Rabu, 06 Oktober 2021

 
 
 
 
 .. " Nasi Kuning Ndalem Ratu  " ..
berlokasi di Jl . Kertanegara Barat I/ 9 Singosari ,
 Malang , ada dua buah bangunan yang mencolok
 karena menarik ingatan pada
 abad abad silam jaman kerajaan Singosari . 
yang disebelah kiri jalan  adalah model 
joglo Jawa yang khas ,
 yang berdiri disitu seolah merupakan
 sebuah penggalan Abad Lampau Jawa .
 
 
 persis diseberangnya , 
juga ada bangunan tradisonil Jawa yang 
" satu manajemen " dengan yang pertama diatas . 
keduanya dibawah bendera " Ndalem Ratu " atau 
terjemahan bebasnya kira kira adalah
 Kediaman ( dari Sang ) Permaisuri .
 saya masuk dibangunan yang kedua karena 
bangunan yang dikiri jalan tampak masih tertutup 
dengan pembatas rantai siang itu .
 
 
  bangunan kedua ternyata adalah Warung Khas Jawa
 yang menyajikan menu menu Jawa djadoel . 
tetapi yang pertama tama menarik saya adalah
 tampilan warungnya yang ditata sedemikian
 tradisonil sehingga saya merasa seolah
 berada di rumah rumah Jawa Abad Lampau .
 hiasan meja dan interiornya yang khas membawa
 kenangan pada rumah buyut buyut saya didesa .
 ada kelapa cengkir , gula aren , madumongso ,
 rempah rempah , mainan dakon , batik batik tulis , 
tombak , keris , meubel meubel kuno dll
 semuanya menyatu membentuk imajinasi pada
 Jawa Tempo Doeloe . 
 
 ini masih diperkuat oleh tampilan para pramusajinya
 yang juga berkostum khas tradisionil Jawa 
sehingga terasa tidak ada lompatan abad .
 saya memesan Nasi Kuning Ndalem  Ratu sebagai
 salah satu khas nya dan wedhang rempah .
 ternyata saya malah dipersilahkan dan diantar
 menyeberang jalan kearah bangunan Joglo
 yang pertama tadi yang itu ternyata adalah galeri .
 saat ini memang belum dibuka dan 
benda benda galerinya juga belum ditempat 
terkait pandemi .
 
 
 berkeliling galeri ini saya mendapat kesan bahwa
 ownernya adalah seorang pemerhati budaya yang kental . 
ada seperangkat gamelan disana . 
dinding2 disebelah depannya, adalah perpaduan
 antara batubata modern dan purba yang diambil 
dari beberapa petilasan candi .
 tentu saya berharap bahwa galeri ini akan segera 
dibuka untuk menambah wawasan seni dan budaya
 anak2 jaman now yang sudah terlanjur 
lebih suka ke mall mall daripada ke museum2 .
 
 
 juga warung2 bernuansa seperti Ndalem Ratu , 
perlu lebih banyak digalakkan karena
 ada tambahan pengetahuan tentang 
akar budaya bangsa disamping sekedar tempat
 makan minum disitu .
 
 
 
 saya sangat menikmati atmosfernya ,
hingga rasanya enggan segera pulang karena 
alunan musik Uyon Uyon ( musik khas tradisionil Jawa )
 yang diperdengarkan lamat lamat 
membuat ayem dan .. mengantuk hehehe .. 
( ini harus disyukuri daripada ke cafe cafe
 yang musiknya bising malah bikin
 kemrungsung tidak ayem .. ! ) .
 
 Ndalem Ratu sudah memikat hati saya untuk kembali
 dan kembali lagi lain kali ..
( Titiek Hariati ,  diposting pada 06 . 10 .21 )
foto foto 95% saya jepret sendiri  
 
 keterangan foto :
01. galeri Ndalem Ratu
02 . gerbang warung Ndalem Ratu
03 . daftar menu
04 . galeri nampak depan
05 . warung nampak depan
06 . ala Djawa Djadoel
07 . batik batik tulis 
08 . pramusaji berkostum khas Jawa
09 . kostum yang nJawani
10 . patung ( 01 )
11 . patung ( 02 )
12 . gamelan Jawa di galeri 
13 . waluh , kelapa dll
14 . nasi kuning khas Ndalem Ratu
15 . papan daftar wedhang2
16 . pepohonan yang teduh
17 . teras luar warung
18 . interior
 
 
 

 



Tidak ada komentar: