Jumat, 09 April 2021




 
.. " Numani Yang Tidak Numani " .. 
ada puluhan kedai bakso di Malang Raya
 bahkan mungkin saja seratus lebih ,
 belum lagi yang berkeliling .
 maka ketika saya melewati sebuah 
kedai bakso baru di daerah Karang Ploso , Malang , saya nyaris tidak tertarik
 untuk melihat atau menjajalnya 
karena di Malang Raya kedai bakso 
yang baru itupun " hal yang biasa " .
 tetapi ketika saya melihat sebuah
 pondok pesantren diseberangnya
 dan saya melihat beberapa pengunjungnya
 yang mengenakan sarung ,
 saya menduga kedai ini mungkin
 milik ponpes tersebut dan 
saya penasaran ingin melihatnya
 lebih jauh . dan sungguh tak ada yang terlalu istimewa kecuali bahwa ada hadirnya 
seseorang yang mirip ustazd masuk 
kedalam kedai dan sontak segenap pengunjungnya meminta berfoto bersama
 " sang tokoh " yang datang dari 
arah ponpes diseberang jalan itu .
ya sudah , sekalipun saya tidak sempat 
mengorek keterangan dari pramusajinya ,
 saya hanya ingin mengamati
 atmosfer dan menjajal sedikit baksonya . 
kalau memang kedai ini ternyata
 berhubungan dengan ponpes ,
 maka sebuah tempat mengasah ketrampilan berwirausaha bagi para penghuni ponpes agaknya boleh dicatat sebagai langkah positif . 
 btw , Numani itu kalau dalam bahasa 
Jawa punya arti " bikin ketagihan " , 
meski sayangnya saya tidak menemukan
 rasa itu setelah menjajal bakso 
dan atmosfernya . 
sungguh bakso memang masalah selera , 
jadi tidak perlu dipermasalahkan ..
 justru yang " Numani "menurut saya adalah untuk membaca lagi tulisan menarik digelas minumannya  yaitu : 
" Diluar sana masih banyak orang yang lebih dari kamu : 
Lebih :
01 . Jelek .
02 . Gemuk / Kurus
03 . Miskin
04 . Galau
05 . Susah
06 . Disukai Abang Debt Collector
07 . Bermasalah
08 . Lapar / Haus
09 . Jomblo
Always be grateful " ... 
Sebuah pesan indah yang saya 
akan selalu rindukan .
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 09 . 04 . 21 )
keterangan foto : 
01 . pesan digelas yang luar biasa .. !
02 . rumah biru Numani
03 . bakso ala Numani
04 . bakso bakar ala Numani
05 . gelas Numani
06 . kursi biru
07 . teras belakang
08 . daftar menu

Tidak ada komentar: