Jumat, 07 Oktober 2022





 
.. " Mengungsi Di Swara Alam " ..
tanggal 02 Oktober yl , selesai mengintip 
suasana sekitar Stadion Kanjuruhan yang saat itu 
dipadati masyarakat plus kendaraan yang 
berjalan seperti siput , sayapun pulang kearah Malang
 tetapi tidak bisa langsung berbalik arah . 
mengikuti arus kendaraan yang padat dan lambat 
( padahal sudah kearah yang menjauh dari 
Stadion Kanjuruhan ) saya hanya bisa bersabar saja . 
 
 
 
melewati sebuah gerbang bertulis " Swara Alam " 
dan nampak persawahan yang luas menghijau ,
 saya pikir lebih baik sejenak kearah itu 
sambil menunggu terurainya kemacetan , 
yang mudah mudahan saja terurai ... 
sayapun membelokkan gerobag kekiri memasuki jalan
 yang agak sempit dengan persawahan dikanan kirinya .
 dan karena saya belum pernah mencari cari di internet
 tentang daerah ini , surprise juga ketika
 akhirnya saya melihat sebuah bangunan joglo 
dengan halaman parkirnya yang luas . opo iki ?
 

 
 
ya sudah , saya ikutan masuk dibelakang sebuah mobil
dan sekaligus  parkir dan siap untuk jeprat jepret ... 
o , ternyata itu adalah resto " Swara Alam " 
sebagaimana nama yang tertera digerbang utama
 tepi jalan raya tadi !
 memasuki bangunan utama joglo , saya langsung 
kearah halaman  belakang yang luas dan terdiri 
dari beberapa bagian ruangan sehingga 
kastamer bebas menentukan pilihan tempat duduknya . 
tentu saja yang melegakan adalah karena
 semuanya dikelilingi persawahan yang ijo royo royo !
 sayapun memilih yang terdekat atau yang mepet
 dengan sawah atau MeWah , 
untuk lebih menikmati atmosfernya . 
melihat daftar menunya , dipastikan Swara Alam 
ini sangat " njawani " dengan bermacam 
Sego Sambel  , Sego Goreng , Sego Rawon , 
bermacam Sego Ayam dll . juga ada berbagai Mie , 
bakso maupun camilan camilan seperti 
Tahu Tuna , Siomay Goreng , Tempe Mendoan dll
 disamping juga beberapa menu dari manca 
seperti Sego Tom Yum , Kurimina Kobi dll . 
untuk minumannya , hampir seperti yang lain lain
 yaitu ada beragam kopi dan non kopi , 
juga teh dan minuman minuman favorit milenial 
pada umumnya . 
 
 
( yang untuk " mantan milenial " seperti saya rasanya 
cukup memilih yang lebih familiar saja 
meski saya juga memilih satu yang " modern " ) . 
mendukung atmosfernya yang memang
 sudah nyaman , dimeja saya akhirnya ada 
Nasgor Seaafood , Ayam Penyet , Chameleon , 
Avogatto , Susu Rempah dan yang dibungkus 
untuk camilan 
dirumah adalah Kroket Mozzarela dan Pisgor .
 yang menarik , pada halaman paling belakang , 
tampak tiga bangunan bergaya etnik seperti
 cottage yang saya belum sempat bertanya apakah itu 
 berfungsi sebagai penginapan ataukah hanya tempat 
makan biasa . 
 
 
 
memilih tempat duduk yang MeWah , mepet sawah , 
sangat membuat kerasan setelah bisingnya suasana 
lalin dijalan jalan plus udara yang makin
 terpolusi . sungguh , suasana kehijauan dan tenang 
plus sejuk seperti di Swara Alam ini , 
menurut saya adalah  sebuah kemewahan 
yang luarbiasa !
 tidak ada alasan untuk tergesa gesa saat berada 
dilingkungan seperti itu maka tidak terasa saya sudah 
habiskan waktu hampir dua jam ! 
 
 
buat teman teman yang hari hari ini masih penasaran
 ingin menengok langsung ke Stadion Kanjuruhan dan
 setelahnya ingin menukar stres karena 
lalin macet plus bayangan kengerian dari 
tragedi yang terjadi di Stadion 
Kanjuruhan   disitu , silahkan mencari Swara Alam 
dan sejenak menghirup oxygen segar disitu ..
yukkk ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 07.10.22 )
keterangan foto :
01 . joglo tengah sawah ..
02 . susu rempah segarrrr ..
****
03 . bingung menentukan tempat duduk ?
04 . atau disini mungkin ?
****
05 . affogato
06 . chameleon yang disukai milenial
****
07 . ayam penyet
****
08 . pisgor asli
09 . kroket mozzarela
****
10 . nasgor ala Swara Alam ..
****

Tidak ada komentar: