Minggu, 18 Februari 2018




.. " Festival of Insignificance " ..
( Surat Buat Eka Kurniawan )
 pagi ini , diantara pembaca blog saya , 
tiba tiba ada nama Anda ! surprise , sebab komunikasi 
terakhir lewat email dan blog ini adalah Agustus 2015 ! 
waduhh , saya merasa " bersalah " juga sebab tidak mengikuti 
" karir " Anda . maka saya lalu coba buka journal Anda , 
naa .. betul to , saya ketinggalan yang terakhir yaitu 
Anda didaftar teratas dari Nominasi Man Booker Prize 2016
 di Inggris lewat " Lelaki Harimau " ! 
hebatnya ini disaring dari 155 novel dunia yang datang
 dari 12 negara dalam 9 bahasa yang berbeda .
sebagai sesama orang Indonesia , ya tentu saja ikut bangga ! 
mungkin Lelaki Harimau itu mewakili wajah Indonesia yang
 masih tebal dengan mistis2 nya bagi sebagian masyarakatnya ? 
tidak mungkin saya bisa menilai 
wong saya nggak gableg dalam soal2 sastra tinggi hehehe ..
 entah sudah berapa bahasa yang menterjemahkan novel2 Anda
 oleh penulis2 asing , saya ini cukup lama dikepung 
macam2 hal yang membuat saya terakhir ini 
" tidak sempat " menengok rak rak 
buku Gramedia dll itu .. parah !
bincang kita yang terakhir adalah tentang tulisan Anda
 " Festival of Insignificance " itu , saya kirim komen .
 saya juga mengalami itu , bahkan lucunya ketika mereka
 akhirnya tau bahwa penulisnya sudah 
" ibu ibu bahkan sudah layak bercucu " ( meski belum punya ) 
terjadi penurunan pembaca hahaha ..
 tetapi apa yang saya tertawakan ketika saya sadar bahwa 
memang bagi sebagian kita , usia lebih diperhatikan daripada
 isi kepala yang punya usia hehehe ... 
yo bener mas Eka , kejutan sering muncul ditengah 
sebuah pengabaian , underestimate istilah bahasa Jawanya .
tetapi sekaligus usia juga mengajarkan bertambahnya kearifan .
maka pengabaian2 itu bak bumbu yang menyedapkan ,
 sebab kita diperkaya oleh pemahaman bahwa
" kita tidak bisa paksakan musik klasik pada penggemar dangdut "
 atau sebaliknya , maka mari kita ikhlaskan 
sebagaimana adanya . 
mas Eka , sekali lagi SELAMAT untuk apapun yang Anda capai ,
 terima kasih telah mampir kembali di blog ini 
dan lihatlah bahwa ketika Anda meraih 
penghargaan2 internasional , saya masih " disitu situ saja "
 kecuali bahwa saya ikut bertepuk tangan
 atas pencapaian2 Anda ! selamat ... !
salam ,
Titiek Hariati
Malang , 19 Pebruari 2018 . 
01 . meja kerja Anda ( saya ambil dari jurnal Anda )
02 . meja kerja saya dan LH ( jepretan saya sendiri )
03 . cover LH versi lain ( saya ambil dari jurnal Anda )











Tidak ada komentar: