Rabu, 12 Juni 2013



setelah 68 tahun kok masih byar pet, 
ooo .. PLN .. riwayatmu ini ...

hampir dua jam saya tengak tenguk seperti tolol, tidak tahu mau mengerjakan apa gara gara rutinitas pln yang seperti lazimnya tanpa ba dan bu langsung pet, petengan ... ! kebetulan laptop veteran yang sedang saya pakai itu batereinya memang bermasalah, jadi langsung ikut pet, peteng! sedang yang satunya , karena produk dari tahun yang lebih muda, tidak bermasalah tetapi data datanya tidak selengkap si " bini tua ", maka percuma, saya tidak dapat melanjutkan pekerjaan, aduhhh .... 

menghilangkan sumpeg kepada pln yang seenaknya pat pet ini saya jalan jalan ke teras luar yang akhir akhir  ini makin jarang saya lakukan, hanya kadang disaat sulit tidur lewat tengah malampun saya jalan jalan ke halaman luar . 

lho, ternyata langit cerah dan saya terpesona melihat bintang bintang yang membentuk zodiak anak kembar .. waaa, jangan buru buru menuduh dulu, sebab memang simbol bulan kelahiran itu didasarkan pada letak bintang berdasar kan pengamatan para astronom jaman behula , jadi bukan tanpa alasan.

lalu saya juga melihat kesibukan anak anak kos disekitar rumah saya yang mencari lilin, membeli makanan dalam kegelapan dan bahkan memanfaatkannya untuk pacaran. lalu juga para satpam yang kesana kemari saling ber HT dengan rekannya, maklum di berita hari ini memang Malang semakin rawan. di jalan danau maninjau raya misalnya, seseorang yang akan masuk pagar rumahnya telah dirampok mobilnya oleh kawanan yang sudah mengawasinya sejak tadi. lho, padahal saya sering santai2 saat mau masuk pagar rumah dan tidak pernah melihat kanan kiri yang mungkin mengikuti atau mengawasi hehe ..  

lalu saya juga melihat beberapa tetangga yang lalu lalang dalam kegelapan , entah mungkin mencari lilin juga atau makanan, tetapi memang para penjual makanan selama lampu gelap mereka hanya berkumpul disebelah taman depan dan tidak berkeliling seperti biasanya. 

semua adegan tadi saya saksikan diam diam di kursi teras sebelah kiri , juga dalam kegelapan, disitu lokasi favorit saya yang sering saya pakai untuk menggali inspirasi disaat buntu hehe ....

naaa .. kembali ke pln, sebetulnya saya heran kok 68 tahun merdeka kita ini masih saja mengalami seperti jaman perang dulu dimana pemadaman total itu diperlukan karena ada bahaya serangan udara setelah sirene meraung raung .. lha ini kan sudah tidak ada perang, tapi kok malah parah akhir akhir ini? apakah beban pln sudah sedemikian melebihi kemampuan sehingga perlu digilir seperti sekarang ini? bagaimana dengan cadangannya? atau ini akibat makin meningkatnya pencurian listrik?

sebagai yang awam soal soal pelistrikan, saya hanya bisa menduga duga apa ya kira kira masalah sebenarnya kok tidak teratasi hingga berpuluh tahun? andai saja pln bersedia secara terbuka menjelaskan pada masyarakat dan bersama sama masyarakat mencari solusinya, mungkin keadaan akan berbeda. sekaligus akan merupakan  sebuah edukasi bagi masyarakat pengguna listrik agar ikut serta dalam gerakan hemat energi yang dapat menghindarkan kita dari kekurangan listrik .rasa " ikut memiliki " inilah yang perlu dibangun oleh pln kepada masyarakat dengan membuat program2 di sekolah, kampus, kantor2, industri dll yang intinya adalah " hemat enerji untuk keselamatan bumi " .

pasti menjadi harapan setiap orang bahwa pln dinegeri tercinta ini bukan hanya pandai memutuskan aliran listrik disaat pelanggan terlambat membayar tagihannya meski hanya sehari terlambat, tetapi juga cerdas dalam memberikan layanan yang paripurna !
naa ... bagaimana pln? ( th )
( gambar diambil dari google )




2 komentar:

Anonim mengatakan...

wahh bener ya, kemaren se-Malang raya mati lampu, berasa lagi ngerayain nyepi. Mamaku juga ngomel-ngomel tuh mbak, parah banget ya.

krepektempe mengatakan...

Cantik yang rajin mandi : trims ya komen nya, waa .. melihat hobi suka jalannya rasanya saya ketemu jodoh, cuma saat ini masih ada kewajiban dirumah yg blun bisa ditinggalkan,ibu. naa.. salam buat mama ya cantikkkk !