Selasa, 28 November 2023

 
 
 
 
  .. " Margos atau Margosuko ? " ..
( catatan tercecer tahun 2021, saat ini cafe ini 
sudah berubah wajah )
saya tidak paham bagaimana hubungan
 manajemennya antara Cafe Margosuko yang ada
 di Jl . KH Ahmad Dahlan 40 - 42 Malang dengan
 yang di Jl . Arjuno 32 Malang .
 yang jelas sebagai cikal bakalnya adalah 
PT Margosuko Grup yang berdiri sejak 1961 dengan
 perkebunan kopinya di Malang Selatan yang terkenal .
 sekian hari yang lalu saya mendapat info tentang cafe 
yang ada di Jl . Arjuno 32 , 
meskipun sempat ragu sebab tidak ada " tanda tanda " 
keberadaannya yang umumnya ditandai 
dengan nama cafenya . 
mengapa saya tidak ke Margosuko Cafe and Eatery
 yang di Jl . Ahmad Dahlan 40 - 42 saja , 
yang juga dikenal sebagai tempat " cangkruk " nya 
Jumpa Pers Arema FC dengan para awak media ?
 saya memang lebih suka sesuatu yang masih 
" untup untup " dan " berbau misteri " 
sebab informasi yang diperoleh pasti menarik . 
maka siang itu di Jl . Arjuno 32 terjadi dialog lucu :
( S/ saya ) : lho , sudah buka to cafenya ?
( St/ Staf disitu ) : ( saling melihat dengan sesama 
rekannya disitu ) 
Ya sudah sih .. tapi ya belum penuh ..
( S ) : lha .. maksudnya ? 
( St ) : ( bingung ) .. ee .. kami memang buka 
seperti ini , juga kadang ada tamu2 dari 
bank atau Lai Lai dll , tapi memang belum penuh
 dibuka sebab masih ada rencana renovasi ..
( S ) : oo .. jadi kalau sekarang saya pesan kopi apa
ya sudah bisa atau ?
( St ) : ( serentak 3 orang ) .. o ..bisa bisa silahkan ..
( S ) : ( lalu saya menyebutkan pesanan 
 sambil bertanya lagi )
 apa disini juga ada light meals ?
( St ) : apa itu bu ?
( S ) : ( hehehe .. saya terjemahkan sajalah ) 
makanan ringan atau kue misalnya untuk teman kopi ?
( St ) : o ..ada tapi yang sudah siap baru resoles
( S ) : ok .. dua ya ..saya boleh duduk diatas ?
setelahnya saya naik kelantai dua yang 
meja kursinya penuh debu , maklum selain terlihat 
lama tidak ada pengunjung juga pepohonan 
disitu cukup banyak dan lebat dan rontokan
 daun2nya memenuhi ruangan .
 seorang staf membersihkan meja kursi saya dan
 kami mengobrol tentang macam2 dari cafe ini . 
pesanan saya datang , Affogatto dan Latte
 serta dua resoles . standar bukan ?
 saya harus jujur memberi nilai 6,5 untuk semuanya
 meskipun saya awam soal soal perkopian
 tetapi cara penyajian dan rasa saya harus jujur
 memberi nilainya . 
" bagaimana bu ada saran ? " kata salah satu
 staf disitu . saya utarakan pendapat saya tetapi 
yang paling saya keluhkan saya garis bawahi 
yaitu Panasnya Udara Dilantai Dua ! 
bahkan HP yang saya letakkan dimeja pun terasa 
begitu panas lho lho lho ...
yok opo nek meledak iki hihihi ... 
ternyata keluhan panas menurut mereka juga banyak
 diterima dari pengunjung yang lain dan ini 
menjadi salah satu prioritas utama renovasi nantinya
 kata mereka . ( iyo mas , nek panas ngene iki
 iso iso aku digoreng dadi melar 
koyo krupuk hehehe .. ) .
 tetapi kekurangan ini jelas dapat tertutupi oleh
 keramahan layanan dan rasa kopi serta
 resolesnya yang Mozzarella nya molor2 yummmyyy ...
 ( yo wes nek aku teko meneh mugo mugo
 wes adem yo lantai dua ne ...)
 Margosuko atau mungkin kelak cafenya ini berjuluk
 The Margos , adalah " embahnya " kopi di seantero
 bumi Malang Selatan , sudah selayaknya
 menjadi acuan para penggiat kopi di Malang Raya
 dan meski kehadiran cafe cafenya terkesan 
agak terlambat , saya optimis mereka akan mengejarnya
 untuk menjadi yang terdepan ! 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 26.10.21 )

Tidak ada komentar: