Senin, 01 Agustus 2022


 


 
.. " Block M Diorama , Pujasera Modern ? " ..

Kota Malang nampaknya memasuki era baru , 
era " Pujasera Modern " kalau saya mau menamainya
 sesuai selera saya . 
berlokasi di Jalan Sulfat 230 Malang , Block M Diorama
 atau saya singkat BMD ini memang mengusung 
sebuah alternatif jajanan baru . 
kalau istilah " pujasera " biasanya terdiri dari 
sekumpulan warung ,
/ kedai dari berbagai " genre " , maka di BMD ini
 juga tak jauh beda tetapi dengan konsep yang berbeda
 dalam tampilan maupun stylenya dimana 
semua cafe cafe yang sudah punya nama lumayan
 " gede " bersedia bergabung disatu blok 
dengan gaya bangunan yang sama .



cuma saya tidak tahu istilahnya dalam dunia 
arsitektur kecuali 
bahwa menurut saya itu adalah simpel , minimalis 
atau industrialis atau kotak kotak atau kubus kubus
 atau apapun namanya , 
yang jelas desain " futuristik " seperti itu adalah 
salah satu ciri khas desain modern saat ini
 ( meski ingat bahwa mode juga akan berubah
 seiring waktu dan apa yang " modern " saat ini
 akan menjadi " jadul " pada saatnya ) . 




karena saya menemukan BMD pada siang hari , 
maka segera terasa bahwa model atau gaya seperti 
BMD ini ternyata sangat tidak nyaman pada 
siang hari alias terik untuk duduk duduk 
diluar / teras terasnya . 
pilihan duduk disebelah dalam dari belasan cafe 
mungil mungil itu juga bukan pilihan sebab rata rata
 ukuran cafenya supermini yang hanya cukup 
untuk memesan mamin , kecuali beberapa cafe 
yang memang punya lahan agak luas sehingga duduk
 diluar nya masih memungkinkan karena mereka 
masih menyediakan atap diterasnya . 
 nama nama cafe beken yang ada di situ sebut saja 
misalnya Otewe , Kuranglebih , Robucca ,
 Hot Slice Pizza , Aicimee , Gomsoo , Steak Sultan dll .





saya mencoba masuk ke  Aimee yang terlihat 
"  sudah lebih siap " menerima pengunjung siang itu , 
dan pramusaji mengatakan bahwa 
" kemarin baru saja opening BMD dan ini hari kedua
 meskipun kedai belum sepenuhnya selesai interiornya
 tapi kami memang diminta untuk segera buka " , 
o gitu bathin saya .... 
( o pantas papan papan ucapan selamat 
masih terserak diman mana )
saya memilih naik ke lantai atas yang sama sempitnya
 dengan yang dibawah , dan dengan AC nya yang
masih macet , maka dilantai atas yang terisi hanya
 untuk sekitar 4/ empat orang itu terasa sesak
 dan panas hehehe ... 



untunglah ada pintu yang bisa dibuka lebar dan 
diluar pintu ada balkon mini yang juga sempit tetapi
 untuk sekedar " mencari angin " sayapun 
menjajal atmosfernya .
 jika rata rata semua cafe mini di BMD ini seluas 
dan seperti ini , saya tidak tahu apakah lebih baik 
saya ke BMD ataukah  mending ke cafe " aslinya " yang 
luas dan tidak panas ? 
atau BMD  memang lebih cocok untuk cangkruk 
pada malam hari dimana teras teras luarnya cukup 
nyaman untuk cangkruk sambil melihat 
lalu lalang pengunjung ke cafe cafe lainnya disitu ?




btw , di Aicimee saya memesan 
1 MeeHalilintar Ayam Level 5 ( pedasnya ) dan 
1 Siomay bumbu BBQ dan Matcha Tea . 
saya tidak tahu kearah mana selera saya dibawa , 
mau Korea , Taiwan , Jepang atau manapun karena
 siang itu memang cukup terik sehingga
 berada diruangan mini ini saya kurang bisa 
menikmati mamin pesanan saya hehehe .. 
maka saran saya buat yang belum sempat ke BMD ,
 sebaiknya datang pada sore atau malam hari saja 
sebelum kepanasan hehehe .. 
juga buat yang belum sempat ke Santorini atau 
pulau pulau lain di Yunani , BMD ini boleh sebagai 
pengenalan awalnya . 


 
blusukan saya beberapa bulan di Samos , Mikonos , 
Rhodos dll di Yunani sekian tahun berselang 
memang tidak semirip 
BMD saat itu , tetapi dominasi warna putih memang
 menjadi cirikhasnya untuk " menangkis " matahari
 yang berlimpah disepanjang garis pantainya .. 
BMD tidak dipinggir pantai tetapi ditengah kota ,
 barangkali itu saja bedanya ... 
 
 
 
naa , buat yang ingin berpindah selera dari 
Korea ke Jepang , dari Itali ke Taiwan dst dalam
 satu hari atau malam , maka 
BMD adalah tempatnya ... yukkkk ... 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 02.08.22 ) 
keterangan foto :
01 . gerbang masuk Diorama
02 . blockM
03 . lorong
***
04 . box appetite
05 . OTW
***
06 . dari lantai atas Aimee
07 . kubus kubus
08 . robucca
***
09 . level 5
10 . siomay
11 . matcha
***
12 . gomsoo
13 . kurang lebih dikejauhan
***
14 . saya di lorong
15 . sultan steak
***
16 . 5K saja
17 . ucapan ucapan berserakan
***
18 . yakitori
19 . salah satu ucapan
****

Tidak ada komentar: