Rabu, 17 Maret 2021

 

 

 

.. " Goa Pinus Yang Ala Papua " ..

 tak perlu bingung dengan judul diatas
 meski saya sendiri sesaat bingung ketika 
 mendapati sebuah lokasi wisata alam
 yang dipoles ala Papua. 
 " syahdan " kata sahibul hikayat ( hehehe .. ) 
 didekat Paralayang , gunung Banyak , 
Batu , Malang ,  belok kekiri
 kita akan menemukan sebuah wisata 
alam Goa Pinus . sebetulnya ini bukan baru , 
 kebetulan saja saat saya dulu melayang
 dari gunung Banyak ,
 saya belum sempat singgah ke Goa Pinus ini .
 
 
ini adalah sebuah Wana Wisata 
dan sebuah gua . entah dengan 
pertimbangan apa , pengelolanya memilih 
tema Papua disitu . jadi ada Goa Papua ,
 juga ada rumah rumah adat Papua
dan Cafe Papua . tiket masuk 10 ribu tapi 
nanti masih akan ada lagi tiket 10 ribu 
disebelah dalam ketika kita ingin 
ber swafoto disebuah area yang 
bernuansa Papua . 
 saat saya tanyakan
 pada salah satu pengelola disitu alasan 
mereka memilih tema Papua ,
 dijawab " ya kami coba saja mencari 
suatu tema yang sesuai dengan keadaan
 hutan disini dan ketemunya kok Papua 
yang memang setahu kami
masih banyak kawasan hutannya 
dibanding perkotaannya " . 
oo gitu ... 
saya kesana saat pandemi , jadi cafenya
 tutup dan hanya menemu warung kopi 
kecil dan dua orang pengunjung lain .
dengan view yang memang berlembah dan 
cantik , rasanya area ini bisa untuk
 menukar oxygen kota yang disaat
 pandemi terasa lebih " berat ", 
ditukar dengan oxygen hutan pinus
 yang " segar semriwing " ..... 
 yukkkk ... 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
Januari 2021 ) 
keterangan foto :
01 . lorong cantik di " kampung Papua "
02 . jurang menganga dibawahnya ( 01 )
03 . bertukar oxygen ..
04 . saya dalam Black White
05 . jurang menganga mengundang
 yang bernyali untuk 
berswafoto diatasnya ( 02 )
06 . rmah rumah adat ala Papua
07 . gerbang cantik !
08 . silahkan berswafoto diatas
 jurang ini ! ( 03 )
 

Tidak ada komentar: