Senin, 09 Agustus 2021

 

 

 

 

.. " Dirundung Sebagai Tidak Kreatif ! " .. 

 sebagai milenial , wajahnya sangatMasa Kini 

alias LJS , layak jadi seleb .

 dengan usianya yang masih 21 ( ! ) 
rasanya dunia terbentang lebar untuk
 ditapaki dan menjadi apapun
yang dia mau dan mampu!
 tapi , dalam WA nya yang super panjang
 saya surprise bahwa ternyata dia
 tidak hepi . lho ? kepinteran dia okay ,
sebab pernah 3 tahun sekolah di LN
 meski setingkat SMA .
 tapi gara2 itu maka bahasa asingnya 
" ngecres " .
 saat ini dia masih merampungkan
tingkat akhirnya dan sudah berencana
 ngebut setelahnya ke S2 . 
( btw  memang banyak yang mengira
 saya ini sudah eyang dari beberapa
 cucu padahal sebutirpun saya 
belum punya he he he .. 
naa , kalau saya disanasini 
dipanggil " Te " ,
( tante ) itu bukan karena saya adalah
 adik dari ortunya tapi konon lebih pas
 untuk saya daripada bulik budhe
 atau mbak atau apalagi eyang padahal
 saya belum punya 
cucu sebutirpun hehehe ..
 maka saya tidak protes 
 menjadi tante dari puluhan keponakan
 dan atau anak dari temen2 yang 
akrab dengan saya dan rasanya 
nyaman2 saja ) 

 " Te , apakah sebuah kesalahan atau 
kebodohan

atau bahkan dosa jika 
saya tidak ingin menjadi populer lewat
 bermacam aplikasi yang berpotensi
 menjadi tambang duit itu ? " . 
saya balik tanya :
" memangnya siapa yang keberatan ? " .
 konon , dikalangan teman2nya dia
 ini " diboikot " karena termasuk
 yang sulit diajak ini itu padahal 
menurut mereka
 dia ini bisa dijadikan 
" pemancing " follower karena paras
 dan posturnya yang 174 ala Kyllie itu . 
saya tanya lagi 
" lho apa temen2mu ngga secakep kamu
 to kok butuh pancingan ? " . 
" nggak juga , tapi kalau aku nggabung
 akan lebih cepet dapet follower / nge like 
katanya " .. oo gitu , walah2 kira kira 
apa ya yang mau dibikin temen2 nya
 itu kok dia sampai dia diboikot ? 
" macem macem Te , nge dance ada , 
fashion sama makeup juga ada , 
pokoknya banyak dah .. " . 

" kalau biasa biasa ngga seru , 
masalahnya itu gerakan dan busana buat
 ngedance mengundang banget " !
 mengundang ? 
( dia lalu memberi penjelasan dan 
mengirim satu foto yang mencontohkan
 busan yang dimaksud ) . 
 " Mereka bilang aku itu Tidak Pandai 
 Memanfaatkan Anugerah 
karena membungkus
 keindahan tubuh yang bagus dalam
 busana  yang kelewat  tertutup
 dan sama sekali tidak menarik .
bahkan katanya sebagai milenial itu juga 
" merugikan " aku karena tidak akan
 membuka peluang sebagai 
foto model atau artis atau apapun yang
 bisa jadi duit !
lebih2 tidak bakal ada laki laki yang 
tertarik dengan perempuan yang
 membungkus auratnya rapat rapat "
glekkk ....
sampai disini saya tersedak ,
 sebab saya mulai menangkap arahnya . 
nada kesal bisa saya baca dari 
kelanjutan WA nya : 
" apa iya Te untuk terkenal dan punya
duit banyak orang harus mengobral aurat
 dan membiarkan bagian bagian yang 
 terhormat dari seorang wanita harus
 dipertontonkan ? apa ini yang 
disebut kemajuan jaman sementara yang
 masih membungkus aurat adalah
 yang ketinggalan jaman dan 
tidak kreatif dan atau sok sok alim aja ? " .
saya tidak boleh gegabah menjawabnya
sebab selain saya 
tidak punya anak cewek
 juga fenomena seleb dadakan saat ini 
sudah mendunia dan orang tahu ini
 adalah cara cari duit yang mudah . 
 sebuah WA baru telah masuk lagi :
 " masih ada tambahannya Te ,
 mereka bilang bahwa
 masa muda itu masa pengenalan
 pada hal hal atau kebutuhan2
orang dewasa termasuk sex . 
jadi saya dibilang munafik kalau 
sampai bilang bahwa 
saya tidak butuh itu sebab 
hidup sangat boring tanpa sex".
oalaaa ...
bagaimanapun saya merasa 
berkewajiban " melindunginya " dari
 pihak pihak yang ingin 
memanfaatkannya sebab jika mereka 
" berbuat masiat secara berjamaah " 
bisa bisa  membuat orang seolah
" terbebas dari rasa bersalah " 
karena merasa tidak sendirian
dalam  melakukannya .
memberi nasehat tidaklah mudah
 sebab selain saya bukan ortunya 
juga pada level usianya pastilah
 dia lebih paham bagaimana
 sebaiknya mengambil sikap
 menghadapi teman temannya
 yang " berpikiran modern " tadi .
" begini , dalam pergaulan itu kita harus
 luwes tetapi tetap berpendirian . 
apa yang kita anggap baik , 
untuk orang lain bisa sebaliknya .
 dan apapun keyakinan yang dianut
 adalah pilihan masing masing dan 
tidak perlu diperdebatkan .
masalah keyakinanmu  yang mengharuskan
 kamu menutup aurat , lakukanlah .
sementara jika keyakinan mereka 
tidak mewajibkannya , itu urusan mereka . 
tetap sajalah pegang pendirianmu
 yang sudah baik , tentang cemohan 
bahwa kamu munafik , arogan dll 
biarkan saja sebab mereka tidak dapat
 membedah kedalaman nuranimu dan
 keyakinanmu pada
hukum2NYA .
 tidak perlu secara keras atau ekstrem 
menolak keinginan atau ajakan 
mereka ,  tetaplah bergaul yang
 wajar seperti biasanya . 
tidak ada alasan untuk membenci 
dan tidak memaafkan mereka, 
yakinlah bahwa satu saat ketika
mereka sudah lebih memahamimu
 mereka mungkin akan menjadi
 teman teman terbaikmu ..
jangan pernah berfikir seperti
 mereka bahwa 
pria tidak akan tertarik pada 
wanita yang melindungi auratnya .
 sungguh pria pun ber jenis2 dan
 untukmu pasti Allah akan
 memilihkan yang sepadan
 yaitu pria yang menghormatimu 
sebagai wanita yang dapat menjaga
 kehormatannya dan bukan pria
 yang mengumbar syahwatnya 
dengan wanita2 yang mengobral auratnya !
 saat kamu menjalankan 
ibadah umroh selepas SMA , itu juga
 telah meletakkan batu batu 
fondasi kokoh dalam qolbumu
 bahwa jalan yang kamu pilih
 dibidang science akan memeliharamu
 dari pemanfaatan sosmed
 secara vulgar dan konyol hanya
 untuk merebut popularitas dan duit.
 kamu adalah permata ditengah
 batu batu kali yang bersepuh keemasan 
yang segera luntur oleh waktu, 
dan kamu adalah 
cahaya dalam diam dan
 kepatuhanmu dalam senyap
 dihadapanNya ..
biarkan mereka meneriakimu dengan
 beribu cemohan tetapi kamu tahu
 bahwa kamu berjalan kearah 
yang benar meski 
tidak ada tepukan tangan ..
jadi sesungguhnya tidak ada 
sesuatupun yang perlu kamu 
khawatirkan ..
ingatlah bahwa makian dan
 cemohan itu bukanlah 
urusanmu dengan mereka,
 melainkan mereka dengan Sang Khaliq 
dan aku akan tutup WA ini 
dengan satu ayat :
  Al A'raf ( Tempat Tertinggi ) ,
surat ke 7 , 
206 ayat diturunkan di Mekah , 
ayat 186 :
" Barangsiapa yang Allah sesatkan , 
maka baginya tak ada orang yang
 akan memberi petunjuk .
 Dan Allah membiarkan mereka
 terombang ambing 
dalam kesesatan " .
( Titiek Hariati , 09 Agustus 2021 )
gambar dari google . 


Tidak ada komentar: