Rabu, 21 Agustus 2019



.. " Soto Banjar , Berapa Lama ? " ..
tiap kali saya melihat cafe atau warung atau kedai baru,
 ada perasaan " miris " dalam hati . mengapa ? 
dalam blog ini , saya hampir menulis 
sejumlah 400 warung , kedai , cafe , resto dll se
 Malang Raya sejak 2008 . dan dari jumlah itu
 yang bertumbangan alias bangkrut sejumlah
 50 an bahkan mungkin lebih karena 
saya tidak menelitinya secara akurat tetapi hanya
 mendasarkan pada apa yang sudah ada di blog ini . 
maka ketika 3 hari yang lalu saya menemukan warung
 cantik di Jalan Raya Langsep Malang yang 
merupakan cabang dari warung Soto Banjar di 
Surabaya , saya diam diam berharap bahwa 
warung ini akan mampu bertahan . 
belum berusia dua bulan , warung ini memang
mengkhususkan diri pada menu menu khas Banjar .
 teman yang bersama saya siang itu sempat berbisik
 pada saya " kalo Soto Banjar yang terkenal enak 
itu yang di Cengger Ayam .. " . 
tentu saja saya tidak berkomentar sebab belum
 pernah mencobanya ke alamat tersebut dan
 saya yakin teman tersebut juga belum pernah mencoba 
yang di warung baru ini , jadi bagaimana bisa 
" men judge " nya hehehe .. 
dua menu berbeda kami pesan , 
Nasi Kuning Ayam dan Soto Banjar ( ayam tentunya ) . 

atmosfer warung ini memang nyaman dan lokasinya
 yang di pojok jalan membuatnya cantik sebab
 membentuk huruf L . kami bahkan diajak kelantai dua
 yang dapat disewa untuk pertemuan2 meskipun
 saya khawatir dengan tangga putar untuk naiknya
 yang pastinya membuat " alergi " buat 
yang sepuh2 hehehe .. 
komplain pertama tentang menu justru datang dari 
teman saya yang memesan menu Nasi Kuning .
 " mbak , tadi saya kan pesan ayamnya paha ,
kok ini dikasi dada ? juga nasinya sedikit keras
padahal nasi kuning umumnya nasinya lembut 
karena bersantan ? " .. 
saya yang memesan Soto Banjar plus ketupat , 
menemukan bahwa dari segi rasa ya " begitulah " , 
tidak ada yang beda dengan Soto Banjar ditempat lain
 atau dari skala 1-10 saya memberi nilai 6 .
 standar .
 tapi berhubung teman tadi terlanjur kecewa dengan
 Nasi Kuningnya , maka sayapun saat keluar 
hanya bisa berharap harap cemas bahwa pengunjung2 
seperti kami masih akan kembali lagi 
ke warung cantik ini ...

  boleh saja bermunculan ,
 tetapi para survivors adalah mereka2 yang mampu
 bertahan dalam unggulan 
Rasa , Harga , Layanan dan Atmosfer .. 
maka untuk warung yang satu ini saya hanya bisa 
mengatakan " what will be , will be .. " ... 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , Malang 22 . 08 . 19 ) 
keterangan foto : 
01 . teras luar
02 . soto banjar plus ketupat 
03 . lorong luar yang nyaman
04 . nasi kuning yang dikomplain
05 . soto banjar " standar "
06 . sebagian daftar menu
07 . banner luar
08 . sebagian atmosfer dalam








 

Tidak ada komentar: