Jumat, 13 Januari 2023

 
 .. " Jalan Pagi Tidak Penting  " ..
bagi yang sibuk bekerja , mengajar , sekolah ,
 kuliah , ibu ibu rumah tangga dengan keluarga besar
 ataupun bahkan yang sama sekali 
" tidak ngapa ngapain " , 
Jalan Pagi memang tidak wajib ! 
sungguh tidak ada yang mewajibkan !
 
 maka ketika seseorang menegur saya begini :
 " lho ..ngga pernah jalan pagi ya .. itu terapi murah 
dan sehat lho sebab seusia kita ini kalau kurang 
gerak tambah " nglemprek " ( lemah ) .. " . 
hehehe .. rupanya sang penegur belum pernah
 ketemu saya dijalan pagi ya .. saya senyam senyum
 saja dan saya bilang " thanks diingetin .. iya sih penting , 
apalagi kalau abis jalan pagi langsung cari pecel ... " 
kami " ngakak " bersama .. 
( rupanya itu kebiasaan sang penegur juga ) . 
 
 
naa .. sebetulnya saya punya 4/empat pilihan rute 
jalan pagi yang tiap kali saya ganti ganti supaya
 tidak jenuh yaitu : 
01 ) Raya Tlogomas - masuk tlogomas gang 8 - 
turun sampai jembatan ex Belanda - naik -
 masuk Raya Saxophone - sampai gerbang masuk UMM -
 turun ke lapangan bola UMM - jembatan sungai UMM - 
naik hingga Raya Tlogomas - pulang .
 
02 ) Raya Tlogomas - melewati Apartemen Begawan - 
jembatan Tlogomas - Raya Saxophone - 
masuk kampus UMM - turun ke jembatan sungai 
di UMM - naik hingga Raya Tlogomas - 
Apartemen Begawan - pulang . 
03 ) mulai dari BCA Jalan Kawi kearah 
Ijen Boulevard - Jalan Simpang Ijen - 
memutar balik di depan Kampus Pariwisata Unmer - 
menyusuri Jalan Ijen hingga rumah dinas walkot -
 balik ke BCA Kawi . 
 

 
 
04 ) perumahan Bukit Vila Tidar 
( Jalan Joyo Agung belok kiri ) - masuk perumahan 
hingga keujung perumahan - putar balik dan 
masuk ke  blok samping perumahan - 
berhenti di komplek ruko untuk ambil gerobag -
 selanjutnya nyambung ke perumahan sebelahnya 
yaitu Graha Dewata - mengelilingi perumahan 
hingga keujung selatannya - 
akhirnya kembali ke gerobag - pulang . 
naaa ... jangan heran kalau rute rute diatas rata rata 
hanya sekitar 4-5KM saja , harap dimaklumi bahwa
 saya adalah " mantan milenial " sehingga 
harus mengukur dengan kemampuan hehehe .. 
 
naa .. kalau setelahnya selalu berakhir di pecel
 atau soto atau rawon , harap juga dimaklumi 
karena untuk bikin sarapan setelah jalan pagi 
rasanya cukup malas / capek hehehe ..
lagi lagi ada yang menegur saya supaya menu sarapan
 jangan nasi tapi lebih ke salad atau roti gandum 
atau jenis jenis sereal seperti cornflake dll ! 
lha ini masalahnya , perut Jawa sering protes 
" sarapan kok ala bule , ngga kenyang " .. hihihi ...
 ( walaupun saya pernah 13 tahun hidup ala bule 
di Eropa , tetap saja ditanah air bagi saya pecel 
lebih afdol untuk sarapan hehehe ... ) . 
 
 
naa .. saya punya dua warung pecel favorit setelah
 jalan pagi , yaitu satu di Jalan Bareng dan 
satunya di Raya Tlogomas dengan peyek mereka 
yang kemripik plus jeruk panas hmmm ...
maka , buat yang kebetulan berpapasan dengan saya
 baik di rute 1 , 2 , 3 atau 4, jangan lupa menegur ya
 supaya saya tahu bahwa anda adalah 
salah satu pembaca tulisan  ini hehehe ... 
kemanapun pembaca memilih rute jalan pagi , 
yang lebih penting adalah bahwa 
Jalan Pagi  Membuat Jiwa dan Fisik Menjadi Fresh , 
sehat dan : menambah teman imun plus healing  !
 
( saya sering bertemu  teman baru yang sedang 
berjalan kearah yang sama ataupun berlawanan 
atau di warung soto atau pecel ) 
 naaa .. masih ada yang berani mengatakan bahwa
 Jalan Pagi Tidak Sehat ? yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 13.01.23 )
keterangan foto : 
01 . raya saxophone
02 . dekat jembatan ex Jaman Belanda 
03 . diatas jembatan sungai di UMM
***
04 . taman merbabu
05 . jalan ijen
***
06 . pecel jalan bareng 
07 . pecel jalan bareng , ritual setelah 4km
***
08 . raya saxophone
09 . dalam kampus UMM ( 01 )
10 . dalam kampus UMM ( 02 )
12 . dalam kampus UMM ( 03 )
13 . dalam kampus UMM ( 04 ) 
***
14 . graha dewata , Garuda Wisnu Kencana
15 . view daru Graha Dewata
***
16 . Taman Slamet ( 01 )
17 . Taman Slamet ( 02 )
18 . Taman Slamet ( 03 )
***
19 . pesan Kasus Kanjuruhan di Ijen Boulevard
20 . tua muda santai sepanjang Ijen
21 . ijen
***
22 . homeless tapi damai hehehe ..
23 . " sepanjang jalan kenangan masa SD " 
di Ijen 32
24 . sawah dekat jembatan ex Jaman Belanda
*** 
pecel bareng

Tidak ada komentar: