Jumat, 06 Maret 2020







.. " Bursa Efek Surabaya / BES
 Dalam Kenangan
 ( saya ) " ..
dalam sejarah Jawa Timur , 
kehadiran BES / Bursa Efek Surabaya
 diseputar tahun 98 menorehkan catatan sebagai 
Bursa Efek Kedua di Indonesia
setelah BEJ / Bursa Efek Jakarta di Jakarta 
yang berdiri sekian tahun sebelumnya . 
mungkin saya tertakdir ada dalam 
putaran sejarah BES
sebagai 
Executive Secretary to the President Director 
yang pertama dari BES atau
Surabaya Stock Exchange ( SSE ) ini,
 dan beberapa bulan setelahnya saya harus
 berpindah posisi menjadi 
Public Relations Manager / PRM dari 
BES/SSE juga yang pertama . 
 kehadiran BES di Jatim saat itu mendapat sambutan
 hangat perusahaan2 besar Jatim yang kala itu
 belum mencatatkan sahamnya di BEJ , Jakarta .
 tercatat , Bentoel , Djarum , Gudang Garam dll 
menjadi emiten emiten pertama yang
 saham2nya diperdagangkan di lantai bursa . 
maka dalam rangka " safari " ke para emiten , 
tim kecil BES berkesempatan berkeliling dan
 mengenal dari dekat manajemen serta
 operasional dari emiten2 ini .
 saya yang saat bergabung di BES masih sangat 
awam tentang Pasar Modal , dengan berjalannya 
waktu akhirnya saya " harus " paham !
 tiap sore seusai tutupnya jam operasional 
lantai bursa , saya harus memberikan laporan 
Transaksi Perdagangan Saham pada hari itu 
kepada para wartawan ekonomi yang 
tiap sore berkumpul di ruangan saya . 
ada Jawa Pos , Bisnis Indonesia , The Jakarta Post ,
 Surabaya Post , Surya , tempo , Kompas , Warta Ekonomi ,
 Republika dll yang selalu mengantri untuk mendapatkan
 informasi per hari itu terutama IHSG nya
 ( Index Harga Saham Gabungan ) .
tetapi karena saya kemudian " tercaplok " sebah
 perusahaan telekomunikasi yang kantornya 
hanya berseberangan dengan BES ,
 saya berpamitan dari BES/ SSE setelah bergabung
 beberapa tahun disana . 
kebetulan lokasi dua perusahaan tempat saya bekerja
 yang terdahulu dan yang baru letaknya 
dijalan yang sama , Jalan Pemuda .
  BES ada di gedung Bank EXIM ( saat itu ) lantai 5 , 
dan kantor saya yang baru ada di
 Gedung BII yang juga lantai 5 .
 maka  kadang saya menelpon mantan2 kolega
 di BES untuk melihat gedung diseberangnya dilantai 5 ,
 dimana saya berdiri menghadap ke 
gedungnya BES dan kami saling berlambaian
 tangan dari kejauhan ..
 ah ya .. , kenangan demi kenangan mengalir , 
betapa saat itu saya masih memiliki enerji dan 
stamina untuk beberapa tahun menjalani 
200km/ hari Malang - Surabaya PP .. !!

BES Dalam Kenangan 20 Orang
  kerinduan pada masa masa masih 
" seatap sependeritaan " di BES inilah yang mendorong
 sekitar 20 orang mantan staf dan karyawan BES
 berkumpul di Batu pada tanggal 23 Pebruari yang lalu .
 meski terlihat sedikit , ternyata bukan perkara 
mudah mengumpulkan 20 orang
 BES memang sudah tidak ada lagi di Surabaya , 
sebagian besar sudah bergabung di 
Bursa Efek Jakarta yang kemudian menjadi 
Bursa Efek Indonesia atau BEI .
 sebagian lain dari kami bahkan bergabung pada
 perusahaan lain .
 dari upaya keras panitianya , bahkan akhirnya
 kami masih bisa menghadirkan 
satu ex driver dan dua ex office girl ! 
panitia di Malang hanya dua orang , keduanya 
kebetulan adalah ex PRM BES , 
saya sebagai PRM pertama dan mbak Dewi yang ke 3 . 
keputusan memilih Batu sebagai tempat reuni
 adalah karena keinginan mereka yang di 
Jakarta dan Surabaya . 
saya dan mbak Dewi mantap memilih 
Royal Cafe360 di Batu karena lokasinya yang 
cantik dengan pemandangan 360derajat ! 
23 Pebruari adalah tanggal yang disepakati 
para " tamu " Jakarta dan Surabaya ! 
  Dari Haru Hingga Ha Ha
cipika cipiki serta pelukan haru menandai 
pertemuan di lantai 5 Royal Cafe360 Batu tanggal 
23 Pebruari 2020 yl .
sekitar 20 tahun tidak saling berjumpa , 
dan wajah wajah banyak juga yang sudah berubah .
 ada yang terlihat tambah gemuk , cakep , tua , 
hepi , stres dll menggambarkan
 perjalanan hidup masing2 .
  salah satu mata acara nya adalah masing2 diwajibkan 
 mengenang BES dalam perspektif masing2 .
 muncul kelucuan2 karena banyaknya " rahasia 2" 
yang selama ini  terpendam hehehe .. 
Tukar Kado Tukar Kenangan
 salah satu acara yang saya sisipkan di undangan adalah 
 Tukar Kado Yang Nilainya Tidak Boleh
 Melebihi 25 Ribu Rupiah , 
dibungkus koran dan tanpa nama ! 
 muncul cekikikan yang bikin perut mules karena
 isi kado anonim yang " aneh 2 " dan 
wajib didemokan pemakaiannya ! 
misal , yang mendapat handuk harus bergaya 
seolah sedang mandi . yang mendapat dompet , botol ,
 sajadah dll juga sama .
 sungguh janganlah pemberian dinilai dari 
harganya , tetapi membuat yang lain bahagia ..
Poco Poco Hingga Kekasih Bayangan
secara khusus panitia mengundang seorang
 instruktur senam dan linedance untuk menyemarakkan
 suasana . segala enerji tertumpah dilantai lima
 Royal Cafe360 siang itu,
 dalam kemasan lagu lagu yang menghentak
 langkah2 kaki .
tidak semua berhobi atau pernah nge dance , 
maka bermacam adegan lucu bermunculan , 
saling tabrak dll tetapi siapa yang peduli ? 
saya dari dulu cukup dibagian cuap cuap saja sebab saya 
harus " siaga " memelihara suasana agar selalu
 " in the mood " hehehe ...
 juga player yang dihadirkan untuk menghangatkan
 atmosfer , akhirnya harus kewalahan dengan
 munculnya " penyanyi2   jebolan kamar mandi " ..!
 siapakah si Kekasih Bayangan ,
 si Pergi Untuk Kembali dll , sungguh menjadi
 rahasia hati masing masing dan
 siang terasa semakin " sumuk " hehehe ..
  Kemesraan Yang Harus Berakhir
seusai sholat dan makan siang  serta foto bersama ,
 dimana jadwal pesawat ke Yogya , Jakarta dll 
sudah menunggu dari Abd .Saleh maupun Juanda , 
maka jam 14 menjadi batas akhir pertemuan .
 Kemesraan dari Iwan Fals seolah menjadi 
lagu wajib , disambung Kapan Kapan
 yang menutup kegembiraan siang itu dan
 melipatnya menjadi lembar lembar dalam diary
 masing masing .
cipika cipiki 
( saat itu kecemasan Corona belum sehebat hari ini ,
 jadi cipika cipiki masih " diberlakukan " .. hehehe  )
 dan pelukan pelukan ala Teletabis terjadi lagi 
dengan sebuah janji untuk 
berkumpul lagi di kesempatan mendatang .
 oya juga Tali Asih diberikan kepada para mantan
 driver dan office-girls yang siang itu hadir . 
bagaimanapun jasa mereka cukup besar dalam 
mengantar dan melayani kami2 . 
selamat jalan ketempat masing masing ,
 selamat menjalani kembali rel kehidupan 
masing masing , hingga saat Allah mengijinkan
 kita bertemu dan berkumpul lagi ..
semoga ..
( Writing & Photos by : 
Titiek Hariati , Batu , 23 . 02 .20 ) 
keterangan foto : 
01 . diawal berdirinya BES , 
saya ke 6 dari kiri
02 . saya bersama Linda ,
 saat itu saya sebagai
 Executive Secretary to the President Director
 dan Linda sebagai 
Secretary to the Trading Director .
03 . rombongan ex BES dari
 Jakarta dan Surabaya sedang menuju
 ke tempat reuni di Batu , 23 Pebruari 2020
04 . akhirnya , 20 orang dari 30 yang 
mestinya hadir ( 5 diantaranya sudah wafat ) ,
 berhasil dikumpulkan
05 . atmosfer pertemuan
06 . masing2 berbagi kisah ..
07 . mumpung kumpul , ngobrollll ...
08 . yang dapat kado handuk harus 
demo cara mandi
09 . poco poco , cha cha dll ..
10 . kekasih bayangan ..
11 . laparrr setelah poco poco ..
12 . ini wajah wajah yang masih bertahan
 hingga saat ini di
 Bursa Efek Indonesia / BEI
13 . membagikan  tali asih pada
 ex driver dan ex office-girl

Tidak ada komentar: