Jumat, 09 Februari 2018








.. " Catatan Kecil 2017 / 18 " ..
 sesuai janji saya untuk menulis tentang pergantian tahun yl , maka
saya akan coba mengumpulkan yang tercecer dari ingatan . 
bermula dari jeprat jepret dikebun teh Lawang , Malang , 
saya tiba tiba saja berkeputusan untuk menunggu 
pergantian 2017 ke 2018 ditempat yang sama . 
alasannya sederhana .
 yang sudah sudah , niatan " mengungsi " dari kemacetan
 Malang di malam tahun baru , saya meluncur ke
 pantai pantai selatan . ee ... ternyata disana malah bising
 nggak ketulungan sebab pantai pantai sudah dipadati rombongan
 truk truk membawa sound - equipment untuk
 pesta ndangdutan semalam suntuk , ampunnn ...
 untuk kembali sudah tidak bisa karena
 jalanan macet cet ! lalu tahun berikutnya berganti lokasi
 ke pegunungan antara lain Bromo .
 weleh2 .. sama saja , bukan main padat dan macet serta bisingnya .
 tahun tahun yang lain , hanya muter2 di sekitar Batu ,
 juga membingungkan sebab tidak ada tempat kosong meski
 yang nylempit2 , oalaaa ... 
 mengapa tidak dirumah saja nonton TV atau tidur ? 
suasana dijalan raya dekat rumah juga lumayan ramai dan
 dibelakang rumah petasan dar der dor .. 
mestinya lebih pas ketengah hutan di Borneo hahaha .. , 
dan pasti ada yang mau usul 
" yo nang Sahara opo kutub ae mbak ! " ...
 mungkin itu usul yang bagus !
naa , karena sudah mantap 31 Desember sampai 1 Januari mau
 blusukan dikebun teh , saya berangkat 31 Desember 2017 pagi .
 saya mendapat jaminan bahwa didekat saya menginap , 
De Rollaas , tidak akan ada aktivitas apa apa alias sepi2 saja . 
konon sedikit musik dan petasan yang singkat hanya ada
 dibagian bawah yang berjarak cukup jauh ,
 yaitu di area sekitar Tea House disitu . 
makan siang dan malam ditengah kebun teh memang punya
 sensasi tersendiri , sementara itu  dari balkon kamar saya yang
 terlihat hanya hijau dan hijau , cantik !
 tapi ternyata , menjelang jam 00 .00 saya penasaran ingin 
menikmati udara terbuka dan berjalan ditengah 
gelap nya malam kebun teh , 
menuju arah Tea House disebelah bawah . 
terlihat hanya ada sekitar 20an orang disana , 
sayapun duduk sambil menikmati teh panas menunggu 00 . 00 .
 memang benar tidak ada aktivitas apapun selain 
tamu tamu yang berjalan jalan kesana sini , 
good pikir saya .
 tiba tiba ... pettttt !! lampu padam dan suasana gelap pekat .
 suara sirene membelah kegelapan dan disusul petasan 
sekitar 10 menit saja ... saya surprise ! 
 setelah itu , lampu kembali menyala .maka
ya sudah , setidaknya tidak ada suara musik yang membuat 
gendang telinga berdarah hehehe ... sayapun berjalan
 lagi menuju ke De Rollaas di lantai dua dan 
menikmati TV hingga pulas ! 
dibanding kebisingan2 tahun baru yang sudah2 ,
 maka saya pikir yang kali ini adalah yang " teraman " .. 
esoknya , 1 Januari 2018 , seharian saya berpetualangan kecil 
kearah puncak kebun teh dengan menyewa kendaraan khusus
 bersama sebuah keluarga lain dari Surabaya . 
 ditengah kebun ini dibangun sebuah jembatan mini untuk
para pengunjung yang ingin jeprat jepret .
jalan menuju puncak kebun teh ini memang sengaja 
tidak diperhalus , 
agar mobil2 pribadi tidak masuk kebun teh yang bisa
 mengganggu udara bersih disitu . 
jadi siap siap saja untuk pantat yang sakit atau 
kepala yang ke bentur2 atap kendaraan hehehe .. 
belum lagi kemiringannya yang nyaris membuat kendaraan
 milik perkebunan ini terbalik , tapi itulah adrenalin ! 
naa ... " rahasia " pergantian tahun sudah saya buka , 
silahkan yang penasaran untuk napak tilas hehehe ...
oya sepaket dengan menginapnya , juga diberikan 
guidance ke pabrik teh dan kebun teh untuk mengenal jenis2 teh ,
 pembuatan teh , kemasannya dll on the spot . 
sebuah wisata edukasi yang menarik .
tapi tolong jangan tanyakan pada saya apa Resolusi 2018 
saya , sebab saya tidak pandai berandai andai .
maka saya jalani saja apa yang ada ,
 dengan harapan sesuatunya bisa lebih positif dan baik 
dibanding 2017 , sederhana saja . 
Happy New Year ... !
( Writing & Photos by : Titiek Hariati , 2017 / 2018 ) 
( Photos by : Titiek Hariati , Dec . 2017 / Jan . 2018 )
01 . tambang pasir arah Lawang ( 01 )
02 . tambang pasir arah Lawang ( 02 )
03 . tambang pasir arah Lawang ( 03 )
04 . ternak lebah dan jual madu arah Lawang
05 . dining room De Rollaas , Lawang 
06 . taman didalam De Rollaas
07 . jembatan mini diatas kebun teh
08 . dari balkon kamar yang terlihat hanya kehijauan teh 
09 . dining room De Rollaas , malam hari
10 . foto ex penghuni perkebunan dimasa penjajahan Belanda
11 . tea house disebelah bawah De Rollaas
12 . menikmati teh disore hari yang dingin
13 . lobby De Rollaas
14 . pada pagi dan sore hari , 
kabut di dining room .. misty !
15 . guidance tour ke kebun teh ( 01 )
16 . guidance tour ke pabrik teh ( 02 )
17 . duduk seharianpun betah .. 
18 . dipuncak kebun teh , 1500dpl
19 . sweet little chinese girl


























Tidak ada komentar: