Rabu, 29 Juni 2022

 
 
 
.. " Yang Lawas , Yang Masih Bertahan ,
Ayam Bakar Lientang " .. 
 
hampir siapapun kecuali mereka yang tinggal 
didaerah Sawojajar Malang , punya kesan bahwa 
mencari alamat di Sawojajar sama dengan
 mencari jarum di jerami! 
bukankah sudah ada GPS ? betul dan untunglah GPS
 mengeluarkan dari keruwetan itu meskipun harus
 tetap " waspada " bahwa ketika salah memahami 
instruksi di GPS bisa malah kesasar ! 
misal ada perintah " 200 meter belok kiri " , naa .. 
kadang kalau sebelum 200 meter sudah ada belokan 
kekiri dan ternyata kita terlalu awal beloknya ,
malah runyam !
( mengingatkan saya saat 2017 , 
saya bersendiri dari Solo arah Malang dan sebelum 
arah Nganjuk terlalu cepat belok menuruti mbah GPS ,
 akibatnya saya berada dijalan gelap dan sepi 
ber kilo kilo meter sebelum akhirnya nyampe dijalan 
besar dan itu sudah menjelang sunset hiiii ... ) 
 
 
 
  maka untuk warung atau cafe cafe didaerah Sawojajar , 
saya tidak pernah secara khusus kesana untuk 
mencarinya tetapi biasanya saya temukan tidak
terencana ketika saya kebetulan mempunyai keperluan 
lain di Sawojajar . naa .. minggu yl saya punya
 keperluan ke kerabat yang ada di Danau Ngebel dan 
Danau Toba , keduanya mudah ditemukan sebab 
tidak harus melewati blok A1/G4/H2/X dst dst hehehehe ,
 ruwetttt dan mumetttt .... ! 
seusai urusan saya masih punya waktu berkeliling 
karena saya pernah tidak sengaja menemukan 
seorang ibu penjual Nasi Kuning ditepi jalan Sawojajar 
yang masakannya yummyyy ...
 
 
 
 setengah ingat setengah lupa , tempat mangkal ibu
 itu akhirnya tidak ketemu dan saya malah menemukan
 sebuah Resto berjuluk " Ayam Bakar Lientang " di 
Jalan Danau Bratan C2A no 16 
( huh .. mengingat alamatnya saja pusing , 
saya harus membuka internet ! hehehe .. ) . 
resto bertingkat dua ini nampak lumayan masih gres , 
saya masuk dan tetapi tiba tiba ada yang memberitahu 
saya " maaf .. kalau disini hanya untuk yang 
dibawa pulang , kalau yang dimakan ditempat 
silahkan ke warung yang sebelah " ... oooo ... gitu !
 karena saya sedang didesak perut , 
sayapun menuju warung disebelahnya yang terlihat jauh
 lebih lawas dan modelnya jadul . 
rupanya kedua warung lawas dan yang baru ini sedang
 dalam proses peralihan yaaa , 
dari warung jadul ke yang baru dan sayapun mencari
 tempat duduk yang siang itu hanya tersisa beberapa 
" kotak " model lesehan . 
ya sudah diterima saja meskipun saya terlanjur suka
 dengan warung yang baru disebelahnya 
( karena terlihat " higinis " hehehe .. ) . 
sesuai nama warungnya , pilihan menunyapun tak 
jauh jauh dari Ayam Bakar Lintang , Ayam Bakar Dada , 
Ayam Bakar Paha , Ayam Penyet Dada ,
 Lalapan Ayam Bakar dll meskipun ada juga yang 
diluar ayam yaitu Udang Mayo , Gurami Asam Manis dll . 
menu yang datang dimeja saya terlihat lumayan lengkap ,
 karena disamping ayam masih dilengkapi dengan 
 urap urap , lalapan , dan sambel ! 
 
 
 
sayangnya Sayur Asem yang saya pesan sedang
 tidak ada ( ?) dan untuk minuman cukup Jus Jeruk. 
konon warung yang sudah ada sejak puluhan tahun ini
 memang punya banyak penggemar dan saya tidak
 mendebatnya karena untuk rasa memang lumayan .
 sebuah temuan yang tidak saya sengaja tetapi ( untungnya )
 tidak mengecewakan kecuali untuk menemukannya lagi 
mungkin saya masih harus pakai 
GPS lagi hehehe ...
 
  
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
baru sempat diposting pada 29.06.22 ) 
keterangan foto : 
01 . warung lientang yang baru
02 . warung lientang yang lawas
( maaf buat yang terjepret disini yang 
tidak saya kenal )
******
03 . lesehan warung lawas
04 . tak perlu jauh jauh ke warung
******
05 . tampak depan
06 . dapur yang sibuk 
******
07 . menu saya
08 . saya menikmati atmosfernya
******
09 . urap urap yang ngangeni
******
 

Tidak ada komentar: