Kamis, 13 Oktober 2022

 
 

 
 
 .. " Boyolali Boyong Ke Malang " ..

sebetulnya warung yang satu ini seingat saya 
bukan yang pertama karena sekian tahun lewat 
didekat rumah saya , Raya Tlogomas juga ada warung
 serupa yang mengusung nama Soto Boyolali . 
tetapi entah kenapa akhirnya " menghilang " . 
naa .. kemunculan yang serupa tapi tak sama , 
adalah di Jl. Aris Munandar , Malang atau dulu
 dikenal dengan nama jadulnya 
Jl. Klojen Kidul . 
 

 
 
baru beberapa hari diresmikan 
dan bunga bunga ucapan juga masih berjejeran , 
kemarin dulu saya ikut masuk kehalaman parkirannya
 yang lumayan luas di Jl. Aris Munandar . 
seperti lazimnya sesuatu yang baru , nampak suasana
 warung yang ramai dan parkiran yang padat .
 Soto Boyolali adalah atraksinya ! 
ada ruangan dalam dan luar dan saya memilih 
didalam karena diluar nampak ada dua rombongan 
bapak bapak dan ibu ibu disebelah lainnya dan 
saya ingin sedikit tenang dalam ruangan 
yang siang itu juga sudah lumayan padat . 
 

 
 
bicara tentang sotonya yang semangkuk hanya
 7K untuk ukuran yang biasa dan yang 
ukuran jumbo 9K , adalah terlihat " bening " karena 
di Malang kita terbiasa melihat soto yang 
kekuningan ataupun kecoklatan gelap karena penuh 
dengan koya ( kelapa yang disangrai ) juga penuh 
dengan suwiran ayam , telur , suun , jeruk nipis dll . 
maka yang belum terbiasa dengan Soto Bening 
ala Boyolali akan sedikit ter kaget kaget seperti 
halnya tamu disebelah meja saya yang kepada 
pramusaji berpesan agar 
" soto saya jangan diberi jeroan ya juga kulit jangan , 
dagingnya saja " hehehe ... 
mungkin pramusaji bisa kebingungan dengan 
permintaan ini sebab Soto Boyolali nyaris tidak ada 
apa apanya didalam mangkuk alias hanya nasi dan 
kuah bening plus 1-2 suwir ayam tipis tipis
 yang nyaris tak terlihat hehehe .. 
 
 
 lho , bagaimana lalu dengan " kelengkapannya " ?? 
maka di sebuah meja panjang sudah tersedia 
berbagai " kelengkapan soto " yang pengunjung 
boleh pilih sesukanya yaitu mulai dari 
sate paru , sate otak , sate rempelo ati , sate babat ,
 dll yang rata rata 6-7K perbijinya ! 
minuman juga hanya ada teh  & jeruk , mulai yang 
panas atau dingin . naa .. itulah tadi gaya Boyolali 
yang mengartikan soto sebagai 
kuah bening plus . 
plusnya terserah pada pengunjungnya hehehe ... 
saya pilih sate rempelo ati dan sate paru plus 
begedel untuk melengkapi rasa soto bening saya . 
yang ingin protes pada tipisnya irisan tempenya 
seharga 1,5K atau mininya begedel yang juga 1,5K 
silahkan saja , sebab di warung warung lain
 kita bisa dapatkan ukuran tempe dan begedel 
yang jauh lebih " layak " ukurannya dengan harga
 yang sama bahkan lebih murah hehehe .. 
 
 
 
atmosfernya untuk sebuah warung soto disitu 
terbilang lumayan karena ruangnya yang luas 
sehingga tidak terasa panas meski pengunjungnya ramai . 
apakah ramainya akan bertahan atau ini hanya
 sebuah euphoria publik kulinari Malang 
yang biasanya mengerubuti sesuatu yang baru ? 
mari kita lihat saja .... 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 13.10.22 )
 
keterangan foto :
01 . bungabunga ucapan masih segar
02 . menu lengkap dimeja saya
***
03 . atmosfer dalam ruangan 
04 . atmosfer disebelah luar
***
05 . deretan sate sate
06 . silahkan memilih lauk
***
07 . lauk saya
***
08 . menikmati soto dan atmosfer
09 . dapur yang sibuk
***

Tidak ada komentar: