Rabu, 06 Oktober 2021


 
 .. " Pondok Kakek Tanpa Nenek " ..
( Nongkojajar 01 )
Nongkojajar adalah alternatif tujuan wisata jika
 arah Batu sudah tidak tertolong padatnya .
 daerah ini dapat dicapai dari kota Malang kearah 
Purwodadi ( Kebun Raya ) itu dan ada
 belokan kekanan arah Nongkojajar .
  jalan rayanya yang mulus dan lebar adalah salah
 satu daya tariknya disamping pemandangannya
 yang masih belum banyak dijamah tempat tempat cangkruk .  
 jaman saya kecil dulu
 ( ini pasti ada yang protes hehehe .. ) Nongkojajar 
dikenal sebagai penghasil susu yang utama
 di Malang Raya disamping sayuran dll karena
 alamnya yang sejuk segar , ber lembah2 dan
 ber gunung2 .
 yang mau ke Bromo juga bisa mengambil rute ini
 nanti akan bertemu dengan arah ke Pananjakan .
 beberapa tempat cangkruk dengan pemandangan 
hutan pinus dapat ditemukan sepanjang jalan
 menuju pusat kota / desa ( ? ) Nongkojajar dan
 jumlahnya masih sedikit sehingga kita masih
 leluasa melalap panorama yang ada . 
bandingkan dengan Batu hingga Cangar misalnya , 
yang sudah begitu padat dengan
 warung , cafe , hotel dll sehingga panoramanya
 sudah banyak tertutup bangunan2 .
 sepanjang kunjungan saya ke Nongkojajar dalam
 dua tahun terakhir ini , ternyata hanya ada 2-3 
tempat cangkruk tambahan yang ini melegakan
 karena artinya  alam Nongkojajar masih 90% terjaga .
surprise bahwa disaat pandemi ini ternyata 
geliat untuk membuat tempat cangkruk
 yang baru ternyata tetap ada . 
 saya menemukan sebuah spot baru yang 
bangunannya didominasi 90% bambu . 
sayapun tidak men sia2kan nya 
untuk menengok .
" Pondok Kakek " ini terletak
 di Jl . Raya Nongkojajar KM 8 yang masuk dalam
 kecamatan Purwodadi . komplek bangunan bambu
 di Pondok Kakek ini didesain dengan manis ,
 sehingga kemanapaun mata diarahkan kita akan 
temukan spot spot cangkruk yang nyaman untuk
 duduk sambil menikmati kopi dan camilan .
 sebelum memutuskan untuk duduk ,
 saya berkeliling dan sayang sejuta sayang siang itu 
nampaknya pengunjung lumayan ramai
 karena pandemi dinyatakan agak melandai . 
saya tidak serta merta " mempercayai " informasi ini ,
 bagi saya melandai tidak sama dengan Sudah Aman .
 maka saya putuskan hanya untuk berkeliling
 dan mengambil jepretan2 untuk blog ini
 dan di Mushola nya yang juga terbuat dari
 bambu yang manis saya sempatkan untuk sholat .
 diakhir jeprat jepret ,
 saya kembali ke kasir untuk mengembalikan
 menucard dan nomor meja saya yang
 disambut kasirnya dengan 
" meja 16 keluar " hehehe .. 
( iya mbak , maaf ya .. saya tidak ingin mengkombinasikan 
 kenyamanan cangkruk dengan virus hehehe .. 
kalau saja tadi tidak seramai sekarang ,
 saya pasti masih mau cangkruk ) .
  satu saat saya akan mencoba
 Pondok Kakek lagi ,
 tapi akan saya usahakan datang terawal 
supaya tidak " ngruwel " hehehe ..
( Writing & Photos :Titiek Hariati ,
 posted on 07.10.21 ) 
keterangan foto :
01 . gerbang masuk yang manis
02 .  salah satu gubug disitu
03 . setapak ke arah Mushola
04 . suka duduk dialam terbuka ?
05 . lesehan juga ada
06 . jangan lupa untuk sholat ..
07 . gambar yang dibawah ini saya ambil
 dari google :


 
 

Tidak ada komentar: