Minggu, 14 Februari 2021





.. " De Kleine , Swiss Sebelah Mana ? " .. 
saya tidak tahu alasan sebenarnya mengapa
 banyak sekali ditanah air , tempat tempat wisata yang
 mengusung tema negeri2 asing sebagai
 konsep wisatanya .
 salah satunya yaitu De Kleine yang ada di 
Oro Oro Ombo Batu . sebetulnya tempat wisata yang
 satu ini sudah berdiri beberapa tahun ,
 tapi saya yang baru sempat kesana 
ustru disaat pandemi . lho ?
 tentu saja dengan pertimbangan matang yaitu 
datang pagi2 , hari biasa bukan hari libur
atau
 weekend , dengan prokes komplit ! mengapa ?
 karena blog ini harus berkelanjutan dan 
butuh informasi2 terutama seputar tempat2 wisata
 yang mampu bertahan disaat pukulan pandemi 
yang berat ini . dugaan tidak meleset ,
 pagi itu saya merupakan pengunjung ke 3 dan
 leluasa untuk memilih tempat cangkruk . 
karena baru buka tentu saja  kesibukan stafnya
 terlihat nyata , sebagian masih sibuk menyapu ,
 sibuk di dapur dan di kasir masih terlihat 
belum siap sama sekali . 
dari tepi jalan raya OOO ( Oro Oro Ombo ) ,
De Kleine ini masuk sekitar 1km tapi sayangnya
 jalannya masih belum diaspal rapih yang
 saya bayangkan dimusim hujan seperti sekarang
 sangat riskan kalau pas deras hujannya ,
 bisa2 selip ... 
sebuah lembah yang disulap menjadi tempat 
cangkruk ,
 dengan beberapa bangunan mirip 
piramid kaca untuk pengunjung yang 
ingin privasinya terjaga .
" dipiramid2 itu ada kamar mandinya sendiri bu ,
 juga tidak tercampur tamu lain dengan 
minimal order 300 ribu " begitu jelas seorang stafnya .
 ( untung saja saya tidak mungkin menghabiskan
 pesanan hingga 300 ribu  kecuali kalau 
membawa rombongan kecil hehehe .. ) .
maka sayapun memilih tempat diluar piramid yang
 menurut saya sudah cukup privasinya .
 ( tokh saya tidak butuh ber rahasia2 hehehe.. ) . 
didekat kasir ada beberapa foto2 dari presiden
 pertama Indonesia , Soekarno yang menurut 
kasirnya memang nuansanya di area itu dibuat 
sedemikian rupa , djadoel dan bersejarah dengan
 foto foto jaman perjuangan kemerdekaan . 
oya , berhubung sudah disitu dan saya lihat daftar 
menu ada nama nama nasgor yang unik maka
 sayapun memilih dua nasgor ikonik mereka 
plus ronde  ...
sambil jeprat jepret ,
 rupanya disitu ada ikon lain yaitu banyaknya
 kucing kucing yang mengelilingi meja saya hehehe .. 
dan kebetulan sebelum saya membuat tulisan ini , 
saya telah banyak berkeliling ke
 tempat2 wisata yang ber lembah2 sebagaimana
 trend yang ada saat ini .
 beberapa diantaranya memang luar biasa cantik
 seperti misal De Potrek di Cangar atau 5758 di
 Mojokerto di Cangar atau Rumah Susu 
di Panderman Hill dll  
sehingga bagi saya De Kleine ini termasuk yang
 " standar standar saja " meskipun untuk pencari 
ketenangan dan udara sejuk , memang tempatnya .
 sayangnya saya tak mendapat informasi tentang
 alasan memberi nama De Kleine .
 saya hanya menduga duga bahwa mungkin
 yang dimaksud adalah " Swiss Kecil " dimana 
dulunya Batu memang menjadi tempat istirahat
 para petinggi Belanda dijaman kolonial
 dan dibeberapa tempat mereka menjulukinya
 sebagai Swiss Kecil karena kemiripannya
 dengan negara negara dikaki Alpen 
meski minus salju hehehe .. 
kalau menurut saya ( kebetulan memang pernah
 ke Swiss  ) dibeberapa bagian yang
 berhutan pinus dan cemara memang lumayan
 mirip meskipun ketika melihat bangunan2nya
 tentu saja sama sekali tidak mirip . 
tetapi apapun , upaya pengelola De Kleine ini patut
 di hargai karena ingin kembali
 " menghidupkan sejarah " Batu
 sebagai tempat peristirahatan para petinggi kolonial
 yang saat ini dapat menjadi tambahan 
pengetahuan bagi generasi milenial yang 
mungkin saja kurang memahaminya ..
untuk rasa menunya , saya beri nilai 6.5 skala 0 - 10 ,
 untuk harga , layanan dan atmosfer nilai 7 .
 kalau tampilan nasgor2nya biarlah saya nilai 7 .
De Kleine adalah seumpama charger buat
 batterei yang sedang lowbat,
sebuah pergantian atmosfer disaat pandemi yang
 kita butuhkan karena udara disekitar
 lingkungan kita saat ini cukup menyesakkan .. 
( bagaimana tidak ketika beberapa warga 
dilingkungan saya ada yang terpapar covid hingga
meninggal , sehingga saya hampir selalu
merindukan udara segar ... ) 

( Writing & Photos : Titiek Hariati , Pebruari 2021 )
keterangan foto :
01 . kucing melompat 
02 . kehijauan De Kleine
03 . becak yang entah apa maknanya
04 . mangga bergelantungan
05 . piramid dengan minimal order
06 . staf / kasir yang ramah
07 . nasgor telur
08 . ronde dikesejukan udara
09 . saya ditemani kucing2
10 . nasgor udang
11. de Kleine atau si Kecil
12 . tempat parkir

Tidak ada komentar: