Jumat, 27 April 2018




.. " Arema Wajib Ngerti Rujak Cingur " ..
seorang teman yang bukan asli Malang tetapi berdomisili 
di Malang dalam beberapa tahun terakhir ini , ternyata
 belum kenal rujak cingur .
 maka saya merasa " berkewajiban " meng"aremakannya" 
dengan mentraktirnya rujak cingur . tentu diawal tidak 
saya kisahkan bahwa Cingur itu adalah bagian tertentu 
dari sapi yang mungkin tidak setiap orang siap menerimanya hehehe ..
 saya perlihatkan kepadanya proses pembuatannya 
dengan membawanya kedekat cowek atau cobek si penjual
 dan teman tersebut menjadi nggehh setelah melihatnya sendiri . 
dia memuji rasa bumbunya yang konon sedep tersebab
 petis yang dia bilang seperti " dodol hitam " ,
dan cingurnya yang empuk . yo wes , nanti saja saya 
akan beritahukan kepadanya tentang cingur ini hehehe ..
di Malang ada beberapa warung rujak cingur terkenal
bahkan legendaris . seperti Rujak Sawo atau yang di
 Jalan Melati atau di Klenteng dll . 
kali ini saya ajak pembaca ke Jalan Bukirsari didaerah 
Candi Candi itu . sebagai pasangan khasnya adalah 
kolak pisang yang sangat pas dengan rujak atau 
kadang juga ada es dawet .
 tetapi disitu saya menemukan minuman lain yang tidak kalah
 segarnya yaitu Jus Kedondong ! warung ini selain padat
 pengunjungnya juga ditenda depan warung saya lihat disesaki 
oleh mas mas dari Go Food . 
maka jangan heran kalau si ibu penjualnya menderetkan
 persiapan bungkusan2 rujaknya hingga
 sepanjang mejanya untuk mempercepat layanan .
 enak manakah rujak cingur ini langsung dinikmati di warungnya
 atau lewat GoFood , itu memang pilihan ... 
dengan harga per porsi 15 ribu dan 6 ribu untuk kolaknya ,
 kita akan sudah menikmati djadjanan djadoel
 yang yummyyy ..... oya ada catatan kecil bahwa 
disini juga menawarkan Gado Gado , Lontong Sayur ,
 Rujak Manis dan Sup Ayam .
naa , selamat ber cingur ria ! 
( Writing & Photos by : Titiek Hariati , April 2018 )
01 . " meja kerja " ibu Anik
02 . secowek bisa untuk 6 bungkus
03 . antrian bungkusan
04 .  ada juga Rujak Manis , dll 
05 . atmosfer







 

Tidak ada komentar: