Kamis, 08 September 2022
















.. " Dari Tlogoland Ke Kampoeng Navy " ..
Lawang yang terletak sekitar 17 km
 dari kota Malang memang punya daya tarik 
wisata tersendiri . seperti Batu , 
Lawang dimasa penjajahan juga menjadi
 salah satu daerah favorit para 
" meneer en mevrouw " 
karena udaranya yang sejuk dan panorama 
nya yang indah serta tempat strategis
 untuk berbagai usaha perkebunan yang
 pada masa itu akhirnya hanya untuk kepentingan
 penjajah itu sendiri , 
salah satunya adalah perkebunan teh . 




maka tidak heran jika di Lawang banyak 
ditemukan rumah rumah , gedung gedung
 jadul bekas Belanda yang masih berdiri 
kokoh dan masih difungsikan . 
cukup lama saya tidak ke Lawang karena 
selama pandemi Lawang pernah 
dinyatakan sebagai daerah merah alias 
terbanyak penderita covidnya . 
maka hari ini , 
Sabtu tanggal 03 September 2022 , saya
 sengaja memilih Lawang untuk 
mencari bahan tulisan blog ini . 






ada dua tempat yang saya ingin 
kunjungi yaitu Tlogo Land dan Water Park Sinensis .
 terletak di Jl. Tegal Rejo 22 ,
 Water Park ini ternyata sudah tutup 
dengan alasan 
" masih dikuras / dibersihkan " airnya . 
saya tidak tahu apakah tutup ini hanya
 sementara atau bahkan sudah tutup 
selamanya ? saya akan temukan 
jawabannya lain kali yaa .. 





naa , saya akhirnya menuju ke tujuan 
wisata lainnya yaitu Tlogoland yang 
tidak terlalu jauh dari Waterpark tadi 
yaitu di Jl . Tlogorejo , Wonorejo ,
 Lawang . dengan membayar 10 ribu per 
orang plus 5 ribu untuk parkir , 
saya memulai " petualangan kecil " di 
Tlogoland yang sekitar 3 tahun yl saat 
saya mengunjunginya agak mengecewakan 
karena belum tertata rapih . 
kali ini saya melihat perbedaan yang cukup 
mencolok karena sudah ada " rute rute "
 untuk dijelajahi yang naik turun dengan
 diseling gazebo , tempat perkemahan , 
area outbond , taman , serta kolam renang 
dan jembatan jembatan yang menghubungkan 
kedua tepi sungai atau jurang meskipun 
disayangkan ada jembatan gantung 
yang rusak yang sebetulnya itu bagus ! 
dua jam saya habiskan untuk menjelajahi 
Tlogoland plus jeprat jepretnya .






istirahat sejenak untuk ngopi disebuah 
warung sederhana dipintu masuk Tlogoland , 
sayapun melanjutkan langkah kearah
 kebun teh yang juga sudah lama tidak saya kunjungi .
 tetapi dalam perjalanan kesana ,
 saya melihat sebuah area yang 
beberapa tahun yang lalu belum ada atau
 tidak pernah saya lihat . 
makin masuk kearea 
yang masih asing bagi saya ini , dan 
disitu ada berbagai nama jalan yang bertema bunga .
 masuk disebuah jalan
 bernama Flamboyan , membawa saya tiba 
disebuah komplek perumahan 
Angkatan Laut berjuluk VNR atau 
Villa Navy Residence ! 
tentu saya sangat ketinggalan jaman 
karena sebetulnya area ini sudah ada sejak 
sebelum pandemi . maka mengobati ketertinggalan ini , 
saya mencoba 
mengelilingi nya dengan berjalan kaki . 
udara sejuk disiang hari , sedikit mendung , 
dan sayapun menemukan lapangan luas 
yang disitu saya melihat 
" Menara Eiffel " dan bangunan kincir 
angin khas Belanda atau Windmolen ! 




 
lanjut kearah belakang , 
saya melihat sebuah " miniatur " candi
 yang dikawal dua Makara . 
dikejauhan ada puluhan gazebo yang konon
 akan menjadi komplek jajanan .
berjalan kearah yang berlawanan , saya
melihat bangunan cottage berbentuk segitiga 
piramid yang masing masing diberi 
nama yang bertema Brotherhood Navy 
yaitu Cottage ala German Navy Room , 
US Navy Room , Royal Navy Room , 
Royal Australian Navy Room . 
berjalan lagi kearah belakangnya , 
ada bangunan cottage yang lebih besar . 
ini konon untuk max. 6 orang , 
sedang yang berbentuk segitiga tadi hanya
 untuk max. 4 orang . 
pasti sangat seru menginap ditempat seperti
 ini karena suasana lingkungannya yang
 tenang dan nyaman . 
 
 

 

 
 
panggilan perut membuat saya masuk 
disalah satu cafe disitu , yaitu Pindan Cafe . 
tapi ups .... ! " maaf , kami belum siap 
dengan makanan berat , hanya ada camilan 
seperti pisang goreng dll dan minuman " , 
begitu kata kasirnya . 
maka sayapun melangkah balik kearah
 cafe disebelahnya yang berjarak 
sekitar 100 meter , yaitu " Pawon Navy " ! 
sebelumnya saya jeprat jepret lebih dulu
 disebuah jeep yang ada dihalamannya 
( maklum , saya paling tidak betah
 melihat jeep hehehe .. ) . 
tak banyak pilihan menunya sebab 
mungkin tempat ini belum sepenuhnya 
masuk dalam benak pengunjung sehingga 
memperkecil resiko terbuangnya 
bahan bahan . 
dimeja saya akhirnya ada Nasi Goreng plus 
ceplok telur dan Mie Goreng plus ceplok 
juga dan jeruk panas . 
gerimis datang dan saya harus berpindah 
dari outdoor kedalam cafe mungil ini . 
namanya lapar , tentu saja saya tak banyak 
komplain hehehe .. 
beberapa rumah rumah yang sudah ada dikomplek
 ini nampak terbangun cukup 
rapih . tentu ini adalah sebuah potensi 
besar kedepan sebagai sebuah area 
hunian yang nyaman plus tujuan wisata 
di Lawang dan Jatim umumnya 
karena thema Navy adalah sebuah 
daya tarik tersendiri yang khas !
 saya tidak tahu apakah disitu juga akan ada 
semacam Miniatur Dunia setelah 
Eiffel , Kincir Angin dan Candi dengan
 Makara nya akan menyusul mungkin 
misalnya Taj Mahal , 
Gedung Opera Sydney dll ? 
 

 
 
 
melihat luasnya area yang konon adalah
 65 HA dimana baru sebagian kecil yang 
sudah digarap oleh Primkopal Armada 2 ini ,
 saya optimis bahwa Kampoeng Navy ini kedepan masih akan berkembang luas melampui yang dapat kita bayangkan ! ( " Beyond Our Imagination " , bahasa jawanya hehehe .. )
 
 
naa .. penasaran melihat Tlogoland dan 
Kampoeng Navy ? yukkkk ...
 ( Writing & Photos : Titiek Hariati ,
 03.09.22 )
keterangan foto :
01 . Tlogoland , kolam dikejauhan
02 . area camping
03 . jalan setapak di Tlogoland
04 . kincir angin di Kampoeng Navy
05 . miniatur candi di Kampoeng Navy
****
06 . iseng , kaki & pohon
07 . jalan setapak Tlogoland
08 . gerbang Tlogoland
****
09 . nama Tlogoland
10 . salah satu jembatan disitu
11 . arah berbagai tujuan di Tlogoland
****
12 . gerbang Kampoeng Navy
13 . Eiffel ala Kampoeng Navy
14 . Windmolen ala Kampoeng Navy
15 . gerbang Green Village di KN
****
16 . me in blackwhite
17 . jeep lover
18 . pawon navy
19 . masih terbatas menunya 
****
20 . miniatur candi
21 . saya diapit Makara
22 . dikejauhan
23 . terlihat kawasan Tengger di
balik candi
****
24 . cottage Kampoeng Navy
25 . cottage Brotherhood Navy ( 01 )
26 . cottage Brotherhood Navy ( 02 )
27 . cottage Brotherhood Navy ( 03 )
****
28 . kamar kecil ( 01 )
29 . kamar kecil ( 02 )
30 . lobby ( ? )
****
31 . 'm here waiting for you ..
( lagu siapa ya ? hehehe .. )
****

Tidak ada komentar: