Rabu, 17 Agustus 2022







 
 .. " LIMAU Merambah Kajoetangan " ..

Kajoetangan dalam ejaan baru adalah Kayutangan
 atau lebih baru lagi adalah 
Jalan Basuki Rahmat , Malang , yang sedari dulu
 adalah merupakan jalan protokol utama kebanggaan
 kota Malang dengan deretan toko tokonya 
yang legendaris . 
sebut saja misalnya Toko Lido di pojok 
perempatannya yang tersohor sebagai toko 
mainan anak anak , lalu ada Toko Riang yang 
menjual berbagai kebutuhan kosmetik, baju dll .
 ada lagi toko sepatu Hana dan toko batik Lawangsari ,
 sepatu Bata dll .  diujung lain yaitu 
apotik Banteng , Kantor Pos Besar 
( sekarang jadi Telkom ) , dan studio foto ,
 toko buku Tjiang , hingga Rajabally 
( saat ini menjadi La Fayette ) . 
 
 
diantara nama nama diatas , mungkin hanya 
tinggal kenangan karena masa menyisakan hanya 
beberapa gelintir yang bertahan . 
bioskop Merdeka sudah rata dengan tanah , 
dan saya hanya bisa menyebutkan satu dua yang
 betul betul tak termakan jaman misalnya 
saja Toko Roti EH/ Enak Harum yang masih ada 
meskipun mungkin berganti nama ,
 lalu Toko OEN , hotel Riche meski sudah 
berganti wajah . 
kemunculan beberapa tempat cangkruk " modern " 
ataupun " modern yang bergaya jadul " juga
 mulai menggantikan wajah wajah lama yang
 legendaris tadi disepanjang Jl. Basuki Rahmat
 saat ini . lihat misalnya warkop 
" Kajoetangan " didepan BNI , 
" Kopi Lonceng " dideretan BNI , 
juga ada pujasera dan cafe " MMM " yang menjadi 
pelopor cafe di Jl. Basuki Rahmat . 
 
 
maka kalau jaman dulu Kajoetangan dikenal dengan 
pertokoan baju , kosmetik, elektronik, dll agaknya
 perlahan wajahnya bakal berubah kearah
 Cangkruk Center ( maaf ini istilah saya sendiri lho ! ) .
 secara pribadi saya suka suka saja meskipun 
disisi lain saya rindu dengan Kajoetangan sebagai
 pusat bisnis seperti dulu ! 
Area Soekarno Hatta memang sudah lama merontokkan 
mahkota Kajoetangan sebagai pusat bisnis , 
tetapi semoga harapan saya tidak lenyap 1000% 
bahwa kelak Kajoetangan akan bangkit kembali
menyamai Soehat bahkan lebih ! 
naa ... bicara tentang tempat cangkruk , 
wajah baru lain muncul di Jl. Basuki Rahmat ini , 
tepatnya di deretan cafe " MMM " yaitu 
" LIMAU " yang didominasi warna hijau daun !
 
 
buat yang takeaway memang praktis karena kemasan
 jaman now nya yang memakai kotak kotak kertas 
terasa pas dan efisien serta mendukung
isu kelestarian lingkungan menghindari plastik !
 buat yang makan ditempat , juga praktis sebab
 tak perlu bingung dengan masalah higinisnya piring /
gelas didapur cafe , dan pemakaian model kotak kotak
 kertas ini juga praktis sekali pakai meskipun
 soal penebangan pohon sebagai bahan baku kertas
 masih menjadi masalahnya . 
naa .. saya pun penasaran ingin menjajal " LIMAU "
 yang konon ciri khasnya adalah Nasi Jeruk ini . 
memiliki lebih dari 80 outlet yang saya tidak tahu
 dimana saja lokasinya , " Limau " ini bisa saja
 akan mampu bertahan karena ciri khasnya
 yang unik . dengan daftar menunya yang hampir 
tidak ada yang saya kenal , maka saya memilih 
yang agak " aman " yaitu 
Honey Say Crispy Chicken dan Curry Crispy Chicken
 yang keduanya memakai Nasi Jeruk atau Limau ini . 
 
 
untuk minuman juga yang aman saja sebab
 pengalaman di cafe cafe yang dipadati milenial , 
saya harus minta ampun dengan banyaknya 
pemanis atau gula yang berlebihan hehehe ... 
( bukan karena merasa diri sudah manis lho hehehe .. )
hasrat hati ingin menikmati atmosfernya disitu ,
 saya batalkan karena letak meja kursinya 
yang tidak memberikan privasi dan dengan 
" dapur " yang menghadap ketempat makan kastamer
plus masih ditambah CCTV rasanya saya makan
didalam aquarium yang tembus pandang !
 jadi saya bawa pulang saja dan  saya membuka 
menu menu ini ditempat favorit saya yaitu disekitar 
Hutan Kota Malabar yang sejuk hehehe .. 
kalau saya harus mengomentari soal rasa , 
saya hanya bisa mengatakan :
" ya .. begitulah , rasanya hampir SAMA saja dengan
 puluhan cafe cafe lain karena mungkin saus saus 
yang dipakai juga sama baik olahan
 atau mungkin sama pabriknya " .. 
sedikit yang membedakan adalah Nasi Jeruknya yang
 terasa segar dengan sentuhan limaunya . 
nama nama menunya seperti Orange Crispy Chicken , 
Mata Crispy Chicken dll mungkin hanya sedikit beda
 dalam sajian atau tampilan serta modifikasi 
dari pemakaian bahannya dimana 
menu menu jaman now memang punya 
limit tak terbatas dalam kreasi dan kombinasi2nya ! 
sangat beda dengan menu menu tradisionil yang
 tidak mungkin Rawon saya padupadankan
 dengan Pecel atau Lodeh saya padupadankan 
dengan Soto hehehe .. 
 
 
           naa , dengan range harga rata rata per orang 50K 
( bisa kebawah atau keatas tergantung jumlah
 pesanan hehehe .. ) maka catat saja " Limau " di 
Kayutangan ini sebagai salah satu alternatif 
cangkruk di Malang yang suka dengan jajanan 
" gaya dan rasa modern " ...
mungkin pembaca sendiri yang tertarik ?
( Writing & Photos : Titiek Hariati ,
catatan dari 15.08.22 ) 
keterangan foto : 
01 . curry ....
02 . kopi tarik
***
03 . atmosfer ..
***
04 . dapur ..
***
05 . praktis
***
06 . kopi ?
***
07 . wastafel
***

Tidak ada komentar: