Box Container yang nge tren beberapa
 tahun terakhir 
03 . sungai kearah belakang UMM
04 . jembatannya
05 . gerbang Begawan
 Premium Student Apartement  
06 . ngopi di Nomaden , lantai bawah Begawan
*********
07 . sejenak duduk di pondok bambu dekat jembatan
08 . mural dekat sungai
09 . atas jembatan yang cukup curam
*********
10 . Begawan , tampak dari belakang UMM
11 . Hutan Kampus
*********
12 . My Dormy Hostel UMM
13 . Hostel Cafe
14 . Tangga turun ke rooms
**********
15 . Lantai bawah Begawan
16 . Tampak Depan
*********
17 . Nomaden Cafe , lantai bawah apartemen
18 . teman kopi
********
19 .  avogato dan oreo shake
********
20 . resepsionis hostel UMM 

Tidak ada komentar: