Sabtu, 16 Oktober 2021

 
 
 
 
 
  .. " Suka Tongseng ? Ke Mundu lah ! " ..
bermula dari kerinduan pada tongseng kambing 
maka  setelah buka buka internet ,
 malah ketemunya  dengan tongseng sapi ! 
kambing dan sapi tentu saja pada umumnya orang 
( terutama saya )
 lebih milih kambing dari segi rasa .
  tetapi karena saya termasuk yang belum pernah
 mencicipi tongseng sapi maka saya perlukan
 menengok ke Warung Mundu yang 
berlokasi di Jalan Mundu , Malang 
( dari Kawi Atas sebelum Dieng ada belokan kekiri ) . 
bayangan tentang sebuah warung yang nyaman 
segera buyar karena ternyata ini jauh 
lebih sederhana dari itu . 
diawaki oleh sekitar 5 milenial , warung ini ternyata
 tidak pernah sepi meskipun harus duduk agak berjejal .
 tentu saja saya memilih mbungkus
 sebab saya tidak mau pulang dengan 
tongseng corona hehehe .. 
tertera di daftar menunya ada Tongseng Sapi , 
Sate Sapi , Tengkleng , Nasgor , Sate Paru , Sate Usus ,
 bahkan ada juga Tongseng Ayam , Sate Ayam ,
 Sate Ati Ampela dan wedhang uwuh , es beras kencur dll
 sebagai minumannya .
 berhubung belum pernah kesitu saya hanya memesan
 Tongseng Sapi , Sate Ati Ampela dan Sate Sapi .
 kok banyak ?
  tidak juga sebab sebelumnya saya sempat 
mengintip ke meja sebelah , saya lihat kok porsinya
 " biasa biasa saja " bahkan untuk ukuran wanita . 
dugaan tak meleset , setelah dirumah ,
 saya lihat ke 3 menu pesanan saya itu cukup 
untuk makan siang dan malam 
( bahkan kalau pria mungkin cukup untuk 
sekali makan saja hehehe .. ) .
 lha yang unik apanya ya ? pertama karena ini 
sate sapi dan tongseng sapi ( alasan si penjual 
menjawab pertanyaan saya kok ngga kambing to mas ? 
dijawab " kambing harus beli seekor bu ,
 jadi ya sapi saja .. " . 
oalaa.. iya sih beli kambing separuh ekor juga 
ngga bisa ya mas hihihi .. ) . 
yang kedua yaitu awak kapal e ..  awak warung ini 
semuanya milenial yang biasanya lebih suka 
kerja di cafe cafe . naa .. pelestarian dan ketertarikan
 mereka pada kuliner tradisionil seperti ini patut
 diacungi jempol ( kaki ? ya enggaklah .. ) . 
 harga termahal disitu adalah 35 ribu untuk Tengkleng , 
lainnya dibawah itu . dan melihat antrian pembelinya
serta  mobil2 luar Malang , 
saya merasa " tertinggal " sebagai Arema
 kok malah keduluan hehehe .. 
ya sudah yang penasaran segera saja ke 
Jalan Mundu yaa ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
diposting pada 16 .10 .21 )
keterangan foto :
01 . mendapat baunya tongseng saja sudah seneng 
02 . jaman serba setan ?
03 . sate gajah yang untung bukan daging gajah 
04 . ayam ayaman juga ada
05 .  masih harga anak kos ..

Tidak ada komentar: