Senin, 16 April 2018




 .. " Golden Heritage Koffei , Museum Kopi ? " ..
                      dalam file file saya sepanjang  Januari 2018 yang lalu ,
ternyata saya masih menyimpan 
beberapa file dari kedai2 kopi yang saya kunjungi .
 salah satunya ada di Jalan Tidar 36 , Malang yang berjuluk 
Golden Heritage Koffei ( GHK ) . kesan pertama saat 
melangkah masuk , mengingatkan pada museum2 yang 
memajang berbagai koleksi benda atau dokumen bersejarah .
saya yang awam perkopian , tentu saja mempermudahnya
 dengan menyebut bahwa benda benda yang dipajang di kedai atau
 cafe ini semuanya berkaitan dengan kopi . 
misalnya ada sejenis mesin kopi jadul yang masih manual , 
juga ada mesin gede yang " nggedablah " yang 
saya yakin itu juga berperan penting dalam riwayat perkopian baik
lokal maupun dunia . pokoknya dengan memasuki cafe ini , 
                      saya merasa pengetahuan saya tentang kopi bertambah 
meski sangat sedikit . mengapa ? karena di sudut sudut lainnya ,
 tampak ada deretan berbagai jenis biji kopi yang berasal 
dari bermacam belahan bumi yang tertata cantik dalam 
peralatan khusus yang saya yakin
 tidak semua cafe sekelasnya memilikinya .

 dengan desain ruangan berlantai dua yang tertata artistik dan
 kekinian , GHK ini terlihat sangat tidak main main 
dalam investasinya . daftar menunya tentu saja 
menonjolkan keragaman koleksi 
dari kopi dunia yang ada di " dapur " nya , 
disamping light dan heavy - meals . ada deretan pilihan kopi di 
The World Most Authentic Koffie , atau di Frappe Koffie ,
 atau di Ice Cream + Koffie atau di Indonesian Speciality Koffie  dll .
 saya memilih dilantai dua yang siang itu ternyata
 diramaikan oleh Pre Wed shooting . oya , cafe ini
memang juga memberi kesempatan pada Pre Wed shooting , 
disampin itu juga ada Pencucian Mobil . 
Saya memilih kopi Vietnam ( sudah pasti  tanpa sianida hehehe .. )
tetapi ada perbedaan cara penyajiannya disini yaitu bahwa
 kopi Vietnam disajikan dimeja saya dalam keadaan 
sudah terpisah dari ampasnya , 
jadi ampas sudah mengendap didasar cup nya ! 
 sedang ditempat lain , saat disajikan dimeja saya masih 
dalam keadaan proses pemisahan dari ampasnya 
( masih menetes ! ) . 
saya awam perkopian , mungkin pakarnya punya penjelasan ?
hanya saja  kalau saya boleh jujur,
  saya katakan bahwa saya lebih menyukai cara yang terakhir !
untuk rasa , harga dan atmosfer memang GHK ini tidak 
cukup hanya sekali dikunjungi . 
penasaran ? 
sangat mudah menemukan lokasinya , yukkkk ....
( Writing & Photos by : Titiek Hariati , April 2018 ) 
01 . museum kopi ..
02 .onthel
03 . jenis2 kopi dunia
04 . nama luar
05 . bagian dari " riwayat " ..
06 . lantai dua ( 01 )
07 . lantai dua ( 02 )
08 . pre wed
09 . cuci mobil juga ada 
10 . vietnam ..
11 . atmosfer ( 01 )
12 . alat jadul ..










  

Tidak ada komentar: