Sabtu, 13 Februari 2021




 " 5758 .. Madjoe Mapan di Mojokerto " 

 sebuah kebetulan terkadang membawa
 sesuatu yang menarik .
 terjadi saat saya ingin kedaerah Trawas
 tepat pada ultah yl , 
hitung2 sebagai " kado " pada diri saya
 sendiri yang sudah lama tidak 
ke luar kota karena pandemi ..
berita tanah longsor dan banjir sudah
 tentu membikin was was , 
tetapi kebetulan saat itu hari lumayan 
cerah dan dengan " bismillah " 
saya menuju arah Batu , Cangar dan
 lanjut arah Trawas yang sudah 
sekian tahun tidak saya kunjungi dimana
 terakhir saya ingat 
saya makan siang lele bakar disana . 
sampai Cangar semuanya lancar2 dan
 kearah Trawas saya mulai lebih 
focus karena jalanan bukan saja
 berkelok dengan triple triple SSS
 tapi juga ada " bekas bekas " 
mirip longsoran ..
 tetapi saya coba menikmati saja 
sebelah kanan kiri yang penuh dengan 
pemandangan hutan berganti dengan
 lembah dan jurang dan 
kebun kebun sayur , buah dll .. 
mendekati Trawas yang tak lagi jauh , 
saya melihat dikanan jalan ada 
sejenis tempat istirahat yang punya
 panorama lembah yang cantik ..
 sebetulnya bukan karena lapar , 
tapi karena belum pernah saya melihatnya
 selama ini ( maklum beberapa tahun 
saya tidak lagi pernah kesini ),
 saya belok kekanan dan bertanya pada 
petugas disitu " buka to mas ? " ..
" iya bu, silahkan memilih tempat duduknya , nanti waiter kami akan
 akan menemui ibu " .. o gitu .. 
" tolah toleh " karena banyaknya pilihan
 untuk duduk disebelah bawah,
 saya melihat ada beberapa gazebo dan 
payung2 serta tempat makan yang 
" normal " disebuah bangunan terbesar
 disitu . apa boleh buat meski sebetulnya
 belum masuk Jam Lapar ,
 tapi karena pemandangan cantik disitu ,
 saya ingin menikmatinya 
beberapa waktu .
 tak ada pengunjung yang memadati 
tempat ini kecuali beberapa ibu ibu 
yang kelihatannya satu komunitas
 dan saya memilih tempat duduk 
" yang normal  karena duduk ala lesehan
 buat saya agak merepotkan lambung "
 hehehe ..
 saya lihat chefnya seorang wanita ,
 ibu muda dari dua putra putrinya
 yang sedang belajar daring dari rumah
 dan duduk tak jauh dari meja saya .
 keduanya terdengar ngobrol dan guyon 
dalam bahasa Inggris , 
jadi mereka pasti anak2 cerdas yang 
sekolah di tempat yang " cerdas " pula !
 sebelum pesanan datang ,
 saya sempatkan jeprat jepret disitu
 sambil menikmati cantiknya panorama
 dan udara sejuk bersih ! 
tidak take away ? rasanya saya disini 
harus " mengalah " sebab saya
 melihat kebersihan lingkungan dan 
dapurnya serta minimnya pengunjung ,
 maka saya tidak berniat takeaway .
 tempat cuci tangan ada beberapa 
disitu dan masker juga dipakai staf2nya .
 nama warung ini unik yaitu 
" 5758 " alias Lima Tujuh Lima Delapan
 atau disingkat MaJuMaPan , 
sebuah nama unik sekaligus positif
 ( saya menduga ini pasti 
ditemukan oleh pendiri2nya yang
jelas bukan generasi milenial ,
sebab kaum milenial saat ini 
lebih suka memberi nama usahanya 
dengan yang aneh aneh dan
 tidak positif seperti : 
Mbelgedhes , Nelongso , dll 
yang " beraura " kurang positif 
meski maksudnya becanda ) . 
pesanan datang dengan tampilan menarik ,
 bebek goreng yang " terjerat " 
semacam jala jala dari tepung 
dan cah kangkung ! 
sebuah makan siang ultah yang harus
 saya syukuri karena dalam kesenyapan
 di daerah Mojokerto ini , 
sambil menikmati pertambahan usia dalam suasana sejuk dengan panorama cantik !
 setahun yl , ditanggal yang sama , 
02.02.20 saya masih berkumpul dengan 
sekitar 50 teman lebih di 
lantai 5 Royal360^  Batu ,
 dan saat ini saya harus berkesendirian
karena pandemi .. betapa kontras !
oya .. dan sebagai penutup makan , 
saya mendapat pisang goreng
" gedhang kepok " yang yummy .. !
mengobrol dengan chef sekaligus ownernya sangat mengasyikkan , 
bagaimana asal mula resto ini berdiri dsb . hampir dua jam saya puaskan menikmati atmosfer " 5758 " ini  dan akhirnya
 saya harus lanjut ke Trawas hingga
 Taman Dayu ..
 sebuah catatan ultah yang tidak saya duga
 tetapi demikian agaknya kehendakNya ..
 layanan , atmosfer , rasa dan harga
 rasanya saya rela memberi nilai 7
 dari skala 0-10 . 
sebagaimana nama resto ini ,
 semoga ultah ini juga membawa saya
 ke 5758 alias kearah 
yang lebih maju dan lebih mapan , hehehe ..
amien ... 
( catatan dari tanggal 02 Pebruari 2021 ) 
( writing & photos : Titiek Hariati )








Tidak ada komentar: