Jumat, 20 November 2020

 
 
 
 
.. " Malang Raya Kaya Dengan Metik Metik " ..
wisata metik apel sudah biasa .
 metik strawberry juga . metik jeruk ya sudah biasa .
 metik apa lagi ? maka saat seorang teman 
menginfokan metik melon / MM ,
sayapun mulai  tertarik sebab " sak jeg jumbleg "
 di Malang puluhan tahun saya 
belum pernah MM ini .
 bukan karena tidak tahu , tapi " selalu kalah " 
dengan tempat tempat " spektakuler " lain di 
Malang Raya yang lebih menantang semisal 
: laut , gunung , danau , hutan , sungai , bukit , goa dll
 nya yang menuntut adrenalin ! 
 tetapi pandemi memang membalikkan keadaan dimana
 pencarian hal hal dan tempat tempat yang aman
 menjadi prioritas dan bukan lagi adrenalin .
terletak sangat dekat dengan rumah saya ,
 hanya sekitar 15 menit , sayapun menyiapkan
 waktu khusus blusukan kesebuah kebun buah . 
 ada jambu , melon dll disana . yang sedang berbuah
 adalah melon . Sengkaling adalah nama desa
 yang populer dan tidak jauh dari 
Wisata Sengkaling inilah kebun melon ini berada . 
masuk gratis , parkir gratis dan metik melon juga gratis
 kecuali saat pulangnya akan lebih dulu ditimbang
 berat petikan kita . 
begitu masuk kedalam kebun yang superluas itu ,
 mata akan tertumbuk dikejauhan pada gagahnya
 Gunung Kawi dan Bukit Panderman yang legendaris !
 melewati area kebun jambu yang baru akan
 berbuah Maret tahun depan , saya masuk diarea
 kebun melon yang nampak buahnya
 " pating nggrandul " dimana batang batangnya 
terlihat mulai keberatan menahan beban berat buahnya !
 ( kebun ini adalah milik provinsi yang dikelola 
oleh petani2 harian ) . wow .. pilih sana sini ,
 metik sana sini , padahal sebenarnya saya tidak ahli , 
akhirnya saya dapat sekitar 9kg melon .
 tetapi berdasarkan warna kulit luarnya ,
saya berharap pilihan saya tidak meleset hehehe ..
 pulang membawa 7/ tujuh buah melon dengan hanya
 membayar 40 ribu rupiah adalah  sebuah 
petualangan kecil yang murah meriah dan
 menyegarkan paru paru ..
tentu kedepan , saya tidak akan abaikan lagi 
acara metik2 seperti ini dan semoga segera disusul 
dengan metik " pohon duit " ups ... ! 
 ( jangan salah , setiap orang adalah penanam 
pohon duit yang lebat tidaknya bergantung 
pada ketekunan , kesabaran , keuletan dan 
doa doanya
 agar buah yang dipanen adalah buah buah
 yang diridhoiNYA , aamiin .. )
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Malang , 20 .11. 20 )
keterangan foto :
01 . sejauh mata memandang , cantik ..
02 . tujuh melon hanya 40 ribu
03 . pating grandul ..
04 . menuju penimbangan melon
05 . kandang sapi , simbiosemutualistis ..
06 . kebun melon yang luas 
07 .  diawal jalan masuk adalah kebun jambu
 

Tidak ada komentar: