Minggu, 12 Februari 2023




 
.. " Ada Apa Di Kampung Wisata 
Jl . H. Sultan Hasan Salim , 
Batu? " ..
laksana menebar jaring di sungai yang banyak ikan , 
satu siang saat saya berada di area 
Jl. H. Sultan Hasan Salim , BATU , ternyata saya 
mendapat sekaligus 5 tempat menarik ! 
wow .. tentu saja tidak saya sia siakan senyampang 
berada di sana dengan mengunjungi satu persatu 
meski tidak berarti saya harus nyamil 
disemua tempat . saya ajak satu persatu yaa ... :
 
( 01 )
" WARUNG MADHANG GODHONG GEDHANG "
warung yang letaknya terlihat paling ujung ini 
menarik saya sebab terlihat masih gres dan siang itu
 kebetulan sepi . setengah ragu saya masuk
 dan bertanya " sudah buka  ? " . 
saya dipersilahkan masuk dan warung bergaya 
tradisionil dengan dominasi batubata dan kayu ini 
mengingatkan pada gaya gaya Warung Tani , 
Hamur Joyo , Omah Madhang Sarijoyo dll . 
 
 
ternyata memang masih gres dan menurut stafnya , 
mas Ismuhadi , saat ini masih soft opening .
 saya berkeliling untuk jeprat jepret dan warung ini
 memang punya panorama lumayan yang pada 
malam hari tentunya lebih terlihat cantik !
 gazebo dan gubug gubug kecil mengelilingi sebuah
 taman dan disiang hari pastinya akan  terasa 
agak panas untuk duduk dioutdoor . 

 

 
Bakmi , Bihun , dan Soto serta berbagai olahan Ayam
disamping Capcay dll .  
tetapi karena saya juga melihat ada beberapa menu 
kambing , sayapun sengaja memesan 
Krengsengan Kambing dan Sup Kambing . 
untuk minuman saya cukup pesan teh saja 
( karena jeruk panas belum ada ? ) dan masih ada
 lumpia diakhir pesanannya . 
menikmati atmosfer warung yang gres ini , memang 
lumayan nyaman meskipun belum 100% bisa
 menilainya bagaimana saat warung ramai pengunjung ?
 
 mas Ismuhadi dengan puluhan tahun pengalamannya
 diberbagai hotel gede sebelum akhirnya mendarat 
di warung ini , agaknya menjadi mentor dari para crew
 warung yang umumnya masih culun . 
sekitar dua jam saya disitu , saya tinggalkan warung ini
 dengan sebuah catatan bahwa ditengah ketatnya 
persaingan warung warung sejenis , 
maka LHAR ( Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ) 
adalah empat faktor yang harus tetap dijaga agar
 kastamer akan selalu kembali & kembali lagi .. 
 
 
bagaimanapun , selamat untuk 
Warung Madhang Godhong Gedhang , semoga 
mampu bertahan ditengah sengitnya persaingan 
jagad kuliner Malang Raya saat ini .. 
 
( 02 )
 .. " OMAH KOEMPOEL " ..
hampir sejenis dengan warung pertama , 
warung lawas ini juga bergaya tradisionil bahkan 
tradisionil yang jadul hehehe ..
beda dengan warung nomor satu diatas , disini lebih
agaknya  disukai milenial karena memang untuk 
cangkruk dan ngopi dengan harga yang
" lebih keanak kos " !
 
 
sebut saja Nasi Pecel 16K , Soto Ayam 18K , 
Nasgor Jawa 18 K atau yang menu asing seperti 
Nasi mangkok Black Peper 18 K dll. 
Nasgor andalannya yaitu Nasgor Kompoel atau 
Mie Godhog Kompoel yang sama sama 20K . 
yang hanya cari camilan ada Kentang goreng.  
tahu petis , lumpia dll antara 8-12K .
 didaftar minuman ada bermacam Teh , atau 
wedhang rempah , coklat , susu  dll . 
 
 
 sesusai nama warungnya , sangat nyaman tampaknya
 untuk kumpul kumpul reunian atau syukuran dll 
meski pun reservasi juga perlu agar tidak tumpang tindih
 dengan pertemuan atau event lain . 
karena saya sudah makan siang di warung yang 
pertama diatas , saya hanya melakukan jeprat jepret 
untuk blog ini dan lain kali pasti saya akan kesana lagi !
 
( 03 )
.. " KOLAM PANCING " >>
masuk di gerbang " Kampung Wisata " yang ada 
di Jl. Sultan Hasan Salim Batu , kita akan melihat
 adanya Kolam Pemancingan berjuluk 
" Ayo Mancing " dengan kolam yang cukup luas . 
siang itu hanya tampak sekitar 4 orang yang sedang 
dengan alat pancingnya . 
 
 
saya tidak bertemu salah satu crewnya untuk minta
 informasi tentang biaya mancing dll nya . 
tetapi sepintas yang saya lihat adalah atmosfernya 
yang yampak lumayan nyaman dengan 
luas kolamnya yang gede . 
 
mungkin lain kali saya akan coba untuk
 memancing disana dan kali ini saya hanya berfokus
 pada jeprat jepret saja !
 
( 04 )
.. " AYO CAFE , Desa Sisir BATU " .. 
dipintu masuk gerbang " Kamping Wisata " disitu , 
masih diaera yang sama , 
serta berdekatan dengan Kolam Pancing diatas ,
 ada sebuah cafe lain yang tak kalah cantiknya 
berjuluk " AYO CAFE " ! 
 
 
 
diwarnai oleh sentuhan tradisionil baik bangunan 
maupun  interior nya , banyak memunculkan tokoh
 pewayangan disitu . 
saya lakukan jeprat jepret karena cafe ini 
tampak lumayan unik.
 masih termasuk " baru bangkit kembali " setelah 
pernah terpapar pandemi , kedai ini tampaknya
 berupaya untuk kembali survive dengan semangat baru !
 
 
  saya datang saat crewnya masih sibuk 
membereskan ini itu , menyapu dll sehingga saya 
putuskan untuk takeaway saja . 
coklat panas pilihan saya dengan harapan supaya 
tidak terlalu merepotkan si baristanya dibanding 
kalau sayamemesan yang kopi kopian .
ternyata pilihan coklat panas  meleset alias saya
 masih harus menunggu hampir sekitar 20 menit ! 
ya sudah , saya memang tidak melihat
 jam buka cafenya
 yang mungkin saja belum saatnya 
dibuka saat saya masuk tadi ..hehehe ..
 
  
dalam daftar menunya ada camilan 
Mendoan , Risol Mayo , Pastel Desa , ataupun menu
 berat seperti Nasi Ayam Geprek , Chicken Curry Katsu ,
 American Breakfast , Spaghetti Ayam dll .
 
 dalam daftar  minuman ada misalnya
Teh Leci , Kopi Tubruk , Kopi Irish , Susu Taro dll .
naa .. lain kali saya akan lebih perhatikan jam 
bukanya yaaa ...
 
 
( 05 )
.. " MUSEUM HAM " ..
sebuah bangunan bergaya indutrialis modern 
dengan dominasi warna putih , tampak berdiri megah
 didekat Kampung Wisata di Jl. Sultan Hasan Halim
di  Batu , dan itu adalah Museum HAM . 
tetapi saya belum dapat memasukinya karena bangunan
 masih tampak sepi dan kosong . 
sempat ragu apakah museum yang direncanakan 
sebagai Museum HAM itu sudah pernah ada tapi tutup
 atau belum pernah dioperasikan ?
 semoga lain kali saya akan  mendapatkan jawabannya
 mengingat isi dari museum HAM ini sudah pasti
 akan sangat menarik ! 
naa .. sekian dulu jalan jalan saya ke area 
Jl. Sultan Hasan Halim Batu ,
 semoga lain akan bisa lebih lengkap lagi , yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 12.02.23 )
keterangan foto : 
01 . gerbang masuk Madhang 
02 . saya menikmati menu & atmosfernya ..
****
03 . gerbang masuk WMGG
****
04 .  atmosfer WMGG yang lapang nyaman
05 . saya di musholanya ..
****
06 . daftar menu
07 . salah sayu pesanan saya : Sup Kambing 
****
08 . saya disalah satu sudutnya
09 . mas Ismuhadi
****
10 . krengseng kambing
11. atmosfer 
12 . atmosfer
**** 
13 . nama Omah Koempoel
****
14 . suasana didalam Omah Koempoel
15 . tenang ..
****
16 . perahu , kemana ?
17 . parkiran Omah Koempoel
****
18 . patung ikan di Ayo Mancing !
****
19 . kolam mancing ( 01 )
20 . kolam mancing ( 02 )
****
21 . patung
22 . budidaya lele 
****
23 . wayang di Cafe Ayo 
****
24 . sudut cantik
25 . atmosfer nyaman
****
26 . daftar minuman ( 01 )
27 . daftar minuman ( 02 )
****
28 . burung
29 . pikulan
****
30 . saya di Cafe Ayo menunggu coklat panas
****
31 . Museum HAM , kapan dibuka ? 
****

 






Tidak ada komentar: