Sabtu, 08 Februari 2014





 .. " From Kuala Lumpur With Love " ..
( 03 / 12 )

03. Unik, Lucu , Aneh atau Justru Asli ?

pada bagian I tulisan ini, sudah di sebutkan bahwa ketertarikan utama saya pada hal hal unik di KL antara lain perbedaan cara mengungkapkan sesuatu baik secara lisan maupun tulisan yang meskipun berakar dari bahasa Melayu yang sama,
namun di Malaysia perkembangan bahasanya berbeda dengan kita.




 justru merekalah yang sepertinya Asli, karena kalau kita baca kalimat kalimat baik di media cetak, tv, iklan iklan dijalan dll saya seolah diingatkan kepada akar katanya meski untuk kita terdengar atau terbacanya aneh, ganjil dan sulit dipahami. 

saya awam soal bahasa ini, maka langsung saja saya bagikan foto foto ini untuk supaya pembaca blog ini bisa menikmati kalimat kalimat yang luar biasa ini. andaipun saya tak mampu menterjemahkannya dengan benar, mohon di maklumi.





sebelumnya, saya juga ingin sedikit berbagi pengalaman lucu berkaitan dengan bahasa ini. satu saat disebuah mall, seorang pramuria menghampiri dan menyapa ramah , mungkin dikira saya orang lokal :




" siang makcik, sila, ini percuma ... " ( sambil menyodorkan sampel produk kosmetik dalam kemasan seperti shampo yang 1000 an ditanah air, sejumlah 3 buah )
" tak ape, percuma ... "

saya masih bingung, wong percuma kok ditawarkan, apakah produk itu kadaluwarsa sehingga percuma saja di bagi2 kan tak akan ada yang mau?
maka saya menolak halus. ybs rupanya tipe tak mudah menyerah dan saya diberi 3 lagi, seraya : " ok makcik, ini spesial buat makcik, percuma, dont worry .. "

seorang pengunjung mall yang maklum dengan situasi, membantu menjelaskan pada saya bahwa " percuma itu sama dengan gratis " oalaaaaa ..... hehehe ...



naa .. semoga foto foto yang saya jepretkan disini cukup memberi gambaran sedikit betapa bahasa itu sangat menarik untuk di cermati terutama ketika kita tahu bahwa akar bahasa kita sama namun laut dan samodra yang memisahkan bangsa serumpun ini membawa bahasa keduanya berkembang sedemikian berbeda, inilah kekayaan bahasa ! ( th )

 ( photos by : th, kuala lumpur, november 2013 )

01. informasi dibadan sebuah bis antar kota
02. akademi persolekan
03. menerajui
04. elak kesesakan
05. kerusi
06. arahan kementerian kesihatan
07. adik beradik
08. penatu
09. negeri bandar teknologi hijau
10. kerajaan persekutuan




Tidak ada komentar: