Sabtu, 18 Juni 2022

 
 
 
 
 ( serial jadul / 01 )
.. " Es Taloen 1950 " ..
 berkisah cafe cafe modern adalah hal biasa . 
maka kalau kali ini saya singgah di sebuah
 kedai es legendaris , Es Taloen ( Talun , Talon ) 
yang ada di Jalan Talun atau sekarang
 bernama Jalan Arief Rahman Hakim Gg 11 , 
Kauman , Malang , itu adalah
 tidak biasa ! 
tentu saya mengenalnya dengan sangat baik 
sebab masa kecil sampai remaja , saya termasuk 
penggemarnya dengan serutan es nya yang menggunung
 lalu ada bermacam isian didalamnya 
seperti tape , dawet , degan , kolangkaling dll . 
itu saja kenangannya ? tentu saja tidak . 
( ada bagian yang saya tidak ingin bagi disini dan
 biarkan abadi dalam ingatan saja , cieeee ... )
 
 
 
 naa ... sekian hari yang lalu mendadak saya
 sangat ingin " mengulang ingatan masa remaja "
 disitu . memang ada perobahan yang cukup 
mencolok setelah sekian dekade berlalu yaitu 
interiornya yang mengikuti selera jaman now meskipun 
tidak segemerlap cafe cafe lain . 
yang menggembirakan adalah adanya
 alat pemutar es batu jadul yang masih ada disana
 seperti sekian dekade silam ! 
memang saya tak lagi bisa melihat alat jadul ini 
beroperasi seperti dulu , karena nampaknya 
remukan es sudah disiapkan dalam satu wadah gede 
sehingga tak ada lagi suara " srek .. srek .. srek .. " 
dari alat jadul itu , saya merasa kehilangan ... 
tetapi dua wanita sepuh yang melayani pembeli ,
 mungkin saja keduanya adalah pewaris atau 
owner asli yang dengan perjalanan waktu menua 
bersama kedai esnya ! 
sengaja saya memesan Es Campur yang masih asli  
dan saya nikmati esnya yang minus susu kental manis
 ala es teler  tetapi dulu adalah santan , 
dan samar samar saya teringat 
kembali rasa Es Campur nya sekian dekade silam 
yang lebih mengandalkan sirup 
( saat itu belum muncul model es yang diberi campuran 
susu dll seperti es teler saat ini ) .
 tetapi dalam daftar menunya , saat ini mereka sudah
 memiliki seabreg ragam es termasuk es teler , es buah ,
 es mocca , bermacam jus dan daftar panjang
 dari ragam Milkshake ! 
 
 
 
untuk bisa lebih lama menikmati atmosfer nya , 
saya tambahkan pesanan pangsit yang seingat saya
 pada jaman dulu belum ada . 
saat ini ada rujak , gado gado , pangsit dan bakso .
 jaman berubah , tentu saja kedai ini juga ingin 
menyesuaikan dengan selera jaman now
 dan daftar panjang ragam esnya adalah jawaban
 terhadap tuntutan selera jaman  meskipun 
tetap meletakkan Es Campur dengan resep aslinya
 pada daftar menunya yang teratas ! 
dengan range harga 10 - 18K , rasanya para milenial
 perlu menjajal kedai es mungil yang satu ini untuk
 " napak tilas " masa masa remaja dari
para ortu maupun eyang eyangnya hehehe ... 
 
 
jangan lupakan sejarah warung warung jadul Malang
 sebelum menikmati cafe cafe gaya industrial
 maupun kolonial , yukkkk ....
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
diposting pada 19.06.22 )
keterangan foto :
01 . Talun , Talon atau Taloen , sah sah saja ..
02 . Es Campur
03 . peremuk es legendaris
*******
04 . Es Campur dan Tape Ketan Hitam 
05 . -sda-
*******
06 . daftar menu
07 . atmosfer ( maaf buat mereka 
yang terikut kejepret disini ) 
*******
08 . Talun , Talon , Taloen ? apa bedanya !
*******
 

Tidak ada komentar: