Minggu, 21 Februari 2021

 
 
 
 
 .. " Meniru Amerika ? " ..
seorang teman( jauh ) pernah mengkritik
 saya begini : " waduh .. sekarang gaya makannya
 seperti orang Amerika saja , sok banget .. " .. 
saya yang dikritik malah bingung ,
gaya yang mana ya yang dimaksud ? 
 usut tidak kusut , ternyata itu karena
 akhir akhir ini dia sering memergoki saya seperti
 kelinci alias lebih banyak makan 
sayur mayur dan buah katimbang nasi seperti
 layaknya perut Jawa !
 oalaaa .. itu to " gaya Amerika ? " hihihi .. 
adapun mengapa saya makin banyak meninggalkan
 nasi walaupun tiap hari ya masih ketemu nasi
 meski dalam jumlah yang tak seperti dulu
 dan kadang hanya sekali ,
 itu pasti ya punya alasan yang sungguh tidak
 di cari cari . pertama sudah tentu karena usia ,
 lha wong saya bukan lagi remaja yang bisa
 ngremus apa apa seenaknya seperti dulu . 
 pertambahan usia membuat yang dulunya
 tidak apa apa menjadi apa apa , contoh
 masakan yang bersantan atau yang ber lemak lemak
 itu dimasa muda tidak perlu mikir.
 maka saat ini santan harus dibatasi kalau
 tidak ingin peredaran darah bermasalah .
 kedua , nasi yang konon kandungan karbo nya
 lumayan tinggi itu sebetulnya bisa digantikan
 dengan lainnya yang juga cukup 
mengenyangkan tapi tidak membuat gemuk
 akibat gula yang ada disitu . 
 lho masih ingin terlihat langsing to ?
 bukan itu sebab sekalipun langsing ya sudah tidak
 ada yang melirik lagi hehehe .. 
bukan langsing tetapi punya berat badan 
yang tidak mengganggu aktivitas . 
bayangin kalau
 diusia saya ini gendut , padahal apa apa masih
harus saya kerjakan sendiri alias tidak pakai PRT ,
 apakah tidak membebani ?
 ( nyapu , ngepel , masak , cuci cuci , belanja , dll ) . 
 terlebih saat pandemi ini , 
berbagai vitamin harus diperbanyak dan saya
 cenderung mengkonsumsinya lewat
 sayur dan buah secara langsung .
 kelor misalnya , saya petik dari halaman sendiri 
dan gelar Miracle Tree dari WHO untuk kelor ini 
memang bukan tidak beralasan .
  kandungan vitaminnya luar biasa , misal konon
3x yang terkandung di Pisang ,
 4 x yang terkandung di susu , 
3x yang terkandung di wortel dll ,
 apakah saya harus membeli pil pil vitamin yang
 belum tentu khasiatnya sedahsyat kalau saya
 meneguk rebusan kelor atau membuatnya
 sebagai kuah makan siang yang segar ?
alasan lain , konon segala macam sayur dan buah
 juga bagus untuk kulit dan lain lain yang 
bagi wanita itu penting sebab terlihat segar dan
terawat diusia senja adalah penting
 ( mosok usia senja sudah harus bau minyak
kayu putih dan tampilan " klombrot " karena
 merasa tidak perlu lagi menarik sapi ? 
saya punya prinsip beda bahwa makin sepuh
 harus makin merawat diri karena
 kebersihan , kerapihan dan kesehatan itu perlu ! )
 naaa .. maka kalau kemudian saya lebih banyak 
melalap sayur dan buah , 
jangan buru2 mengira ke bule bulean 
( walaupun ayah kandung anak anak saya
 memang bule dan saya belasan tahun hidup
dinegaranya bule , tapi bukan karena ini
 saya suka melalap sayur dan buah ) .
 di tanah air bukankah kita juga mengenal yang
 namanya " lalapan " yang biasanya 
menemani tempe penyet , lele atau ayam goreng
 atau bakar atau penyet dll ? atau juga pecel yang notabene juga sejenis salad atau gado gado ?
bukankah disitu juga ada kobis, timun, 
kecambah , bayam, tomat , 
kentang dll ?
 hanya bedanya kalau lalapan itu temannya sambel ,
 lha kalau saya melalap sayur dan buah itu
 biasanya diberi yang namanya salad - dressing .
 salad dressing ini bisa beli atau juga
 bikin sendiri, tergantung selera .
 saya biasanya cukup membuat sendiri dan
yang paling simpel cuma minyak Oliv , 
sedikit garam , mrica halus , garam dan
 beberapa rempah lain kalau ada , 
kalau tidak ada ya tidak masalah kok ! 
bahkan tanpa apa apapun malah lebih bagus ,
 jadi langsung saja " kremas kremus " hehehe ..
maka saya punya pandangan tersendiri
 mengenai Gaya Makan ini yaitu : 
" Marilah Membuka Diri Kepada 
Segala Budaya ( ya bahasa , ya adat ,
 ya mamin , ya semuanya )
 untuk memperkaya wawasan , 
dan kita hadapi dengan filter diri untuk memilah
 mana yang positif 
sebagai inspirasi atau teladan,
 dan mana yang buruk
 untuk cermin dan kita tidak tiru
atau kita tinggalkan " .
Sebagaimana taman dengan aneka tanaman
dan warna , bukankah indah ketika itu dipandang ,
 tugas kita hanya membedakan
mana yang beracun dan tidak sehat untuk kita
 dan mana yang bermanfaat .
 masihkah saya terlihat seperti orang Amerika ?
sungguh saya tidak keberatan ,
 meskipun saya sendiri tidak tahu 
orang Amerika itu seperti apa pola makannya ,
 kecuali kalau ada yang bertanya 
" orang Vienna itu bagaimana
 pola makannya " karena 13 tahun 
memang bukan waktu yang  pendek ...
selamat " kremas kremus "
menjadi kelinci yaa ..
 ( Writing & Photos : Titiek Hariati , 22.02.21 ) 
keterangan foto : 
01. markisah untuk sirup buatan sendiri
02 . daun kelor , sedang direbus untuk
minuman dan sayur bening
 yang segar ..
03 . tanpa atau dengan dressing , sama sehatnya
04 . perbanyak sayuran dan buah
05 . markisah , self made syrup 
06 . gosong , tapi untuk teman salad okay saja 
07 .  Oliv Oil , salah satu teman salad
08 . buah naga , masuk disalad sangat segar 
09 . kalau tak sempet bikin sendiri ,
dressing bisa dibeli sasetan 
10 . pohon kelor
11 . yang ini termasuk salad komplit
12 . sertakan selalu sayuran ! 
13 . jadilah " kelinci " !

Tidak ada komentar: