Rabu, 20 Oktober 2021

 
 
.. " Jakarta 88 " , No Price List  ? ..
beberapa kali " kejebak harga " didaerah
 jajanan Malioboro , maka saya memang lebih suka 
kalau tempat cangkruk itu secara fair 
mencantumkan harganya didaftar menu .
 alasan kedua , saya tidak berpenghasilan dari
 Youtube , Tiktok dll yang sedang in , 
sehingga saya tidak bisa sembrono untuk masalah
 cangkruk meskipun saya suka .
 naa .. satu siang sekitar seminggu yl ,
saya lewat di Jalan Rajekwesi  Malang , 
dan melihat warung yang tergolong jadul karena
 sudah cukup lama eksis di jagad kuliner Malang Raya . 
 warungnya juga tidak butuh di poles poles , 
sebuah rumah bergaya kolonial kalaupun disebut
 bekas rumah rumah jaman Belanda tentu 
juga tak salah .
  berjuluk " Jakarta 88 " tentu saja punya 
ke khas an sendiri sebab yang menjadi ikonnya 
adalah Ketoprak sebagai salah satu makanan 
khas Betawi ( kalau ketoprak di jawa timur 
lain lagi karena tontonan ketoprak ini semakin 
langka dan menghilang perlahan
 padahal saya suka nontonnya ! ) . 
anehnya saya ke warung ini  malah tidak memesan
 ketoprak tetapi ingin menjajal yang diluar ketoprak .
 " boleh lihat price list mbak ? " ,
 saya bertanya langsung kepada owner nya yang
 ramah dan cantik . 
" maaf , belum saya buat tetapi percayalah 
kami tidak mempermainkan harga kok .. " .
 pesanan saya jatuh pada 
Asem Asem Bandeng Cabut Duri dan 
Tongseng Kambing dan segelas jeruk panas ! 
 lho lho lho .. kok tidak pesan yang menjadi ikonnya ?
 naa .. ini yang namanya Lapar Mata , 
karena tiba tiba melihat dua menu yang 
 sudah cukup lama saya  ( sejak pendemi ini ) 
tidak menemu . 
saya berani makan ditempat karena siang itu
 yang ramai sebetulnya adalah 
mas mas Gofood dan hanya beberapa pengunjung
yang makan ditempat . 
skala 0 - 10 , untuk Rasa , Atmosfer dan Layanan
 saya iklaskan 6 . tentang harga ? no comment ,
 yang jelas untuk ke tiganya saya 
membayar 105 ribu . 
sekitar 8 tahun warung ini konon sudah berdiri ,
 saya pikir sudah saatnya memiliki selembar
 price list yang itu penting agar pengunjung
 sekaligus dapat mempertimbangkan mana mana
 yang diprioritaskan .. 
( saya tahu bahwa para Selebgram atau SelebTok
 dan seleb2 lain atau bahkan 
anak anak kos jaman now pasti tertawa 
dengan angka 105 ini ,
 tetapi  ini sesungguhnya lebih pada 
masalah fairness )
 saya kewarung " Jakarta 88 " ini sekitar seminggu
 yang lalu yang semoga saja saat ini
 sudah memiliki price list !
 naa .. buat pecinta ketoprak atau soto betawi dll yang
 berbau bau Betawi , silahkan mencoba warung jadul
 ini . dan yang ingin men cek harga menu menunya
 bolehlah membuka lewat aplikasi 
pemesanan makanan online meskipun mungkin saja
 untuk dimakan ditempat lebih murah ?
 saya tidak tahu, dan darimana saya bisa tahu " wong "
  tidak tersedia pricelist diwarungnya hehe ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 21 .10 .21 )
keterangan foto :
01 . tanpa harga ..
02 . atmosfer
03 . asem asem bandeng cabut duri
04 . tongseng kambing
 

Tidak ada komentar: