Sabtu, 12 November 2022

 
  .. " Mlungsungi , Menjadi HAKO " ..
mlungsungi itu bahasa jerman artinya 
berubah bentuk hehehe .. itu rupanya yang terjadi 
dengan wajah baru sebuah cafe berjuluk 
Hako Cafe & Eatery di Jalan Soekarno Hatta 40 
di Malang ini . 
muncul dengan wajah baru setelah beberapa lama 
berkutat dengan wajah dan nama cafe yang lama ,
 maka kehadiran Hako ini seolah memberi
 oxygen segar ! 
 
sebuah ruangan luas yang nyaris tanpa tralalatralili 
dengan dominasi warna putih dan beige untuk yang 
indoor nya memberi nuansa lega dan lapang . 
untuk yang suka ber angin angin ,
 masih dapat memilih ruangan dilantai atas sebelah depan 
yang merupakan " warisan " dari wajah cafe lama . 
Hako menawarkan menu menu yang " lebih berat " 
dibanding pendahulunya , kita lihat saja misalnya ada 
beberapa macam Grill Steak , 
 Chicken Steak , 
Calamary Steak . ingin yang jepang jepangan ?
juga ada !
 
 
  lihat saja ada berbagai Ayam Katsu , 
Mangkuk Nasi Ayam dan Mie Mie an ataupun 
Nasgor Nasgor an lokal . 
 mau camilan saja ? 
ada donat , pigor dll . dan dideretan minumannya , 
buat yang suka non kopi ataupun kopi 
keduanya tersedia . 
 
kalau dimeja saya akhirnya ada Mango Milk , 
Susu Aren , Chicken Steak Blakpepper dan 
 Chicken Steak Hot Cheese itu adalah karena saya 
harus mendapatkan ' rasa ' dari Hako dalam 
deretan LHAR saya .
( LHAR itu istilah saya sendiri untuk 
Layanan Harga Rasa dan Atmosfer ) . 
btw , semoga lain kali 
juga ada Wiener Schnitzel  yaa hehehe ..
beruntung bahwa siang kemarin saya ditemani
 owner nya yang cantik , mbak ASSA , yang dengan
 ramah berkisah seputar Hako 
( sebenarnya saya didorong untuk lebih mengobrol 
dengan suaminya karena menurut mbak Assa 
suaminya lebih " faham " seluk beluk per cafean . 
tapi untuk saya , mbak Assa telah lebih dari cukup
 apalagi saat itu suaminya terlihat sibuk ) . 
 
 
saya nikmati atmosfer diruang yang masih gres ini . 
tetapi kalau harus jujur , saya sayangkan bahwa 
dibalik ruangan luas yang simpel tapi cantik ini 
ternyata akustiknya terasa sedikit mengganggu ! 
apa itu ?
 yaitu gema dari para tamu yang mengobrol ternyata 
 memunculkan gaung yang terasa ditelinga agak keras 
dan mengganggu sehingga untuk supaya lebih bisa 
di dan mendengar lawan bicara , kita harus 
bersuara lebih keras ! 
tapi ups .. ! 
apakah hanya meja saya saja yang merasakannya ? 
entah .
semoga saja " hal kecil " ini menjadi masukan 
meskipun untuk LHAR nya skala 1-10 ada 
di angka 7 kecuali gaung diatas tadi . 
ketatnya persaingan jagad kulinari Malang Raya , 
tentu saja tidak bisa diatasi dengan santai . 
 
 
sebuah kreasi dan inovasi yang terusmenerus sangat 
diperlukan agar Hako mampu bertahan baik disaat 
pandemi maupun setelahnya . 
pengusaha pengusaha muda tanah air saat ini 
perkembangannya sangat menggembirakan karena mereka
 adalah para entrepreneur yang gigih dan ikut 
memperkuat barisan bagi terbukanya 
lapangan pekerjaan dikalangan milenial . 
saya telah mengobrol dengan puluhan pengusaha muda
 Malang Raya untuk blog ini misalnya saja 
dengan owner dari Cafe Litchi2 , Zocco Cafe dan 
juga Heritage , La Coco Cafe Batu , Limasan , 
Mbelgedhes , Makan Tengah Resto , Lakon Rakyat dll 
yang seabreg dan  bisa saya simpulkan bahwa 
mereka adalah pejuang pejuang muda yang tangguh . 
 
 
tentu harapan saya bahwa Hako akan mampu
 bertahan dan masuk dalam daftar LUDL saya 
( Layak Untuk Dikunjungi Lagi ) 
dengan LHAR nya yang sudah keren ! 
naa .. penasaran ?
 yukkk ..
( Writing & Photos :  Titiek Hariati , 13.11.22 )
keterangan foto : 
01 . atmosfer indoor
02. pesan disini
***
03 . lapang , lega , resik
***
04 . yang berat ada
05 . non kopi , juga ada
***
06 . steak ayam keju
07 . steak ayam lada hitam
***
08 . owner , ramah & cantik 
***
09 . donat
***
10 . tampak depan
*** 

Tidak ada komentar: