Sabtu, 06 Juni 2020



 
.. " Unfollow Karena Beda Generasi ? " .. 
usianya belum genap 16 tahun tapi cara berfikirnya
 melesat melampui mereka yang bahkan
 sudah berkepala 5 . lewat sosmed kami sering
 sharing karena PSBB ini dan New Normal pun
 belum sepenuhnya aman , jadi sosmed bisa
 menggantikannya . 
dia panggil saya " Te " singkatan tante walaupun 
saya bukan adik ortunya , kami hanya bertetangga
 beda RW dan saya kenal baik dengan ortunya .
 ia menemu bahwa ngobrol lewat sosmed dengan 
saya itu nyaman sebab ortunya konon gaptek
 sehingga segala sesuatunya 
harus secara fisik .
tapi sungguh saya tidak merasakan itu sebab kepada
 siapa saja , tua muda , besar kecil , cowok cewek ,
 sepuh tidak sepuh , saya nyaman2 saja . 
apalagi dijaman masih berdiri didepan mahasiswa/i 
dulu , rasanya bisa nyambung dengan
 generasi dibawah saya . 
tetapi pendapat remaja yang satu ini ,
 saya samarkan namanya sebagai Ira , 
saya sering ter " plongo2 " dengan pendapat2nya
 yang melesat . kemarin di WA nya begini : 
 " te , temen2 Ira itu pada narrow minded .
 masak ngga mau follow orang2 yang beda generasi .
 padahal justru dengan yang beda generasi
 kita bisa jadi orang yang open dan broad minded !
 mereka sukanya ngikutin applikasi2 yang baru2
 supaya nggak terlihat ketinggalan , 
padahal cara pikir mereka tertinggal jauh 
karena banyak perkembangan jaman lainnya
 diluar applikasi2 itu .. sebel , 
jadi ngga nyambung dah .. " ..
 saya surprise .
 tetapi diam2 99% saya membenarkannya karena
 itu juga saya alami . dulu , saat nama penulis dalam
 blog saya masih saya singkat " TH " 
dan penulisan masih netral seputar tempat2 
tujuan wisata atau wisata kuliner Malang Raya ,
 statistik pembaca saya lumayan tinggi .
 setelah saya mulai tulis lengkap nama saya 
sebagai penulis blog dan tulisan2 banyak yang 
menyangkut anak anak saya yang
 sudah menikah semua , tiba2 pembaca anjlog
 karena mereka mengetahui bahwa blogger nya 
bukan segenerasi dengan mereka ! 
anehnya , pembaca2 dari luar
 ( luar Indonesia maksudnya ) masih bertahan
 yang entah pada level usia berapa saya tidak tahu .
( padahal dalam tulisan2 saya hampir 75%
 sering menyelipkan istilah2 bahasa daerah yang 
tidak ada dalam kamus manapun ! )
 tentu saya tidak serta merta menyimpulkan bahwa
 pembaca blog Indonesia lebih menekankan
 faktor kesamaan usia atau generasi dibanding
 melihat konten tulisan . saya belum membuat 
survey tentang itu yang kalau saya buat
 rasanya sudah valid sebab saya buat blog
 ini sejak 2008 .. !
 lalu kalau saya perhatikan acara2 TV luar negeri 
dalam program2 Peluncuran Buku Baru
 yang dihadiri penulis dan penggemarnya yang
 antri untuk minta tanda tangan dibukunya , 
saya lihat begitu jauh perbedaan generasinya . 
si penulis umumnya diatas 50 dan penggemarnya 
yang berjubel antri rata rata seusia 20 hingga 40 an ..
 apa boleh buat kalau 
" buku masih dinilai sampulnya " , 
agaknya bukan cuma pepatah kosong jika
 dihubungkan dengan alasan Unfollow tadi ..
maka WA si Ira saya jawab begini :
 " andai semua segenerasimu punya pemikiran
 sama dengan kamu , kita bakal melesat jauh 
diatas kehebatan China ! " 
.. Ira bertanya " mengapa harus China ? " .. 
 
saya jawab 
" untuk sebuah kemajuan , jangan segan untuk
bahkan mundur 10 langkah kemasa lampau
 dan belajar dari generasi2 pendahulu
 serta menyerap ilmu dan kearifannya ,
 guna melangkah 100 langkah kedepan ,
 itu yang mereka lakukan dan sesuai ajaran
 dalam buku filosofer mereka ,
 Sun Tzu .. " ..
 Ira merespon " setuju Te , maksudku juga gitu
 bahwa kita ini jangan membatasi diri 
dalam kotak2 generasi , sebab
 generasi digital ini ada adalah juga berkat adanya
 generasi2 sebelumnya yang memberi fondasi
 pada penciptaan komputer dst .
 jangan dikira komputer itu ada begitu saja ,
 jadi ini adalah sebuah rangkaian kehendak sejarah
 agar antar generasi bisa saling menghormati
 dan menghargai jasa masing masing disetiap
 kebutuhan sejarah "
 
.. lho lho lho , waduh .. saya makin surprise
 dengan si Ira ini , bahkan dengan percepatan dia
 sebagai calon lulusan SLTA sebentar lagi ,
 jangan2 bocah ini bisa S1 pada usia 18 atau
 .. presiden diusia 25 ? never knows ..
 sungguh usia bukan sebuah batasan atau 
peng kotak2an , karena ia seperti air mengalir yang
 menetes dari atas kebawah untuk selanjutnya
 dan selanjutnya membasahi dan
 menyuburkan sekitarnya .. 
follow dan unfollow memang hak setiap orang ,
 hanya orang dibedakan atas jenis
 ( pinjam istilah bocah 16 tahun tadi )
 antara Narrow Minded dan Broad Minded .
lagi pula yang tambah bikin runyam adalah bahwa 
dijaman edhan ini bahkan sudah tersedia 
Jual Beli Follower
yang secara terbuka ditawarkan , 
jadi makin sulit saja membedakan motif orang
 untuk Follow dan Unfollow sebab  
ujung2nya adalah Do It ( duit .. ! )
 tersebab  iklan dll .
 maka saya sangat setuju Ira ,
 bahwa setidaknya motif dari  Unfollow adalah
 karena beda generasi yang bagaimanapun ini masih
  lebih jujur daripada terikut 
jual beli follower , 
meski menurut Ira ini menunjukkan 
" narrow minded " seseorang .. !
( Writing by Titiek Hariati , Malang , 07 . 06 . 20 )
keterangan foto : 
foto ke 07 ) dari atas , sudut kiri almari buku saya
( gambar2 kartun  lainnya diambil dari google )

Tidak ada komentar: