Sabtu, 09 Maret 2013








  JHA'BU ... Memancing Kopi Medan ..

Yang membuat saya pertama kali tertarik adalah namanya, J H A' B U . Sayang sekali saya lupa menanyakan artinya. Kedai ini sebenarnya perpaduan antara tempat santai dan  bersantap. Santai, karena disitu ada area pemancingan yang digarap cukup serius, dengan lahan memancing yang cukup untuk menampung sekitar 50 pemancing.

" Disini sudah sering untuk lomba lomba mancing baik yang diselenggarakan oleh kedai maupun pengunjungnya " ... saya yakin itu jujur, sebab fasilitas yang tersedia memang sesuai.
Dari sisi  desain bangunan, 100% terbuat dari sirap dan kayu plus bambu. Dominasi ukiran atau ornamennya menurut saya adalah mirip desain khas Kalimantan atau bahkan Dayak, yang kesan ini diperkuat oleh koleksi barang antik yang mengusung unsur Dayak seperti tombak, perisai dll yang ada di kedai nya
 "Apa barang barang antik ini juga untuk dijual?" ... " Iya, kalau memang ada yang berminat " , kata si pramusaji. Disitu juga tersedia alat pancing untuk disewa bagi yang tidak membawanya sendiri. " 10 ribu sepuasnya ... " lanjutnya. Adapun jenis ikan yang bisa dipancing ada 7/ tujuh yang terdapat di 7 kolam yang terpisah. Ada gurami, nila, bawal, patin, ikan mas, mujair dan tombro.Sajian menu sudah menunggu bagi yang menginginkan hasil pancingannya langsung dimasak dan dinikmati disitu dan juga bagi yang tidak memancing. Ada Gurami Bakar Jimbaran, Bakar Manado, Bakar Khas Jha'bu, atau dimasak Bumbu Rujak, Asam Manis dll. Tetapi buat yang lebih suka ayam juga disediakan Ayam Bakar, Penyet dll. Sayuran ? Ada Kangkung Terasi, Tumis Daun Singkong dll.

Minuman juga cukup panjang daftarnya. " Kopi Medan itu khas disini ... silahkan dicoba" ... saya ingin tapi kuatir nanti kopinya hitam pekat dan membuat dak duk dak duk jadi urung saya pesan hehe ... Saya akhirnya mencoba Ikan Mas Bakar Manado dan Ikan Gurami Bakar Jimbaran, tidak ada gambaran bagaimana nanti tampilan dan rasanya ...

Naa ... ini juga sebuah tips, bahwa kalau sudah lapar sebaiknya tidak kekedai ini sebab memasaknya cukup luamaaa sampai rasa laparnya hilang karena mungkin usus saya sudah keburu lengket hehe .... 

Untuk masalah harga, sebagai contoh Ikan Gurami itu 7000,-/ons, jadi bisa diperkirakan sendiri atau memilih sendiri dikolam mengenai besar kecilnya. 

Saya memilih duduk ditepi kolam ikan yang ada dibelakang kedai sehingga sambil menunggu menu selesai dimasak, bisa  tidur tiduran dibalai balai yang tersedia sambil menikmati udara pegunungan yang segar ..

View yang ada dibalik tembok kedai ini luar biasa, yang semestinya tidak ditembok tetapi cukup dipagar kawat supaya view dapat dinikmati pengunjung secara langsung .. 

Juga disebelah depan tersedia beberapa gazebo yang dapat dinikmati bersama keluarga. Area parkir yang luas sangat menyenangkan sebab tidak harus berdesakan seperti halnya sebuah resto di arah Selecta yang berjuluk Warung Bambu, sampai sampai harus berjalan lumayan jauh kearah restonya.

Oyaaa ... sampai lupa menyebut lokasinya. Warung Jhabu ini terletak di Jalan Raya Mojorejo 99, Batu dan kalau dari arah Malang ke Batu ada disebelah kiri jalan . Sebuah warung unik yang berhalaman luas serta beratap sirap dengan ukiran khas Kalimantan.

Buat para penghobi memancing, ini adalah tempat paling tepat untuk " berolah raga " dan melepas kepenatan dan  setelahnya bisa langsung menikmati hasil pancingannya .... Yang tidak suka memancing juga tidak masalah, tinggal menunggu hasil olahan dapur Jha'bu yang yummyyy .....

Mau menikmati resep Manado, Jimbaran,  Jakarta atau Medan? Silahkan ke Jhabu ..... !! 
( th )   


Keterangan foto ( all taken by : th )

01.  Panorama sawah dibelakang kedai.
02. Kolam pancing yang sering dipakai lomba.
03. Kolam gurami.
04. Pintu masuk kedai Jha'bu.
05. Salah satu menu Jha'bu.
06. Gazebo.
07. Persewaan alat pancing.
08. Area kamar kecil yang serba bambu.
09. www.jhabu.com  
10. Ikan Mas Bakar Manado.
11.  Ikan Gurami Bakar Jimbaran. 

  

Tidak ada komentar: