Senin, 28 Januari 2019




 .. " Se'i Sapi Atambua Yang Unik " ..
jagad kuliner Nusantara memang kaya rasa , 
corak dan cara masak serta penyajian !
siang tadi saya berkelana ke Atambua , sebuah wilayah
ditanah air dekat perbatasan antara NTT dan Timor Leste .
 naik apa ? cukup 10 menit dari rumah saya , 
karena terletak di Jalan Candi Mandut 18 Malang ! 
sekitar dua bulan yl kedai yang satu ini dibuka , 
sebagai salah satu cabang dari beberapa cabang 
yang ada di Malang Raya . 
 berjuluk " Se'i Sapi Atambua " yang artinya adalah 
Daging Sapi Asap , sudah pasti mengundang
 rasa penasaran untuk mencobanya . 
meski disitu punya pilihan daging asap sapi atau ayam ,
 sudah pasti saya memilih yang sapi karena sesuai
 dengan nama kedai dan ciri khasnya ! 
pilihannya terletak pada Sambal nya yang semuanya 
terdengar asing bagi saya . misalnya : 
Daging Asap Sapi Dabu Dabu ,
 atau Daging Asap Sapi Luat dll yang siang tadi
 akhirnya saya pesan untuk menjawab 
rasa ingin tahu saya .
 " kalau Dabu Dabu itu sambalnya terdiri dari 
irisan bumbu segar seperti lombok, jeruk , bawang dll , 
enak bu ... kalau Luat itu sambalnya diberi minyak "
begitu penjelasan salah satu staf nya pada saya
yang " plonga plongo " dengan deretan
 nama nama asing didaftar menu . 
dipojok luar kedai ada sebuah tong yang mengeluarkan
 asap . saya diberi kesempatan melongok dalamnya
 yang ternyata adalah Tong Pengasap Dasing Sapi dan Ayam . 
 " ayam lebih lama diasapnya daripada daging sapi ... "
 begitu kata petugas tong pengasap .
  yang unik lagi bahwa diatas api pengasapnya ,
 adalah tumpukan tempurung kelapa sebagai 
" kayu bakarnya " yang sebetulnya merupakan sumber 
aroma khas daging/ ayam asap ! 
baiklah , untuk rasa , cara penyajian , layanan  dan harga
 saya ikhlas memberikan 6,5 dari skala 1-10 dan 
mungkin untuk atmosfer sedikit dibawahnya 
yakni 5,5 karena berada diteras sebuah rumah pribadi
yang kurang memberikan kenyamanan .
 dari banyaknya pengunjung dan juga Go Food yang 
siang tadi ada bersama saya , semoga saja kedai ini
 mampu bertahan ditengah menjamurnya 
kedai kedai sejenis serta mampu menjadi
Tuan Rumah Di Negeri Sendiri daripada kita lebih
 menggilai kuliner2 mancanegara yang juga
 sudah sangat menjamur di Malang Raya .
 yukkk .. ikut saya ke Atambua !
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
28 January 2019 )
keterangan foto : 
01 . tong pengasap
02 . nasi sapi Luat
03 . nasi sapi Dabu
04 . daftar menu
05 . petugas pengasap
06 . ma'am se'i ..
07 . tahu petis untuk penutup makan









 

Tidak ada komentar: