Sabtu, 20 Februari 2021




.. " Yang Makin Hilang " .. 
dulu , kalau saya melewati Cangar kearah Trawas , 
saya pasti menemui segerombolan kera kera 
diarea tertentu . tapi saya tidak berani beresiko untuk
 turun dari kendaraan dan membagi makanan .
 maka biasanya cukup saya lemparkan saja makanan
 dari cendela yang saya buka sebagian ,
 karena kecepatan mereka mengambil sesuatu itu 
agak mencemaskan .
 beberapa waktu yang lalu saya kembali melewati
 route ini menuju Pandaan , Taman Dayu ,
 lewat Trawas . 
harap2 cemas saya ingin melihat mereka lagi! 
ternyata yang muncul hanya sekitar 3-4 ekor termasuk
 satu bayinya yang digendong sang induk .
 sungguh kontras dengan beberapa tahun silam .
 saya berpikir apakah ini karena habitat mereka
 makin terdesak manusia yang diarea itu
 bermunculan berbagai aktivitas manusia
 yang " mengganggu keseimbangan alam " ? 
di pohon2 yang biasanya disitu terlihat ramai oleh 
mereka , kali ini sepi sepi saja bahkan saya
 mencoba berhenti beberapa menit ,
 tak juga saya lihat yang lainnya . 
Trawas saat ini memiliki jalan raya yang super 
mulus dan lebar , berbeda dengan dulu yang sempit
 dan ber lubang2 . bahkan saya juga melihat 
ada Tujuan Wisata baru disitu , 
yaitu Pemandian Air Panas , Padusan ,
dengan gerbang masuknya yang megah ala gerbang2
 kerajaan2 jaman dulu dalam dongeng2 .
 tetapi ternyata selepas Trawas , 
jalanan masih sama alias sempit dan ber lubang2 . 
maka yang berganti wajah rupanya hanya 
jalanan sepanjang Trawas saja .
saya tiba di Taman Dayu sudah menjelang sore ,
 jadi cukup " cangkruk " sejenak untuk menikmati
 kehijauan dan udara segar disitu, 
disebuah warkop " Telu " sebelum balik arah Malang .
 baru saja kopi sampai di meja dan saya 
belum sempat meneguknya , mendadak angin keras
 dan mendung tebal muncul .. surprise ! 
daun daun dari ratusan pohon2 disitu yang lebat
  dan rindang serta saya lihat usianya
 sudah mulai " senja " membuat khawatir .
 maka kopi saya bawa ke gerobag dan saya tinggalkan
 Taman Dayu yang mendadak " marah " ..
tulisan ini memang merupakan lanjutan dari tulisan 
" 5758 " alias " Madjoe Mapan " yang lalu
 dimana pada ultah saya ( 02.02 ) ,
 saya ingin sedikit menikmati " luar Malang "
 yang sudah hampir setahun tidak saya lakukan .. 
demikian manusia merencanakan,
 alam yang berkehendak ..
betapa kontrasnya bahwa setahun sebelumnya
 saya bisa berkumpul dengan sekitar 50 teman 
tetapi tidak ada yang menduga bahwa itu adalah 
kumpul2 sebelum memasuki pandemi
sehingga hingga kini kami belum bisa bertemu kembali!

sungguh manusia tidak berkemampuan
untuk melihat bahkan sedetik kedepan , 
apa yang akan terjadi dan 
hanya Allah Yang Maha Tahu & Berkehendak ..
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 
catatan dari : 02 . 02. 21 )
keterangan foto :
01 . kera kera yang makin menyusut
02 . mungkinkah mereka perlahan punah ?
03 . gerbang Padusan 
04 . pemandian air panas Trawas
05 . kopi " 3 " Taman Dayu
06 . kenangan sebelum pandemi menjadi jadi 
( Royal 360* , Batu , 02 . 02. 20 )
07 . " farewel " sebelum pandemi ? ....


Tidak ada komentar: