Sabtu, 23 Oktober 2021

 
 
 
 
   .. " Sebuah Siang Di Ijen 6 " ..
kemarin pagi telpon saya berdering disusul WA
 " mbak kami di Malang ..." ..
sudah pasti saya ikhlas menunda semua 
rencana pagi saya dan jam 10 pagi tepat saya sudah
 ber reuni kecil di Ijen 6 .
 sudah pasti kangen meski cuma Jakarta Malang , 
dan dua tahun tidak bertemu rasanya keterlaluan
 kalau dilewatkan tersebab alasan sibuk . 
sudah bisa diduga ceritanya karena dua tahun
 masing masing menyimpan seribu kisah yang
 tidak semuanya pernah terbagi di WA .
 dengan tetap prokes meski dalam rumah , 
kami juga berbagi kisah tentang anak anak mereka , 
yang membuat saya kaget karena gede 
dan gemuknya mereka dibanding
 dua tahun silam hehehe .. 
sekolah daring memang bikin gendut ya ,
 maklum sambil nyamil nyamil hehehe .. 
satu kuliah di Binus sementara adik2nya di 
Cambridge , Jkt .
  oalaa ...  jaman memang sudah berubah ,
 sekarang kecil2 sudah casciscus , 
lha saya dulu sudah SMA masih umyeg dengan 
grammarnya yang rasanya ngga paham paham ..
 juga kepiawaian bocah2 dengan computer , 
sekali lagi saya jadi ingat seusia mereka dulu saya
 menganggap telepon rumah dan telegram itu sudah
 super canggih hehehe ..
 lalu ada obrolan kecil tentang bagaimana terbukanya
 anak anak jaman now tentang segala hal yang
 kadang bikin ortu mengelus dada surprise 
dan campur kaget .. 
maka saya yang berlagak seolah orang bijak ini 
hanya bisa berkomentar :
" sudah jamannya , kita sebagai ortu justru yang
 harus lebih siap dengan bermacam
 perubahan termasuk
 berubahnya cara pikir dan pandang
 anak anak jaman now " 
( mungkin saja saya hanya pinter menasehati yang 
belum tentu saya pakai sendiri karena saya 
belum sekaget mereka tentang keterbukaan 
anak anak mereka yang notabene usianya 
masih belasan tahun ) . 
 ngobrol ngalor ngidul kami akhiri dengan makan siang
 bersama di Jalan Merapi atau Jalan Cerme 
atau Jalan Buring di Toko Kue Sara .
 meja kami beragam isinya , 
mulai Es Dawet , Jus Apukat , Es Campur dan 
Mie Godog , Nasi Goreng kampung , 
Ayam Kampung Bakar dll yang konon
 " mumpung di Malang " kata mereka . 
tentu obrolan masih berlanjut di meja makan meski
 berganti topikanatara lain  kearah kuliner Malang
  plus rencana saya bersafari dengan gerobag
awal Nopember yad ke Betawi . 
tentu bukan sembarang safari selain saya juga 
mencari bahan untuk blog ini . 
mengapa saya tulis reuni kecil yang buat orang lain
 tidak ada yang menarik ini ? mungkin saja sebagian
 dari " isinya " mewakili kita , 
mewakili rasa dan pengalaman , 
mewakili pencarian inspirasi dsb karena 
sesungguhnya manusia membutuhkan 
cermin cermin dari pengalaman orang lain .
  saya dan mereka ini ( yang adalah 
keponakan keponakan saya ) , sesungguhnya kami
 berbeda generasi . tetapi jika perbedaan generasi justru 
menumbuhkan inspirasi dari pertukaran pengalaman ,
 maka sayapun jujur mengatakan bahwa
 " saya juga  butuh pengalaman mereka sebagai 
pembanding baik dalam kaitan pola asuh 
terhadap anak anak maupun cara pandang 
anak anak terhadap ortunya .
 disisi lain , anak2 saya tumbuh dan besar
50 : 50 yaitu jaman sebelum dan sesudah ada internet
 sehingga masih ada nilai transisi didalamnya .
 manakah yang lebih baik sebelum dan sesudah 
internet atau transisi ? 
tidak ada yang lebih dan kurang . saya pikir , itu semua
 tergantung saja pada nilai apa yang ditanamkan 
pada anak anak agar menghadapi
 perobahan perobahan tuntutan jaman mereka
 selalu siap dan tidak pernah kehilangan fondasi nilai .
plus minus jaman akan selalu ada dan datang , 
siapa tahu sekian dekade lagi internet sudah
 menjadi bahan lelucon karena akan ada jaman lain
 yang belum terbayangkan saat ini dimana
 hubungan ortu dan anak mungkin sudah tak lagi
 seperti sekarang .
 reuni reuni kecil dan pertukaran pengalaman
 sudah akan berubah bentuknya dimana 
hubungan antar manusia
akan telah  digantikan oleh robot robot ..
maka  jangan pernah mengatakan :
" tidak mungkin " ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Malang 22. 10.21 ) 

Tidak ada komentar: