Kamis, 07 Juli 2022

 
 
 
 
 
 
 
 
 .. " Selamat Tinggal Si Cantik La Calma  ! " ..

kalau kehadiran sebuah cafe cantik bergaya 
Mediteranian ataupun Midle East 
ataupun Bali 
 ataupun terserah bagaimana orang berimajinasi
 tentang suatu tempat itu mengundang rasa penasaran,
 itupun sah sah saja dan itu adalah 
" La Calma " di Jalan Kalpataru 34 , Malang .
 dibuka resmi pada awal Juli 2022 yang lalu 
dan sayapun sangat ingin menjajal atmosfernya
 yang terlihat sangat mengundang . 
maka siang kemarin , Rabo 06 Juli 2022 , 
saya mengkhususkan waktu untuk mencicipi 
BBQ Grill & Shabu Shabu yang berkonsep 
All You Can Eat ini disitu . 
jam menunjuk 11.35 saat saya masuk dan surprise : 
sepi pada jam makan siang ? . 
 
 
 
tiba tiba " maaf tutup .. ada renovasi " jelas
 seorang petugasnya . saya lalu minta ijin sebentar
untuk jeprat jepret saja dengan pertimbangan 
mumpung cafe sepi , untuk tabungan foto 
buat tulisan saat cafe selesai renovasi nanti . 
" maaf , ada boss saya .. " kata petugas yang 
terlihat ragu ragu menginjinkan saya untuk 
jeprat jepret . 
" o .. kebetulan , boleh bertemu beliau ? " , saya 
pikir lebih baik minta ijin langsung pada si boss
 atau owner nya . 
bayangan saya akan bertemu dengan seorang boss
 yang sekitar 25 - 40 an tahunan itu  seketika buyar 
ketika seorang remaja ( ! ) menyapa saya 
dengan gayanya yang sangat casual 
dan buat saya lebih menggambarkan seorang 
anak sekolah yang sedang liburan hehehe ..
 
 
 
 
Zidane adalah namanya , 
dan siapa menyangka bahwa " anak sekolah " 
dihadapan saya ini ternyata adalah pengusaha dan 
owner dari 3/tiga cafe di Malang yang 
terbilang favorit ! 
dengan seijinnya , saya pun melakukan
jeprat jepret kesekitar cafe yang cantik ini dan 
disana sini terlihat " pembongkaran " dibeberapa
 bagian cafe yang notebene baru saja 
diresmikan beberapa hari ini ! 
peralatan di setiap meja yang diperuntukkan 
All You Can Eat nampak bertumpuk dibeberapa 
tempat . beberapa pertanyaan saya diseputar 
rencana renovasi ini akhirnya menjadi 
obrolan panjang sejam lebih diseputar rencana 
Rebrand dll yang lebih mirip sebuah diskusi kecil 
diseputar SWOT Analysis dll . 
 
 
kalau duluuuu saya pernah beberapa tahun berdiri
 didepan para mahasiswa semester 3-4 , 
maka berhadapan dengan Zidane rasanya juga 
sama karena penguasaan teori dan prakteknya 
dalam bisnis yang ditekuninya beberapa tahun ini .
 sebagai anak tunggal yang sangat beruntung 
memiliki ortu yang mensupport penuh passion nya
 dalam berbisnis , Zidane ternyata juga 
seorang risk-taker yang bahkan berani 
mengambil langkah langkah " drastis " untuk 
meraih mimpinya diusia yang masih belia ! 
diskusi kami semakin menarik ketika kami 
" mempreteli " lebih detil pada LHAR 
di " La Calma " 
( ini adalah istilah temuan saya sendiri untuk
 melihat seberapa besar potensi yang ada disesuatu
 usaha kulinari ) yaitu 
Layanan , Harga , Atmosfer dan Rasa ! ) 
 
 
" saya akan ubah nama dan konsepnya lebih 
kearah Midle East " , jelas Zidane lebih lanjut .
 tentu urusan mengubah ubah ini sangat lazim
 didunia kuliner , tetapi menjadi kurang atau 
tidak lazim menurut saya , ketika perubahan 
dilakukan hanya selang kurang dari
 seminggu setelah konsep yang lama baru saja
 beberapa hari diperkenalkan pada publik ! 
memang konsep All You Can Eat tidaklah
 semudah menyajikan menu menu biasa yang
 ada dalam daftar menu . 
AYCE ini memerlukan pemikiran " njlimet " 
dalam mengatur  " untung ruginya " tersebab 
" kebebasan " yang ditawarkan pada 
kastamernya . 
 
 
misalnya saja aturan tentang Durasi 
 Duduk Tamu di resto , Denda bagi 
yang melewati durasi , tarif khusus bagi 
tamu Anak Anak , Pemilihan Bahan 
yang disajikan , pengawasan pada karyawan 
karena konsep AYCE yang menawarkan 
kelonggaran dibeberapa segi dll .
 belum lagi memenej dua cafe yang lain , 
yang tidak sedikit memboroskan enerji . 
diakhir diskusi , saya diantar Zidane keberapa 
ruangan yang siang itu terkunci dan 
jeprat jepret tidak saya sia siakan . 
saya tinggalkan La Calma dengan sebuah 
pertanyaan besar 
" adakah sebuah keputusan besar didasarkan 
pada sebuah pemikiran yang matang 
atau hanya sebuah ketergesaan yang 
didasarkan pada kekhawatiran dan 
rasa pesimis belaka ? " . 
 
 
 
tetapi apapun itu , saya yakin seorang Zidane 
yang masih belia akan menjawabnya 
dengan optimisme yang tinggi dan saya penasaran 
metamorphosis La Calma kedepan akan 
seperti apa .. 
mari kita tunggu & lihat bersama !
 
( Writing & Photos : Titiek Hariati , 07.07.22 )
keterangan foto : 
01 . taman didalam ( 01 )
02 . shadow ..
03 . indoor ..
*****
04 . mengintip dari luar
05 . oase ..
*****
06 . Zidane , 
yang muda yang berkarya .. ( 01 )
07 . Zidane ,
yang membuka lapangan pekerjaan .. ( 02 )
08 . Zidane , 
yang tak pernah mandeg berinovasi .. ( 03 )
*****
09 . oase ( 02 )
*****
10 . sibuk renovasi ..
*****
11 . sementara ditutup
*****
12 . adem ayem ..
13 . segera akan berganti wajah 
*****


 

Tidak ada komentar: