Minggu, 11 April 2021

 
 
 
 
  .. " Mbok Djayus di Candi Sewu " ..
sebetulnya sudah cukup lama
 warung ini ada bahkan saya nyaris 
tidak pernah memperhatikannya
 karena selalu
 tampak ramai dan berada dihalaman 
sebuah ruko sehingga hampir tak ada beda dengan puluhan warung2 sejenis .
 satu siang saya melewatinya lagi kearah
 sebuah toko yang saya tuju .
 ternyata toko tersebut tutup . 
 saat kearah pulang , saya melihat ada
 dua mobil bernomor luar Malang semua , 
satu AB yang lain S .
 sangat jarang dua2nya dimiliki oleh
 orang2 yang memang tinggalnya
 di Malang , beda dengan nopol L atau B . 
 maka sayapun penasaran mengapa
 orang2 " luar planet " ini mencari
 Mbok Djayus ? tepatnya :
 Sambel Bawang Mbok Djayus !
 sayapun seperti tersihir ikut masuk
 dan tak lama ditanya 
" mau lombok berapa ? " 
.. krek .. krek .. krek .. krek .. krek ..
 kurang dari dua menit sambel saya sudah
selesai diuleg dan tinggal mencari
 temannya sambel yaitu bothok , tempe , 
tahu atau ( termewah disitu ) 
ayam goreng dan babat .. ! 
dengan membawa cobek sambel dan
 piring isi nasi , bothok , tempe dan ayam , 
saya untuk pertama kali mencicipi
ajaibnya Sambel  Bawang Mbok Djayus !
 hanya sekitar 9 orang bersama saya
 siang itu , dan disaat pendemi ini saya
 tidak ingin beresiko dengan kerumunan 
dan saya memakai sendiri meja besar
 disudut warung sederhana ini .
 rasa penasaran sudah terjawab dan
 saya harus akui bahwa yang tampak 
sederhana terkadang menyimpan 
" sihirnya " yang luar biasa ! 
Mbok Djayus , 
I love your sambel bawang hehe ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 11.04.21 )
keterangan foto :
01 . sambel bawang cs , ngangeni ..
02 . simpel , nempel ruko
03 . krek .. krek .. krek .. krek ..
04 . atmosfer
05 . lauk pauk temen sambel



Tidak ada komentar: