Rabu, 22 Januari 2020


 Serial Menutup Akhir Tahun 2019 
Dengan Catatan Padat 
( 13 )
.. " Saweran dan Dangdut Bersama 
Panglima Kostrad " ..
17 Desember 2019 yang lalu saya mendapat 
" paksaan " untuk datang di acara
 Lepas Sambut & Tradisi Korp
YonKes2 / YBH / 2 Kostrad
dari Let.Kol. Ckm dr. Jefry Frederik L , Sp. An . M.Kes
kepada penerusnya
Mayor Ckm . dr . Ayiq Machmud , Sp. OT
didaerah Karang Ploso Malang karena komandan
 yang lama berencana meneruskan studynya .
lingkungan militer sudah tentu bukan lingkungan yang 
familiar dengan saya , sehingga diawalnya
undangan ini membuat saya sedikit canggung.
( kalau saya mau jujur,  pertama kali dalam 
hidup saya mengenal lingkungan militer adalah
 justru semasa SMA .
 saat itu sungguh saya tidak tahu bagaimana asalnya 
koq tiba tiba saja ayahanda saya ( almarhum ) 
seringkali " sewot " . mengapa ? 
karena tiap Sabtu sore / malam minggu ada saja 
teman teman dari AMN ( Akademi Militer Nasional ) 
dan juga dari Akademi Maritim yang 
" ngapel " kerumah hehehe ..
 dan  karena saya masih culun, sungguh tidak paham 
" tata krama " diantara mereka yaitu
 bila yang datang lebih dulu memiliki kepangkatan
 lebih rendah maka ybs harus pamit saat muncul
seniornya yang datang belakangan ..
diawalnya ini membingungkan saya karena
 ditengah obrolan tiba tiba berpamitan saat 
seniornya muncul hehehe .. 
 namun takdir berkata lain , 
ternyata saya malah menikah tidak dengan
 kalangan militer tetapi dibawa terbang 
sang rajawali yang ilmuwan jauh menyeberangi benua
 hingga belasan tahun disana .. d e s t i n y .. ) .
 oya .. saat acara serah terima berlangsung dimana
 Panglima Kostrad juga hadir dan memberikan
 sambutannya , barulah saya  " nggeh ... " tentang 
peran penting YonKes ini , 
justru dari isi pidato Panglima yang siang itu
tampak sangat kharismatik . 
" berbanggalah wahai para prajurit bahwa 
kalian adalah penyelamat disaat darurat 
terutama darurat bencana alam yang seringkali 
tidak mampu tertangani oleh tenaga2 lain maka
 kalianlah yang maju karena kalian memiliki
 kemampuan untuk kondisi dan situasi darurat
 seperti yang telah sering dibuktikan
 selama ini .... 
maka sesungguhnya kalian adalah .... dst dst " ..
 itu adalah potongan sambutan Panglima Kostrad
 siang hari itu yang dihujani applaus !
 jadi saya membayangkan para tenaga medisnya 
mulai dokter , perawat dll yang berasal dari 
YonKes ini adalah " pahlawan2 situasi darurat "
 yang dipersiapkan untuk situasi2 mendesak
bahkan kalau perlu mereka juga harus 
terjun payung dll seperti layaknya militer ! 
saya terharu . 
acara ternyata berlanjut dengan goyangan para
 prajurit2 mengikuti irama penyanyi dangdut yang 
para pemain musiknya seluruhnya adalah
 prajurit2 yang berseragam militer ! 
sebuah pemandangan menarik ! 
 lebih seru lagi ketika serah terima kenang2an dari
 berbagai kalangan untuk komandan yang akan dilepas ,
 ternyata beliaunya sempat menebar saweran
 yang membuat suasana hiruk pikuk karena
prajurit2 berebut lembaran2 merah hehehe ...
 komplek YonKes2/Kostrad ini sangat nyaman 
dan sejuk dan konon menjuarai
 lomba lingkungan se Jatim !
saya tinggalkan acara yang menarik ini bersama
 senior saya ibu Turseno yang almarhum suami beliau
 adalah mantan dirut RSPAD .
 diam2 disepanjang perjalanan pulang saya melamun
 betapa dekatnya dalam hidup saya
 nyaris bersentuhan dengan lingkungan militer tetapi
akhirnya betapa jauhnya takdir menentukan
 bahwa saya bersentuhan dengan dunia ilmuwan 
yang berjarak ribuan kilometer dari tanah air ...
 tidak ada yang lebih atau kurang ,
takdir memang sudah menakar kita sesuai dengan
 apa yang lebih baik untuk kita karena
 IA Yang Maha Berkehendak ...
KUN FAYAKUN.. !
 
( Writing & Photos by Titiek Hariati , Desember 17th , 2019 ) 
keterangan foto : 
01 . ... serunya sawera ...
02 . para pewarta yang gagah gagah ..! 
03 . bersama ibunda Let.Kol. Jefry dan ibu Turseno ( merah )
 dan seorang dokter beserta istri .
04 . para prajurit yang siaga darurat
05 . ibu Jefry dan para staf
06 . seorang pewarta militer sedang mengabadikan saweran
 dan saya mengabadikan keduanya cukup dari meja saya 
07 . ibu ibu Dharma Wanita
08 . Ibunda Let.Kol. Jefry . ibu Turseno dan saya .

Tidak ada komentar: