Senin, 12 April 2021

 

 .. " Soto ( Wayang ) Cak Son " ..

soto ya soto , seperti biasa dan dimana mana ya
" begitulah soto " meskipun ada bermacam soto
 misal soto banjar , soto madura , soto surabaya dll .
 siang ini tadi mungkin adalah 
makan siang terakhir sebelum memasuki Ramadhan 
karena saya menemukan sebuah kedai soto mungil
 di daerah Tidar dan persis jam menunjuk 13.05
 saat perut ber jazz ria .
 tengok punya tengok , saya hitung hanya ada 3 orang
 didalamnya dan saya perhatikan si penjual memakai
 masker plus sarung  tangan plastik
 saat meramu soto di mangkuknya .
 juga ada wastafel disebelah luar warungnya plus
 sabun cairnya bahkan ada segulung tissue .
 okay pikir saya cukup aman dan 
dengan " 1/2 ragu2 " saya bertanya 
apakah masih buka ? " silahkan duduk bu ,
 nanti kami kemeja ibu " . 
 kedainya tak luas , ukuran standar ruko .
 begitu saya masuk , terdengar suara pesinden
 diiringi gamelan dalam tembang tembang Jawa
 yang khas . di dindingnya juga banyak
 ornamen wayang plus wayang2 kulit dalam
 berbagai figur mulai para punakawan 
hingga " ndoro2nya " lengkap ! 
 tentu saja saya surprise sebab biasanya warung2
 seperti ini diberi lagu2 pop yang lagi in atau 
bahkan ndangdut hehehe .. 
sementara pesanan soto saya disiapkan, saya
 jeprat jepret didekat saya duduk .. barangkali se 
Malang Raya warung ini bisa jadi satu2nya yang
 memutarkan tembang tembang Jawa 
dalam suasana " wayangan " karena dekornya 
yang dipenuhi tokoh2 pewayangan ..
maka makan siang saya serasa di Yogya atau Solo
 yang memang menjadi pusatnya budaya Jawa
 melalui alunan gamelan dan pesindennya .
rasa sotonya ya standar2 saja seperti " wajarnya soto " ,
mungkin yang membuat saya merasa berbeda 
adalah atmosfer nya lewat gending2 Jawa yang
 mengalun adem ayem ini .. 
 sebuah pengantar suasana bathin memasuki
bulan suci Ramadhan ? mungkin..
( Writing & Photos : Titiek Hariati, 12.04.21 )
keterangan foto : 
01 . tokoh2 pewayangan
02 .kasir ala panggung wayang wong
03 . soto ya soto ..
04 .  bermasker , bersarung tangan dan 
kasir terpisah 
05 . murah meriah
06 . cak ( wayang ) son hehehe ..


Tidak ada komentar: