Jumat, 21 Juni 2013



 

Oleh Oleh Khas Malang? Soak Ngalam ... !

Sebuah email masuk : " blognya sudah jadi wisata kuliner ya?" .. aduhh, sebetulnya ya endak gitu, tapi memang belakangan jalan jalannya itu kearah perut karena beberapa kali gagal mau melaut gara gara cuaca mendung terus. 

Tapi ya sudah kali ini saya ndak ke perut, tapi yang menutupi perut yaitu Kaos Malang atau dalam bahasa Jerman nya Soak Ngalam. 

Hebatnya Malang itu antara lain ada di bahasa lokalnya yang rasanya sudah perlu dibuatkan kamusnya. Kalau tidak ada kamus, dikhawatirkan membuat bingung mereka yang dari luar Malang sebab tidak semua kata kata langsung bisa dibalik mentah mentah. 



Contoh : teman di Bandung bertanya kok bisa " ebes " itu artinya ortu , sebab kalau dibalik juga ngga ketemu artinya  dan banyak lagi pertanyaannya yang membuat saya bingung sebab saya sendiri harus bertanya pada pakarnya yang entah itu siapa dimana hehe .. 

Naa mencari souvenir khas Malang rasanya menjadi paling pas kalau dikaitkan dengan bahasa lokal Malang yaitu bahasa " walikan " ini . Dan itu adalah Soak Ngalam atau TShirt khas Malang. Siapa mampu menolak oleh oleh TShirt? 

Salah satu tempat mencarinya adalah di deretan toko toko yang ada di Jalan Kawi Atas 24 , Malang. Disitu tersedia  bermacam pilihan Kata Kata yang buat mereka yang bukan asli Malang pasti butuh waktu mencerna artinya. 

Pengalaman pribadi membawa oleh oleh kaos Malang ini malah " pusing " gara gara ada yang merasa " dilupakan " karena tidak kebagian alias tidak saya masukkan dalam daftar .



" Waduh, kaos-e apik tapi aku gak kebagian rekk ... " maap, maap, lha saya kira karena sudah " sepuh " (  72 th ) beliaunya tidak lagi suka kaos dan saya oleh2i makanan khas Malang yang ternyata malah mengundang protes hehe .. Penasaran? Cepet saja ke Soak Ngalam ! .. ( th )

Keterangan foto ( all taken by : th )

01. Contoh contoh desain Kaos Malang.

02. Ada kaos, ada tas dll.
03. Papan nama Soak Ngalam, Jalan Kawi Atas 24, Malang.


Tidak ada komentar: