Kamis, 23 Juli 2020







.. " Gowes Penyebar Covid ? " ..
hari ini ada berita bahwa komunitas Gowes di
 Blitar menjadi penyebab 21 tenaga medis di 
RSUD Ngudi Waluyo Blitar terpapar positif covid19 ! 
gara garanya adalah karena salah satu nakes
 ikut kegiatan Gowes yang diantaranya ada yang
 positif covid19 sehingga nakes tersebut 
membawa " oleh oleh " virus ke RS tempat dia bekerja .
 Dirut RSUD tersebut menyesalkan karena
 dilingkungan RS nya pengetrapan protokol sangat
 dijaga ketat tetapi kegiatan diluar RS ternyata
 ada yang lalai atau " sembrono " . 
saat ini memang gowes sedang naik daun .
 dimana mana berbagai komunitas gowes menggelar 
program gowes beramai ramai .
 ber ramai ramai ? 
waduh , apakah betul betul kegiatan semacam ini 
bisa terjaga dari kemungkinan terpapar ?
 apalagi kalau saat program dimulai tidak ada 
pemeriksaan ketat tentang protokol yang harus 
dipatuhi seperti : ber masker , mengukur suhu tubuh ,
 memakai jaket atau lengan panjang ,
 sarung tangan , mencuci tangan dll . 
 memang sepintas terlihatnya para pe gowes ini adalah
 orang orang yang " bugar dan sehat " tetapi benarkah 
demikian ? banyaknya OTG / orang tanpa gejala
 yang tiba tiba pingsan atau bahkan 
mati mendadak .
ini menunjukkan bahwa covid 19 dapat menyerang 
Siapa Saja , Dimana Saja dan Kapan Saja !
 saya pribadi bukannya tidak suka gowesan ,
 saya penghobinya . bagi saya gowes adalah salah satu
 OR sehat yang sangat bermanfaat 
bagi jasmani dan rokhani ! 
saat saya masih punya tempat
 istirahat sekian tahun silam di sebuah area 
yang bergunung gunung dan sejuk ,
 saya rutin bergowes sebab area disitu sangat 
mengundang untuk bergowesan . 
 bahkan saking semangatnya , seringkali dibeberapa
 bagian area harus " nuntun " sepeda saking
menanjaknya jalanan dan saya kekurangan tenaga
untuk mancal ditanjakkan !
 berkeliling kebun jeruk dan ladang serta kebun kebun
 sayur , buah dll betul2 saat itu saya penggemar berat
 sepedahan . beberapa tahun sesudahnya , 
hobi saya tinggalkan karena kesibukan lain . 
naaa .. apakah saat pendemi ini saya tidak tertarik
kembali ber gowes ? jujur saja tidak .
mungkin kekhawatiran saya berlebihan , 
tetapi sungguh saya tidak tahu apakah saat saya bertemu
 dengan pe gowes2 lain itu membawa
 dampak positif atau sebaliknya ? paranoid ?
 mungkin , sebab jujur saja pandemi ini lebih mirip
 " hantu " yang tidak kasat mata namun
 akibatnya sangat nyata .. 
maka aktivitas saya selama pandemi memang lebih
 banyak saya lakukan di ruang2 yang agak tertutup 
atau sama sekali terbuka misal di 
area pegunungan dll yang minus kerumunan ! 
 naa .. buat yang masih aktif ber gowes ria ,
sekali lagi , tetaplah ber hati hati karena yang nampak
bugar dan sehat belum dijamin tidak terpapar 
dan sebaiknya tetap waspada sambil ber gowes dan ..
 jaga jarak aman dengan tanpa bersalaman dan
 berhahahihi atau cipika cipiki ..
  bawalah mamin sendiri alias tidak sembarangan
 beli jajanan diluar ..
 apa boleh buat , covid19 memang tidak pandang bulu !
 jangan sampai tujuan untuk berbadan sehat 
justru mendapat musibah , naa ..  
selamat ber gowes ria ..!
( Titiek Hariati , Malang , 23 . 07 .20 )
gambar dari google . 








 

Tidak ada komentar: