Jumat, 24 Januari 2020

Serial Menutup Akhir Tahun 2019
 Dengan Catatan Padat 
( 16 )
.. " Malam Tahun Baru
2019/2020 Yang Nyenyet .. " ..

dari serial ( 01 ) sampai dengan ( 16 ) ini ,
 semuanya ada dalam bulan Desember kejadiannya .
 jadi rata rata dua hari sekali saya kesana kesini 
untuk berbagai undangan , acara maupun 
" keluyuran " saya sendiri , 
betul2 Desember yang padat .. mengapa ? 
karena di sela2 tanggal yang " nampak kosong "
 / tidak ada acara atau undangan , 
sebetulnya saya justru lebih sibuk dengan kegiatan
 rutin di masjid Al Gazali yang hitungannya
 seminggu dua kali mengikuti PPTQ 
( Program Pelatihan Terjemah Quran ) .
hari Rabo adalah hari kelompok belajar ,
 dan hari jumat nya bersama ustaz untuk memeriksa 
PR dan pengajiannya . 
masih belum bergerak dari Juz 8/ delapan dalam 
3/tiga tahun ini , padahal keseluruhan Al Quran 
ada 30 Juz ! maka sebetulnya " tiada hari "
 tanpa kegiatan , tetapi justru itulah yang saya syukuri .
 sebab ada sebagian dari angkatan saya
 yang lebih banyak " trenguk tenguk " dirumah
 bahkan didepan TV seharian sebagai
penghobi sinetron dll !
 sebuah hal yang mustahil bagi saya !
naaa ... ketika akhirnya kalender menunjuk
 31 Desember 2019 , saya yang sejak semula memang
 tidak punya rencana khusus untuk
 bermalam tahun baru , maka secara spontan 
saya mengajak beberapa teman untuk sekedar
 " melihat lihat atmosfer " New Year Eve 
untuk bahan blog ini . 
diluar dugaan , ini mendapat sambutan antusias
 " ayoooo .... " ... maka kami ber 4 
malam tahun baru yl mencoba menjadi
" reporter "dengan mengelilingi kota Malang 
sampai dengan Batu . tapi satu diantara kami
 harus turun di Rumah Sakit sebelum jam 00
 untuk menjaga ibundanya . 
tersisa 3 orang , kami lanjutkan perjalanan kearah
 Batu hingga Alun Alun Batu dan 
balik lagi arah Malang . 
tanpa direncana , di area Soehat Malang , kami menjalani
 jam 00 dengan sedikit atraksi kembang api 
yang hanya berlangsung sebentar ..
route lengkap kami adalah :
 Bukit Hijau - MT Haryono - Betek - Ijen - Kawi 
 ( berhenti untuk makan bakso GUN di Kawi ) 
lalu lanjut ke Dieng - balik kearah kota sampai
 Alun Alun - Balai Kota - Stasiun - Celaket - 
Oro Oro Dowo - Ijen - Veteran - Gajayana -
 Dinoyo - sampai dengan Alun Alun Batu 
- balik lagi arah Malang - dan berhenti
 di Soehat pada jam 00 . 
selanjutnya kami ke McD di dekat Watu Gong
 untuk membungkus beberapa menu guna 
dimakan dirumah saya . 
sekitar jam 12.45 kami tiba dirumah dan 
ngobrol sambil makan menu McD .
kesan kami ber 3 adalah sama : 
Malam Tahun Baru ini di Malang dan Batu adalah
super tenang , sepi , minus Konvoi dan Merconan
yang biasanya memekakkan telinga .
 sungguh kami cukup surprise bahwa jalanan
 di mana mana lengang dan sama sekali 
tidak nampak gerombolan untuk konvoi atau
 terompetan atau merconan yang dulunya
menjadi tradisi !
tidak heran bahwa route diatas bisa kami selesaikan 
kurang dari 1,5 jam karena jalanan sama sekali
 tidak ada kemacetan. 
memang cafe2 apalagi yang ada disepanjang
 Malang - Batu padat pengunjung tetapi 
menjelang jam 00 justru sudah tutup ! 
hanya hotel hotel yang terlihat ramai yang bisa kita
 lihat dari mobil2 yang parkir
 dihalaman halaman hotel . 
 ada beberapa kemungkinan yaitu :
 makin banyaknya ceramah2 di Masjid yang
 menghimbau agar Malam Tahun Baru lebih pas untuk
 dipakai beribadah baik di masjid2 maupun 
rumah daripada membuat kebisingan di jalan jalan . 
juga bagi umat muslim , tahun baru umumnya 
lebih dirayakan pada 1 Muharram  ,
 sehingga nampak makin sedikit umat muslim yang
 ikut ber tahun baru mengikuti
 kalender Masehi .
sungguh pergantian tahun kali ini terasa Nyenyet 
( lengang atau sepi ) .  
apakah benar karena ini atau ada alasan2 lainnya ? 
( wahh .. saya harus melakukan survey tentang
 hal ini dengan lebih teliti )
demikian catatan kecil saya tentang 
Malam tahun baru 19/20 , 
dan semoga tahun 2020 lebih banyak membawa 
kebaikan dan hal2 positip bagi kita semua 
karena disetiap perubahan atau hal baru selalu 
ada harapan ... 
aamiin....
( Writing & Photos by Titiek Hariati , December 31 , 2019 )
keterangan foto : 
01 . saya jepret temen2 tahun baruan ini 
dirumah saya saat sudah lewat jam 00 
dan siap siap buka bungkusan McD
karena cuma McD yang 
masih buka sampai jam 2 malam ..  
02 . mereka ngobrol2 dan saya yang jeprat jepret




 

Tidak ada komentar: