Kamis, 29 September 2022

 
 
 
 .. " Kemana Si Putu & Kawan Kawannya ? " ..
seorang anak yang belum mencapai usia 6 tahun ,
 sudah sangat lancar bicara tentang Thai Tea, Matcha , 
Almond Croissant , Choco Danish , Carbonara ,
 Odeng , Bulgogi Rice dll . 
bisa dipastikan ortunya adalah cangkruk-lover ! 
bandingkan dengan jaman kuecil saya yang 
hanya kenal  pisang goreng , singkong goreng dll . 
pasti ada gelombang protes 
" yo mesti wae , kok di banding bandingke , 
kok di saing saingke , yo mesti kalah " hehehe ...
( maaf Farel , saya kutip dikit yaa .. )
 maka ketika saya berkesempatan ngobrol berdua dengan 
si bocah tadi , iseng saya bertanya 
" adek juga suka kue Putu atau Sawut ? " .. hahaha .. 
pertanyaan alien ini sudah tentu memunculkan
 kerut wajahnya yang seolah berkata 
" pertanyaan apa itu ? " .
 siapa kalau sudah begini yang sedih ? tentu saja saya . 
jangankan si adek yang belum berusia 6 tahun , 
bahkan mungkin saja papa mamanya juga
 tidak kenal apa itu Putu dll ! 
 
kebetulan mereka suku Jawa sehingga saya pikir 
pertanyaan tadi minimal dijawab 
" tahu , tapi aku nggak suka " . 
kalau sudah begini , kira kira siapa yang  harus lebih
 " bertanggung jawab " ? 
 padahal kalau kita mendaftar jajanan jajanan djadoel
 yang sehat , sebut saja sebagian misalnya
 Putu , Sawut , Gethuk , Ketan Bubuk , Onde Onde , 
Pisgor , Kucur , Lemper , Klepon , Pastel , 
Lumpia , Gatot , dll jumlahnya cukup  seabreg . 
jawaban umum yang sering saya dengar adalah
 " kurang praktisnya cara membuat & makan waktu " . 
 
 
menjawab tantangan ini , saat ini sebenarnya 
sudah banyak produk produk instan yang siap 
menghidangkan jajanan jadul dalam waktu singkat baik 
dalam bentuk frozen maupun kering seperti
 Gatot , Tahu Isi , Sekoteng dll . 
beruntung bahwa saya  punya penjual kue jadul favorit 
yang tiap hari lewat depan rumah .
 dengan bunyi " klaksonnya "
 yang khas yaitu suitttttttttttt ... yang berasal
 dari bunyi proses pembuatan kue putunya , bapak tua
 ini dengan setia menjajakan sekeliling perumahan 
yaitu Putu , Sawut , Ketan Bubuk , Klepon dll hanya
 dengan harga 2000K per bungkus ! 
 
 cukup banyak pelanggannya ditempat saya , 
maklum selain banyaknya usia pensiunan juga 
beberapa asrama asrama mahasiswa dengan 
puluhan penghuninya sudah tentu
 jajanan murah meriah 
serta sehat ini tidak dilewatkan . 
uniknya , asrama asramanya adalah mayoritas 
mahasiswa luar pulau yang mungkin baru kenal 
Sawut dll sejak di Malang ini . 
semoga saja kelak mereka dapat membawa kenangan 
dan resepnya ke daerah masing masing untuk 
ikut serta melestarikan jajanan jajanan tradisionil 
Indonesia ini ! 
 
 
dijaman yang serba instan ini termasuk kemudahan 
memasak yang serba " plang plung " , memang dapur 
bukan lagi dihuni ber jam jam seperti dijaman 
ibu ibu kita .
 disisi lain ini juga " menumpulkan " pengetahuan 
tentang ragam rempah dan ragam olah . 
coba tanyakan yang mana itu 
Ketumbar , Kunci , Kunyit , Jahe , Laos , Kencur
 pada milenial yang tak pernah ke dapur dan
 memasak sendiri ? 
bisa bisa sayur bayam berasa Tom Yam , 
tapi ya masih untung daripada berasa seperti 
yang tidak kita kenal alias tidak jelas hehehe .. 
naa , senyampang generasi saya masih " tersisa " hingga
 sekitar 10-20 tahun lagi , ada baiknya kita
 mengenalkan makanan maupun jajanan lokal tradisional 
yang sudah menjadi " trademark " bangsa kita
 agar pewaris pewaris kita masih akan memiliki 
Identitas Budaya dikancah global .
 sangatlah menyedihkan jika kita mampu menyiapkan
 hidangan Korea , Jepang dll tetapi tidak mampu 
menghidangkan hidangan lokal yang menjadi
 ciri khas Indonesia ! 
 
 
jangan merasa kurang atau tidak bergengsi ketika
 menjamu dengan hidangan lokal , 
karena membanggakan hidangan Korea misalnya ,
belum tentu orang Korea berbuat  yang sama
 kepada mamin Indonesia dinegaranya !
back to basic , 
meski tetap mampu berselera  dan bergaul global , 
tetapi tetaplah  jaga kekayaan budaya lokal ... !
yukkk ...
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 29.09.22 )
 
keterangan gambar : 
01 .penjual kue jadul diperumahan saya
***
02 . sawut dan ketan bubuk plus klepon yang 
saya beli dari sipenjual diatas
***
foto ke 03 , 04 , 05 , 06 saya ambil
dari google . 
****
 

Tidak ada komentar: