Rabu, 06 Oktober 2021

 
 
.. " Ken Dedes Yang Terlupakan " ..
 
pemandian atau kolam renang yang satu ini
 nyaris melegenda saking sudah jadulnya .
 terletak di Singosari , sekitar 10 km dari kota Malang ,
 merupakan tempat wisata yang mulai terlupakan
 dan tergerus tempat2 wisata baru yang 
lebih modern dan canggih . 
 Singosari memang terkenal dengan
 petilasan2 dari bekas kerajaan Singosari
 dimana salah satu tokoh populernya adalah Ken Arok.
  konon Ken Arok sampai nekad membunuh
 Tunggul Ametung yang adalah bossnya 
  karena Ken Arok terlanjur kepincut istri sang boss ,
 Ken Dedes  yang memang kuning langsat 
dengan pusar dan betis yang konon bercahaya itu .
 lho lho lho ..
 saya tak hendak berkisah Ken Angrok atau Arok
 yang hidupnya penuh tragedi , 
tetapi disatu siang saya tiba tiba saja ingin
 ke pemandian Ken Dedes di Singosari . 
sekian lama tidak kesana rasanya tempat ini masih 
" begitu2 saja " kecuali beberapa renovasi kecil
 disana sini . padahal hutan bambu 
dilatar belakangnya yang berlembah lembah
 serta kolam renangnya yang luas plus kolam
 ikannya dapat menjadi daya tarik 
andai saja tertata lebih apik dan modern 
mengapa harus modern ? 
 apa boleh buat kalau lembah2 itu mau 
mengesankan alami tetap saja harus diperhatikan
 unsur2 kebersihan , desain jalan setapak yang
 menarik serta warung warung yang tertata
 rapih dan higinis .
 dibeberapa bagian tampak dibiarkan terlantar
 dan saya naik hingga keatas hutan bambu ,
 tampak bahwa perawatan disini zero . 
kolam renang yang airnya sebetulnya cukup jernih
 karena langsung dari sumber yang mengalir deras , 
tampak kotor karena dedaunan dll dari pohon2
 disekitarnya tidak disaring atau 
diangkat dari kolam .
siang itu saya hanya melihat sekitar 4 pengunjung
 termasuk saya . kecantikan Ken Dedes 
rasanya harus dikembalikan dan dikembangkan
 agar " betisnya dan pusarnya " 
kembali bercahaya .... 
( Titiek Hariati , Malang , 06 . 10 .21 )
foto2 95% jepretan saya .

Tidak ada komentar: