Kamis, 20 Juni 2013



Merawat? Itu susah ....!

Siapapun akan senang mendapat atau membeli sesuatu yang gres, anyar, baru, meski mungkin itu second. Lho, baru kok second? Ya semisal beli motor kan tidak harus kinyis kinyis dari dealer, tapi mendapat motor secondpun senang karena itu tetap merupakan sesuatu yang baru bagi seseorang terutama bagi yang belum pernah punya motor ( apalagi kalau dapat yang gressss ...) .

Tetapi seberapa lama dan tahan seseorang memelihara dan merawatnya agar meskipun second , motor itu tampak selalu fresh, terawat dan kinclong? Di awal awal memang masih ruajinnn di lap, dicuci, di periksa oli dan lain lainnya, kalau perlu saat tidurpun diselimuti hehe ..

Dengan berjalannya waktu, mulai muncul penyakit turunan : males.Boro boro diselimuti, ditengok saja tidak pernah dan yang namanya lumpur sudah mengering di body motor dan parahnya lagi beberapa onderdil penting malah sudah dipreteli, contoh : spion dll. 

Kadang ingat kadang lupa mencucinya bahkan untuk isi bensin sekalipun, ingatnya cuma pada saat mogok bahwa motornya butuh minum ! Dan terakhir, nasib sang motor mudah diramalkan, mrotoli, jadi besi tua ...

Demikian pada umumnya yang terjadi bahwa mendapatkan itu jauh lebih mudah dibanding mempertahankan atau memelihara atau merawat nya , termasuk " merawat " hubungan antar manusia, lebih spesifik lagi pasangan anak manusia.

Waktu pdkt, waaa ... ruapihhh dan selalu harum plus kinclong. Begitu sudah menikah, walahhh ... kadang kalau ingat ya mandi, kadang " ote ote " dan dasteran atau sarungan yang ber hari hari tidak pernah diganti, konon " nyantai ajalahhh ... " ... 

Maka  ketika suami/ isteri mulai sebel melihat pemandangan rutin yang awut awutan ini dan mulai melirik yang kinclong, muncul Perang Dunia hehe ... 

Demikian kira kira singkat cerita betapa merawat itu bukan hal mudah. Ia memerlukan kesabaran, ketekunan, ketelatenan, kesungguhan, sehingga dengan berjalannya waktu semuanya tetap kinclong, baik lahir maupun bathin. 

Kinclong bathin? Yaa, itu perlu sebab bila ada hal hal yang menyebalkan dan membuat tanaman yang ada dibathin mulai layu, waa... " ayahab " kata orang Malang ! 

Naa ... sudah siapkah kita menjadi perawat yang baik untuk segala sesuatu yang kita sudah peroleh apalagi kalau memperolehnya dengan susah payah? 

Atau kita memang termasuk tipe yang hanya suka mendapatkan tapi tidak suka merawat ? Kalau masuk tipe yang terakhir  ini, siap siap sajalah untuk " mrotoli " ( baik motor/mobil/pasangannya .. ) hehe .. ( th )

Keterangan foto ( taken by : th )

Motor Honda antik yang masih terawat bagus, saya jepret didepan kampus tehnik UB, Malang, Juni 2013 , terima kasih kepada pemiliknya yang mengijinkan untuk menjepret nya )

Tidak ada komentar: