Selasa, 28 Juni 2022

 
 
 
 
 .. " Bangkit Hingga Kapan ? " ..

kemarin Malang mendung nyaris gerimis 
dan saya batalkan kearah Cangar yang sudah 
direncanakan . gantinya adalah Matos , 
Malang Town Square , 
untuk mengubah " tema " tulisan kearah 
" kebangkitan dari pandemi " . 
Matos yang ada di Jalan Veteran ini memang sempat 
terpuruk selama dua tahun lebih bahkan 
lebih mirip gedung yang horor dimalam hari 
akibat kosongnya kegiatan saat itu . 
 

 
 
sempat saya pernah saksikan , petak petak toko 
stan stan yang melompong dan bisa dibayangkan 
berapa ratus karyawan yang sempat ter PHK .
 keadaan ini sangat kontras dengan yang saya 
saksikan saat ini dimana Matos seolah
 mendapatkan kembali aliran darahnya dan 
dimana mana yang yampak hanyalah kerumunan
 kastamer yang memadati hampir disetiap oulet
 mulai pakaian , alat alat rumah tangga , furniture ,
 atk , dll . dan yang terpadat nampaknya ada di 
bagian Food Court nya yang siang itu nyaris 
tak ada meja yang tersisa . 
sebenarnya ini bukan kali pertama saya menengok 
Matos seusai pandemi dinyatakan melemah . 
 
 
 
tetapi saat Jokowi mengijinkan lepasnya 
masker di tempat tempat terbuka , 
saya melihat kemarin bahwa masker masker 
sudah 80% ditanggalkan meski masih ditempat 
kerumunan . apalagi di Foodcourt yang notebene
 tempat makan minum , otomatis masker tak 
berlaku bahkan banyak pramusaji dan yang 
didapurpun sudah menanggalkan masker . 
sengaja saya hanya memesan minuman karena 
tidak berselera untuk makan disitu , 
dan saya hanya ingin menangkap atmosfer yang ada .
 disatu sisi saya senang melihat bangkitnya
 kembali bisnis kulinari dan juga yang lain lain yang 
melibatkan ratusan karyawan ini sekaligus 
berharap bahwa pandemi akan segera 
benar benar berakhir .
 disisi lain , berita merangkaknya kembali covid 
dibeberapa kota seolah sebuah " warning " yang 
tidak berujung . hingga saat ini memang Malang 
masih boleh bersyukur bahwa covid terkendali 
dengan cukup baik dan vaksinasipun 
masih terus berjalan . 
 
 
 
di cafe cafe saya sering saksikan padatnya kerumunan
 baik yang sedang ber reuni ria , syukuran , 
wedding , ultah dll termasuk saya sendiri yang 
dalam dua bulan terakhir ini melewati sekitar 6/ enam
 pertemuan secara berkelompok dengan 
komunitas ini dan itu . 
tetapi sayalah rasanya yang paling sering terkena
 teguran disetiap pertemuan atau reuni 
karena masih suka memasang masker disaat 
sebagian besar melepasnya baik saat pemotretan , 
ngobrol dll hehehe .. ( maafin ya .. )
Batu Plaza , Transmart , MOG , Malang City Point dll 
yang kesemuanya sudah saya blusuki , 
rata rata sudah kembali bergairah setelah 
masing masing sempat " mampet " . 
 
 
 
perisai menghadapi ancaman covid tidak hanya
 terletak pada vaksinasi plus booster , 
tetapi perisai terpenting adalah disiplin kita pada 
diri sendiri yang selama ini sudah " terlanjur "
 menjadi kebiasaan baru yaitu 
Masker , Cuci Tangan , Menjaga Jarak dan MANDI 
disetiap kali tiba dari luar rumah yang relatif 
lama / jauh serta berganti baju . 
paranoid tidak perlu , hanya sedikit diperlukan 
kesadaran bahwa " covid belum 100% lenyap , 
ia masih dapat berganti wajah dan menunggu
 kelengahan kita " . 
bermasker atau tidak adalah pilihan , 
sebagaimana ingin tetap sehat atau sakit , 
juga sebuah pilihan ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 27.06.22 )
keterangan foto : 
01 . poster film saat saya ke Matos sekian hari yl .
02 . foodcourtnya yang padat
******
03 . melompong , saat grafik covid naik
04 . melompong , saat covid melonjak 
******
05 . saat ini , ramai
06 . saat ini , ramai di Gramedia 
******
07 . HBL Juni 2022 , saya bermasker
08 . HBL Juni 22 , saya bermasker
******
09 . saya di Matos Juni 2022 .
10 . saya di Matos Juni 2022 .
******
11 . kartun dari google
******

Tidak ada komentar: